Home >> Tips dan Trik >> Trik Menghemat Listrik 2018

Trik Menghemat Listrik 2018

Menghemat listrik sangat perlu dilakukan oleh setiap pelanggan listrik, Menghemat listrik disini bukan berarti pemakaiannya harus sedikit. Tetapi jika kebutuhan listrik banyak , kita gunakan listrik sesuai dengan kebutuhannya. Yang dimaksud menghemat adalah jangan sampai pemakaian listrik digunakan untuk pemakaian yang sia-sia. Contohnya menghidupkan lampu ruangan padahal ruangan tersebut tidak sedang digunakan, dan contoh lain-lainnya.

hemat listrik cerdas

Selain bermanfaat bagi diri sendir dengan menghemat listrik juga bermanfaat bagi orang lain. Jika diri sendiri mungkin biaya setiap bulannya menjadi ringan karena menghemat listrik. Untuk orang lain manfaatnya adalah mereka yang di pelosok bisa merasakan juga listrik. Dengan menghemat listrik maka pasokan yang terbatas bisa dibagi lebih banyak pengguna listrik.

Berikut ini adalah trik untuk menghemat listrik 2018 :

1.Desain rumah hemat listrik

desain rumah hemat listrik

Dengan mendesain rumah memiliki fentilasi yang banyak dan memiliki pencahayaan dari sinat matahari yang bagus, maka pada siang hari rumah sudah menjadi terang tanpa harus menyalakan lampu dan fentilasi yang banyak membikin udara didalam rumah menjadi sejuk sehingga tidak perlu lagi menyalakan kipas angin ataupun AC.

2.Gunakan lampu hemat listrik

lampu hemat listrik

Penerangan dimalam hari adalah sesuatu yang wajib dilakukan, tetapi jika penerangan ini menyedot listrik banyak maka kita juga akan mendapat kerugian juga karena biaya listrik akan menjadi mahal karena borosnya lampu penerangan yang kita pakai. Supaya hemat kita bisa menggunakan lampu hemat listrik yaitu lampu LED. Meskipun harganya agak mahal tetapi lampu ini sangat ramah dengan energi listrik dan pencahayaannya juga terang. Dan yang terpenting adalah biaya listrik menjadi ringan.

3.Nonton TV seperlunya

nonton tv seperlunya

Aktivitas nonton TV ini yang masih sulit diatur pada kebanyakan orang. Semakin banyak chanel hiburan semakin besar waktu yang dihabiskan untuk menonton TV. Apalagi ketika menonton TV pada malam hari dengan kondisi sudah ngantuk, bisa dipastikan apa yang ditonton tidak bisa berlanjut karena sudah tertidur didepan TV. Tindakan seperti inilah yang dinamakan boros listrik karena TV menyala sia-sia. Supaya hemat tontonlah TV seperlunya, kemudian matikan TV jika sudah tidak ditonton.

4.Cerdas dalam mencuci pakaian

cerdas mencuci pakaian

Ketika pakaian kotor sedikit jangan mencuci dengan mesin cuci, cucilah dengan cara manual menggunakan tangan, selain lebih bersih maka listrik juga bisa dihemat. Mencuci menggunakan mesin cuci jika pakaian kotor banyak saja. Dan jika dimusim kemarau tidak perlu menggunakan pengering pakaian juga. Cukup sinar matahari yang mengeringkan pakaian yang sudah dicuci. Dengan cara cerdas tersebut maka biaya listrik bulanan akan kecil dan ringan.

5.Cerdas dalam menyetrika baju

cerdas menyetrika baju

Selain menggunakan setrika otomatis, baju yang wajib disetrika adalah baju seragam sekolah atau seragam untuk bekerja, kemudian baju yang dengan bahan kain yang mudah kusut jika dicuci, selanjutnya pakain untuk beribadah. Baju selain itu tidak wajib disetrika. Dengan cara seperti itu maka tenaga bisa hemat listrikpun juga hemat.

Demikianlah beberapa trik dalam menghemat listrik yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan semakin banyaknya pelanggan yang peduli pada penghematan listrik maka permasalahan kelistrikan bisa terselesaikan dengan baik, akhirnya semakin bertambahnya pengguna listrik yang belum merasakan dipelosok-pelosok negeri ini. Karena listrik termasuk hajat hidup orang banyak maka kita juga harus pintar dalam penggunaannya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *