Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Tulisan ‘PERIKSA’ pada Display Meteran Prabayar, Penyebab dan Solusinya

Tulisan ‘PERIKSA’ pada Display Meteran Prabayar, Penyebab dan Solusinya

Banyaknya kejadian pada pelanggan listrik prabayar adalah munculnya tulisan Periksa secara tiba-tiba. Sehingga pelanggan PLN tidak bisa menambah stroom dirumahnya yang berakibat listrik menjadi padam. Jadi inilah salah satu kelemahan dari sistem listrik prabayar tersebut, meskipun sistem listrik prabayar ini memiliki beberapa keunggulannya. Munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar sebenarnya diakibatkan dari beberapa faktor,. jadi munculnya tulisan Periksa ini tidak tiba-tiba tanpa ada faktor yang mengakibatkan di belakangnya. Ada beberapa faktor penyebab munculnya tulisan Periksa yang perlu pelanggan PLN tahu supaya tidak merasa panik jika mengalaminya.

Pertama, adanya kebocoran arus listrik pada instalasi rumah, arus listrik yang masuk dan keluar tidak sama sehingga meteran listrik prabayar yang canggih ini mendeteksi adanya masalah dan munculah tulisan Periksa pada display meteran listrik sebagai alarm . Namun munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik ini menjadi masalah kedua bagi pelanggan PLN karena mereka tidak bisa menambah stroom sehingga listrik dirumahnya menjadi padam.

Kedua, meteran digital listrik prabayar ini sangat sensitif dengan adanya gangguan pada listrik yang ada dirumah. Jika instalasi listrik yang ada dirumah pelanggan PLN ini buruk maka tulisan Periksa ini sering muncul sebagai peringatan adanya masalah. Jadi suapaya tidak muncul tulisan Periksa, sebaiknya pelanggan mengganti instalasi listrik dirumahnya dengan instalasi terbaik minimal memenuhi SOP, mulai dari kabel yang dipakai dan semua alat-alat listrik yang dipakai.

Ketiga, selain faktor internal, ternyata munculnya tulisan Periksa ini juga disebabkan oleh faktor eksternal yaitu dari PLN sendiri seperti terjadinya arus listrik yang tidak stabil sehingga meteran listrik prabayar tersebut mendeteksi sebuah masalah pada arus listrik yang terjadi kemudian munculah tulisan Periksa tadi.

Solusi dari permasalahan-permasalahan tadi yang paling tepat adalah menghubungi PLN langsung. Meskipun layanan PLN 24 jam kadang respon kepada pelanggan masih dirasa kurang, mungkin masih keterbatasan SDM daripada masalah yang dihadapi sehingga pelanggan PLN ini terdampak padam listrik dirumahnya berhari-hari. Untuk menghubungi PLN dan minta kode temper yang bisa menormalkan meteran listrik yang ada tulisan Periksa langkah yang harus dilakukan dengan Call kode area/kota kemudian dilanjutkan tekan 123. Misalkan untuk area Kediri tekan 0354123 Call. Selamat mencoba semoga berhasil !

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *