Home >> Wisata >> Wisata Gunung Kelud Di Kabupaten Kediri Jawa Timur

Wisata Gunung Kelud Di Kabupaten Kediri Jawa Timur

Wisata Gunung Kelud bisa menjadi salah satu tujuan melepaskan penat kesibukan sehari-hari. Wisata alam yang berada di Kabupaten Kediri ini memiliki daya tarik pemandangan yang menakjubkan yang bisa dinikmati dengan santai dan mudah. Tidak seperti di banyak gunung lainnya yang cukup sulit untuk mencapai puncaknya, justru di gunung kelud sangat mudah untuk menuju puncaknya dengan hanya naik kendaraan, maka menuju puncak akan lebih cepat karena jalanan menuju ke atas sudah beraspal.

Gunung berapi ini terakhir meletus pada tanggal 13 Februari 2014 yang mengakibatkan Pulau Jawa tertutup oleh abu letusan Gunung Kelud. Di balik garangnya Gunung Kelud ternyata kawasan gunung berapi ini memiliki pemandangan yang luar biasa, sehingga potensi alam yang luar biasa ini dimanfaatkan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kediri sebagai salah satu obyek wisata di Kediri dan di Jawa Timur.

Bagi kamu yang belum pernah bertandang ke sana, ada beberapa obyek wisata yang sangat menarik sebagai pengisi di saat liburan. Apa saja tempat-tempat menarik di kawasan Gunung Kelud ? Selengkapnya akan kami kupas di bawah ini.

Puncak Gunung Kelud

sumber : https://travel.detik.com/

Wisata Gunung Kelud yang utama adalah puncak gunung berapi ini. Keindahan pada puncak Gunung Kelud tidak hanya saja terdapat pada pemandangan tebing dan jurang yang curamnya saja, atau tidak hanya terdapat pada keindahan flora dan faunanya saja. Tetapi banyak para pengunjung ingin melihat keindahan kawahnya. Sebelum letusan terakhir, kawah Gunung kelud tertutupi dengan tonjolan seperti anakan gunung yang berada di tengah kawah Gunung Kelud.

Namun setelah letusan yang terakhir anakan gunung ini sudah hilang dan kembali kawah Gunung Kelud terlihat seperti danau yang berwarna hijau. Pesona puncak di kawah Gunung Kelud saat matahari terbit. Bagi pengunjung bisa menikmati momen ini dengan menuju puncak menggunakan jeep atau suttle bus. Dari tempat parkir para pengunjung tinggal melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan jalan kaki yang membutuhkan durasi waktu 1 jam.

Air Panas Gunung Kelud

sumber : https://www.tempatwisata.pro/

Masih di kawasan Gunung Kelud yang berada di puncak, yaitu air panas Gunung Kelud. Air panas yang berasal dari sumber yang terbentuk secara alami ini menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi para pengunjung karena suhu di puncak Gunung Kelud yang dingin, maka banyak pengunjung ingin menghangatkan badan mereka dengan menuju air panas ini.

Bagi pengunjung jangan kuatir dengan air panas yang dimaksud ini, karena sumber air panas ini sudah bercampur dengan sumber air dingin yang sudah menjadi air hangat yang bisa dinikmati untuk berendam. Di tempat air panas ini juga sudah di bangun fasilitas toilet dan tempat ibadah

Akan tetapi, air panas tersebut akan menyatu dengan aliran sungai yang dingin. Sehingga pertemuan keduanya akan menciptakan air hangat yang nyaman untuk dijadikan lokasi berendam, atau hanya sekadar mencelupkan kaki Anda. Fasilitas yang ada di sekitar tempat ini cukup lengkap. Selain ada toilet, ada juga tempat ibadah. Untuk menuju air panas ini para pengunjung dapat dengan mudah menuruni anak tangga yang berjumlah 800 anak tangga.

Mystery Road

sumber : http://www.setapakkecil.com/

Keanehan di kawasan wisata Gunung Kelud yang pernah menjadi viral adalah Mystery Road. Mystery Road ini ada di kawasan yang akan dilalui para pengunjung sebelum menuju puncak Gunung Kelud. Keanehan Mystery Road ini adalah jalannya tampak terlihat mata menanjak. Tetapi saat kendaraan dimatikan mesinnya, maka kendaraan bisa berjalan sendiri pada jalan tanjakan itu. Setelah viralnya di media sosial, banyak para pengunjung yang penasaran dan mencobanya sendiri di Mystery Road Gunung Kelud.

Agrowisata Margomulyo

sumber : http://suryahardhiyana.com/

Pasca erupsi Gunung Kelud terakhir di tahun 2014, maka pemerintah Kabupaten Kediri dengan cepat memulihkan mengembangkan kembali sektor pariwisata di kawasan Gunung Kelud dengan mengambil konsep agrowisata. Kemudian di bangunlah agrowisata Margomulyo yang berada di kawasan Gunung Kelud tepatnya di lereng gunung. Para pengunjung bisa mampir di agrowisata ini sebelum atau sesudah dari puncak Gunung Kelud.

Agrowisata Margomulyo ini juga di kenal dengan sebutan Taman Agro Kediri. Para pengunjung akan dimanjakan dengan sebuah taman yang tertata rapi dan indah. Mata para pengunjung akan tertakjub dengan tanaman bunga-bunga dari berbagai jenis yang tersusun rapi mulaia dari bunga krisan, mawar, matahri, kana, hujan mas, refugia, dan lain-lainnya. Tidak hanya pemandangan floral saja yang bisa dinikmati disini, tetapi para pengunjung juga bisa mengetahui sejarah tentang Gunung Kelud.

Taman ini sangat cocok menjadi spot menarik bagi para pengunjung untuk mengambil gambar yang bisa di unggah di instagram. Sehingga banyak anak muda yang menjadi pengunjung di tempat wisata ini. Taman ini ada dua area yang dinamakan Taman Lembu Suro dan Taman Kilisuci. Di Taman Lembu Suro ada ikon patung Lembu Suro yaitu patung manusia yang berkepala sapi menurut mitos yang berkembang. Di taman ini para pengunujng bisa bersantai menikmati minuman dan makanan di cafe. Di Taman Kilisuci para pengunjung bisa santai juga di gazebo yang telah disediakan. Di taman ini juga ada warung kecil dan ada beberapa tempat yang menjual tanaman bunga.

Flying Fox

sumber : https://www.nativeindonesia.com/

Bagi para pengunjung yang suka dengan petualangan atau tantangan bisa mampir dan mencoba flying fox. Wahana baru ini sebenarnya bertujuan untuk menjadikan kawasan kelud diminati kembali oleh banyak wisatawan. Flying Fox Gunung Kelud para pengunjung dapat menikmati meluncur pada lintasan sepanjang 100 meter. Wahana ini menjadi pioner yang akan diikuti lagi wahana lainnya seperti All Train Vehicle alias ATV sebagai sarana wisata oofroad di Gunung Kelud.

Kampung Durian

sumber : https://www.liputan6.com/

Biasannya setelah pulang berwisata akan membawa oleh-oleh khas dari tempat wisata yang dikunjungi. Nah, bagi pengunjung obyek wisata Gunung Kelut bisa juga membawa oleh-oleh berupa durian. Durian ini bisa di beli dan didapatkan di salah satu tempat wisata Gunung Kelud yang berada di lereng gunung. Tempat ini bernama Kampung Durian dengan luas lahan sekitar 1 hektar dengan banyak fasilitas didalamnya muali playground, gazebo, cafe, spot foto selfie.

Menariknya lagi di tempat ini memiliki pohon durian dengan jumlah 30 pohon. Para pengunjung bisa mencicipi durian dengan beberapa varian jenis yang berbeda. Tidak hanya mencicipi durian saja, para pengunjung bisa mendapatkan pengetahuan cara menanam durian yang benar sampai pengolahan buah durian menjadi berbagai macam makanan.

Nah, bagi kamu yang belum pernah ke sana dan penasaran dengan keindahan alam Gunung Kelud, maka kamu bisa segera mengagendakan liburan kamu ke wisata Gunung Kelud. Supaya liburan kamu ke Gunung Kelud bisa menikmati pemandangan yang indah dan nyaman sebaiknya dilakukan saat musin kemarau. Karena di musim hujan biasanya dipegunungan manapun pemandangannya akan banyak tertutupi kabut yang bisa mengurangi keindahan pemandangan alamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.