Home >> Tips dan Trik >> Trik Nonton YouTube Hemat Kuota Internet

Trik Nonton YouTube Hemat Kuota Internet

Memiliki smartphone tidak otomatis kita bisa langsung menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Untuk bisa menggunakan aplikasi yang ada, kita harus menyediakan koneksi internet baik itu melalui wifi atau dengan paket data internet. Jadi dengan adanya koneksi internet maka aplikasi tersebut bisa kita gunakan. Permasalahan yang sering kita alami ketika kita menggunakan aplikasi yang ada pada smartphone kita adalah begitu cepat habis paket data internet kita sehingga kita melakukan pengisian lagi paket internet supaya bisa menggunakan aplikasi lagi.

app youtube

Sebelum menggunakan aplikasi kita lihat dahulu aplikasi mana saja yang banyak menyedot kuota internet kita, contohnya aplikasi Facebook, YouTube, dan beberapa aplikasi lainya juga ada yang banyak menyedot kuota internet. Bagi pecinta YouTube ini bisa membuat boros kuota internet. Namun hal ini bisa disiasati dengan beberapa trik yang bisa lebih menghemat kuota saat menonton video di YouTube.

1.Aktifkan aplikasi penghemat data

opera max

Beberapa aplikasi penghemat data sudah tersedia di dalam playstore, tinggal kita pilih salah satu aplikasi tersebut. Contohnya aplikasi Opera Max, didalam aplikasi ini kita bisa mengatur penggunaan data internet ketika kita sedang menonton video via online langsung. Yang bisa dihemat data internet kita bisa sampai 60 % ketika menonton YouTube. Dari aplikasi Opera Max ini kita bisa tahu data internet yang bisa dihemat setelah kita melakukan streaming. Jadi bagi pecinta YouTube aplikasi ini bisa menjadi pilihan kita untuk menghemat data internet supaya tidak boros dan kita tidak direpotkan dengan sering mengisi ulang paket data internet.

2.Mengatur batas penggunaan data

data usage

Cara yang kedua adalah dengan mengatur batas penggunaan data yang akan kita gunakan dengan cara masuk menu Setting pada smartphone kita, kemudian pilih menu Penggunaan Data lalu aktifkan Alert me about data usage. Dari situ kita akan mendapatkan notifikasi penggunaan data yang telah kita gunakan.

3.Pilih kualitas rendah gambar video yang kita tonton

kulitas gambar

Di apalikasi YouTube ada menu pilihan kualitas video yang akan kita tonton, jika kita menghendaki untuk berhemat kuota internet kita maka kita pilih kualitas yang rendah saja. Namun dengan pilihan tersebut maka kualitas gambar yang kita tonton akan sesuai dengan pilihan kita tadi.

4.Simpan video dan memanfaatkan wifi

youtube dengan wifi

Wifi gratis ini bisa kita dapatkan dibeberapa tempat seperti sekolahan, cafe, kampus dan lain-lainnya. Ini bisa kita manfaatkan dengan menyimpan video yang kita inginkan, kita tidak perlu melihat langsung video saat itu. Melihat video bisa kita lakukan ketika sudah longgar waktu kita secara offline. Dengan tekhnik seperti itu kita bisa menghemat kuota data internet kita.

5.Pakai browser yang ramah kuota

browser ramah kuota

Ada beberapa pilihan browser yang ramah kuota, yaitu Opera mini, UC browser, dan browser Chrome. Opera mini memiliki fitur Video boost supaya bisa streaming video walaupun kuota masih sedikit atau ketika koneksi internet lambat. Keistimewaan fitur ini bisa mempercepat loading, mengkompres ukuran data dan meminimalisir buffering. Sedang UC browser ini bisa mengkompresi data karena memiliki fitur fast mode, dan browser Chrome ini ada fitur Data Saver sehingga penggunaan data tidak boros.

6.Gunakan aplikasi YouTube Go

app youtube go

YouTube Go adalah aplikasi ramah kuota, karena aplikasi ini memiliki keistimewaan dengan memberikan informasi kepada pengguna tentang berapa besaran kuota yang akan dihabiskan jika akan menonton sebuah video pilihan pengguna. Kemudian juga aplikasi ini juga menginformasikan sisa kuota kita yang ada dan akan memberikan informasi sampai dimana nanti video yang akan kita tonton sesuai dengan sisa kuota yang kita miliki.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *