Home >> Tips dan Trik >> Trik Menghemat Kuota Internet Pada Android

Trik Menghemat Kuota Internet Pada Android

Akses internet yang kita gunakan setiap hari, membuat kuota internet yang kita miliki cepat habis. Kasus seperti ini sering terjadi pada kita semua, padahal baru kemarin beli kuota internet sekarang sudah habis lagi. Dengan kejadian seperti itu ada beberapa cara atau trik supaya kuota internet kita tidak cepat habis.

trik hemat kuota

 

Berikut trik agar kuota internet lebih hemat :

1.Gunakan browser google chrome

google chrome

Untuk browser sebaiknya menggunakan browser google chrome, dengan mengaktifkan Data Saver pada browser chrome ini maka kita bisa menghemat kuota 30%. Untuk mengaktifkannya cukup mudah dengan cara mencari menu setting kemudian tinggal memilih Data Saver.

2.Gunakan browser opera

opera

Streaming video salah satu yang membuat kuota internet kita cepat habis. Tetapi kita tidak perlu kuatir menghadapi masalah ini, cukup dengan menggunakan aplikasi opera, kita bisa menghemat kuota internet jika sedang streaming video. Kadang ketika browsing otomatis muncul streaming video, sebagai penghemat kuota, aplikasi opera inilah yang tepat dalam menghemat kuota.

3.Hindari menggunakan Facebook pada android

facebook

Kebiasaan ini yang sulit kita lakukan mungkin, karena bermedia sosial di facebook salah satu gaya hidup manusia sekarang ini, baik itu hanya mengunggah status atau digunakan sebagai sarana penjualan berbagai macam produk barang. Jika sebagai komunikasi kepada teman atau komunitas yang kita miliki, masih ada aplikasi yang lainnya yang ramah dengan kuota. Jadi kita gunakan facebook ini ketika kita berada pada PC yang tersambung koneksi dengan speedy atau koneksi lainnya.

4.Membatasi penggunaan data pada latar belakang

Restrict Background Data

Penggunaan data dilatar belakang contohnya adalah update feed, sinkronisasi email, widget cuaca dan lain – lainnya. Supaya data lebih hemat maka kita harus mengaturnya melalui menu Setting, kemudian kita pilih Data Usage selanjutnya pilih Restrict Background Data. Dengan cara seperti itu dijamin kuota internet kita lebih hemat.

5.Auto update di nonaktifkan

Auto update di nonaktifkan

Aplikasi yang ada smartphone kita, waktu berkala akan mengalami update. Jika kita tidak mengaturnya maka update aplikasi akan dilakukan secara otomatis. Update aplikasi inilah yang juga memakan kuota besar juga, maka dari pada itu pertama kita matikan pengaturan update otomatis, kemudian kita atur ke update aplikasi hanya ketika terhubung dengan koneksi wifi saja.

6.Simpan daftar musik ke handphone atau memori card

simpan daftar musik ke handphone atau memori card

Dengan streaming musik atau video langsung akan memakan kuota internet kita cukup besar. Sebaiknya kita simpan file musik atau video kesayangan kita di memori hp atau memori external. Dengan demikian jika kita memerlukan nonton video atau mendengarkan musik tidak perlu menggunakan kuota internet kita.

7.Hapus aplikasi yang tidak perlu dan memakan kuota tinggi

Hapus aplikasi yang tidak perlu dan memakan kuota tinggi

Dengan menghapus aplikasi yang tidak ramah kuota maka HP kta akan lebih ringan dan kuota internet kita lebih hemat. Kemudian carai aplikasi yang serupa yang ramah kuota.

8.Matikan aplikasi navigasi

Matikan aplikasi navigasi

Jaman sangat berubah sekali, dengan bertanya pada mesin pencari, maka tempat tujuan kita bisa kita tuju dengan mudah tanpa bertanya kepada orang lain. Namun aplikasi navigasi ini sangat tidak ramah kuota. Lebih baik sebelum melakukan perjalanan kita bertanya pada orang yang hafat tujuan perjalan kita nantinya. Dengan cara seperti itu kita bisa menghemat kuota internet kita.

9.Upload, download gambar dan video dengan koneksi wifi

Upload, download gambar dan video dengan koneksi wifi

Jika belum ada koneksi wifi sebaiknya hindari upload dan download gambar dan video, karena akan menguras kuota internet kita, caranya disetiap aplikasi biasanya ada setelan otomatisnya kita matikan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *