Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> USAHA KIOS PPOB : Peluang, Cara, dan Tips Sukses

USAHA KIOS PPOB : Peluang, Cara, dan Tips Sukses

Usaha kios PPOB sudah sangat menjamur saat ini. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, usaha kios PPOB ini semakin redup. Faktanya banyak kios-kios PPOB yang gulung tikar. Salah satu penyebab usaha kios PPOB gulung tikar adalah persaingan dengan layanan PPOB di Indomart dan Alfamart. Penyebab berikutnya gagalnya usaha kios PPOB karena pengelolaan usaha yang kurang baik, mulai dari langkah awal mendirikan usaha kios PPOB hingga strategi pemasarannya. O…iya sebelum jauh membahas tentang usaha kios PPOB, sebenarnya apa sih kepanjangan dari PPOB itu sendiri ? PPOB memiliki kepanjangan Payment Point Online Bank, yaitu sistem pembayaran beberapa tagihan bulanan secara online.

Peluang

sumber : http://davidkleinhandler.com/

Peluang usaha kios PPOB masih memiliki potensi besar karena pangsa pasar masih besar dan bersifat dinamis. Meskipun sekarang pembayaran beberapa tagihan bisa dilakukan via aplikasi di smartphone, tetapi banyak pengguna smartphone lebih memilih membayar di kios PPOB terdekat. Sehingga tidak diragukan lagi, bahwa peluang usaha kios PPOB masih memiliki potensi besar. Peluang ini menjadi semakin besar karena segala tagihan bulanan seperti tagihan PLN, BPJS, Telkom, dll, sekarang sudah banyak beralih pada sistem online.

Cara Memulai Usaha Kios PPOB

sumber : http://www.mitrafastpay.com/

Peluang yang masih besar supaya tidak hanya sekedar menjadi angan-angan harus segera dimulai untuk menjalankan usaha kios PPOB ini. Bagi yang masih awam dengan usaha kios PPOB, ada beberapa cara dalam memulai menjalankan usaha kios PPOB ini sebagai panduan kalian semua yang akan kami berikan poin-poinnya di bawah ini.

Peralatan

Usaha kios PPOB supaya tampak profesional dan dipercaya pelanggan, sebaiknya menyiapkan dahulu peralatan peralatan yang diperlukan mulai dari PC dengan printer, meja, kursi, koneksi internet, spanduk, modem sebagai cadangan jika koneksi internet terjadi gangguan

Saldo Awal

Saldo awal diperlukan supaya transaksi bisa dilakukan. Jumlah saldo yang sebaiknya di persiapkan minimal 1 juta rupiah. Karena biasanya pembayaran tagihan sekali transaksi nominalnya besar. Alangkah baiknya jika top up saldo dilakukan via Internet banking atau mobile banking supaya saldo bisa cepat masuk dan bisa digunakan transaksi.

Mencari Vendor PPOB Terbaik

Setelah peralatan yang diperlukan sudah disiapkan, kemudian saldo awal juga sudah dipersiapkan. Maka, langkah selanjutnya adalah mencari vendor PPOB yang terbaik. Banyak vendor PPOB di Indonesia dengan penawaran berbagai layanan. Untuk memilih vendor tebaik, pertama melihat seberapa kecepatan transaksi yang dimiliki, kemudian berapa banyak layanan yang ditawarkan, semakin banyak layanan semakin baik seperti bayar tagihan PLN, Speedy, BPJS, ADIRA, dan lain-lainnya.

Setelah itu lihat dulu biaya admin yang ditawarkan, meskipun perbedaan biaya admin tidak begitu signifikan, namun tetap harus diperhatikan. Jangan lupa, yang terpenting adalah transaksi pembayaran harus bisa dicetak struk, karena struk sebagai bukti untuk pelanggan yang sangat penting. Untuk memberikan pelayana kepada pelanggan, sebaiknya gunakan minimal 2 vendor PPOB , yang satunya sebagai cadangan jika vendor pertama ada gangguan transaksi.

Tips Sukses Usaha Kios PPOB

sumber : https://bukuwarung.com/

Strategi marketing dalam setiap bidang usaha sangat diperlukan karena kebutuhan ini sangat vital dalam semua bidang usaha, terlebih lagi untuk usaha kios PPOB. Di bawah ini ada beberapa tips dalam menjalankan usaha kios PPOB agar usaha ini bisa sukses.

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi usaha kios PPOB harus di tempat yang strategis. Lokasi strategis ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, pertama berada di jalan besar dua arah yang sering dilewati banyak orang. Kemudian berada di dekat perumahan padat penduduk. Jika memiliki rumah ditempat yang strategis, tinggal membuat ruangan kecil di depan rumah untuk usaha kios PPOB. Jika belum punya, maka menyewa tempat dengan kriteria tadi. Lokasi di dekat perumahan padat penduduk ini adalah daerah kelas menengah ke bawah, karena calon pelanggan potensial berada di kawasan tersebut.

Melakukan Promosi

Promosi bisa dilakukan berkala dengan banyak cara yang bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Cara promosi yang bisa dilakuakn adalah membagikan brosur di sekitar kawasan lokasi usaha kios PPOB. Promosi yang dilakukan juga memberikan tawaran kepada calon pelanggan supaya bisa melakukan pembayaran tagihan tanpa keluar rumah. Misalkan mendata rumah tangga dalam satu RT atau RW dan setiap jatuh tempo kita jemput bola menagih dari rumah kerumah.

Memasang Papan Petunjuk Arah

Papan petunjuk arah sangat mempermudah calon pelanggan untuk mendatangi usaha kios PPOB kamu. Papan petunjuk arah bisa di pasang di beberapa tempat yang strategis sehingga lokasi usaha kios PPOB kamu bisa lebih cepat dikenal banyak orang.

Melakukan Pencatatan

Pembukuan atau pencatatan secara detail sangat diperlukan, mulai tanggal pembayaran, nomer id pelanggan, nominal tagihan, nama pelanggan, dll. Pencatatan yang rapi akan mempermudah untuk melihat pelanggan tetap yang sudah kamu miliki dan mempermudah untuk menghitung keuntungan yang di dapat.

Menjalankan Usaha Kios PPOB Dengan Serius

Menjalankan usaha dengan serius adalah selalu aktif melakukan inovasi agar pelanggan semakin dimudahkan. Salah satu caranya mengikuti perkembangan layanan yang diberika vendor PPOB, misalkan memanfaatkan aplikasi dari Vendor PPOB untuk pelanggan yang kita miliki, atau layanan-layanan lainnya yang baru dari vendor PPOB.

Pelayanan Terbaik

Pelayan terbaik kepada pelanggan adalah harga mati setiap bidang usaha, apalagi usaha kios PPOB yang kita miliki. Pelayanan bisa berupa kios yanglebih besar supaya pelanggan lebih nyaman. Kemudian beberapa pelayan kios juga diperlukan supaya pelanggan tidak antri saat melakukan pembayaran karena hanya satu pelayan kios saja yang ada. Pelayanan yang ramah dan solutif jika terjadi masalah transaksi supaya pelanggan nyaman dan tenang.

Dana Talangan

Dana pendukung sangat diperlukan jika usaha baru dimulai, karena diawal biasanya banyak melakukan promosi sehingga diperlukan dana yang lebih. Dana talangan ini tidak akan digunakan selama pembukuan usaha dilakukan dengan benar dan tercatat rapi. Jangan sampai mencampur keuangan pribadi dengan keuangan usaha agar pembukuan tetap sehat sehingga dana talangan tidak terpakai. Jika masih kesulitan dalam melakukan pencatatan, kamu bisa menggunakan aplikasi pembukuan yang sudah ada di playstore smartphone kamu sendiri.

Pembukuan Keuangan

sumber : https://www.liputan6.com/

Pembukuan keuangan tetap dilakukan meskipun sudah menggunakan aplikasi, sebagai perbandingan jika ada kesalaha dalam penghitungan. Pada pembukuan keuangan kamu bisa melihat laporan per hari sehingga kamu bisa menyusun strategi baru kedepannya agar omset bisa bertambah sesuai yang kamu targetkan. Pembukuan yang baik dan rapi sangat penting dilakukan supaya usaha kios PPOB ini sukses. Dalam semua bidang usaha pembukuan yang baik juga sangat penting dilakuakan, apalagi usaha kios PPOB ini.

Demikian beberapa langkah yang bisa menjadi panduan untuk kamu sebagai pemula tentang usaha kios PPOB. Mulai dari peluang, cara memulai, strategi, dan tips sukses dalam usaha kios PPOB. Semoga panduan yang singkat ini bisa menjadi langkah-langkah kamu sukses di usaha kios PPOB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.