Home >> Tips dan Trik >> Trik Ampuh Menghemat Kuota Internet pada Android

Trik Ampuh Menghemat Kuota Internet pada Android

trik ampuh menghemat kuota internet

Memiliki android dengan banyak aplikasi yang bisa membantu berbagai pekerjaan dan kebutuhan kita sehari-hari sangat menguntungkan sekali. Namun disisi lain ternyata kita justru banyak mengeluarkan biaya karena kuota internet yang kita miliki begitu cepat habis sebelum waktunya. Berarti ada yang salah dari settingan android dan kebiasan kita dalam berinternet. Kesalahan tersebut bisa karena ketidaktahuan kita tentang teknologi atau karena kebiasaan buruk dalam berinternet seperti seringnya streaming video di youtube. Agar kuota internet yang kita miliki tidak boros sebaiknya menerapkan beberapa tirk ampuh menghemat kuota internet.

Berikut trik ampuh menghemat kuota internet pada android :

1.Gunakan browser Google Chrome

data saver

Pada Google Chrome ada settingan untuk mengkompres data sehingga ukuran data menjadi kecil dan ringan. Selain itu kuota yang dikonsumsi bisa dihemat 30 hingga 35 persen. Dengan fitur Data Saver di Google Chrome kita bisa mengaktifkannya sendiri di menu settting pada sebelah kanan atas, setelah itu ada pilihan dan akan tampil Data Saver yang kemudian bisa kita aktifkan.

2.Gunakan browser Opera

data saving

Selain Google Chrome, browser Opera juga memiliki fitur menghemat data internet khususnya pada kompresi data video. Yang hobi streaming video, browser Opera bisa menjadi pilihan dalam menghemat kuota internet. Hanya dengan memanfaatkan fitur Data Saving pada settingan browser Opera, maka video yang tanpa sengaja kita putar tidak banyak mengkonsumsi data internet sehingga kuota aman dari keborosan.

3.Uninstall aplikasi Facebook

uninstall FB

Jenis aplikasi Facebook apapun, baik Lite maupun bukan sangat boros pada kuota internet yang kita miliki.Jika tidak mau menghilangkan aplikasi facebook tersebut sebaiknya login saat terhubung dengan wifi saja. Setelah selesai urusan dengan Facebook maka logout dari aplikasi facebook dan tidak perlu disinkronkan dengan aplikasi lainnya.

4.Uninstall aplikasi Game

uninstall game

Android tanpa game selain menghemat kuota internet juga menghindari hal-hal yang buruk. Untuk orang dewasa menghindari menghabiskan waktu dengan hal yang sia-sia seperti bermain game. Bagi anak kecil agar tidak kecanduan main game atau pegang android karena memang bukan masanya. Jadi aplikasi didalam android hanya aplikasi yang bermanfaat yang kita butuhkan saja.

6.Matikan Auto Update aplikasi

Matikan Auto Update aplikasi

Update aplikasi bisa terjadi sewaktu-waktu, dan jika pengaturan Auto Update tidak dimatikan maka secara otomatis aplikasi banyak terupdate dan kuota internet yang kita miliki cepat habis. Jadi mematikan pengaturan Auto Update sangat membantu menghemat kuota internet yang kita miliki.

7.Matikan aplikasi Google Maps

Matikan aplikasi Google Maps

Manusia sekarang sangat mengandalkan mesin untuk mencari sebuah alamat. Seperti aplikasi google Maps memang sangat membantu banyak pekerjaan manusia, tetapi hal tersebut ternyata sangat menguras kuota internet yang kita miliki jika aplikasi tersebut kondisi menyala. Agar bisa berhemat kuota internet dalam mencari sebuah alamat, lebih enak kita berhenti sejenak dan bertanya kepada orang lain tentang alamat yang kita tuju atau kita cari. Maka informasi informasi yang tidak ada pada google maps bisa kita dapatkan dari orang yang kita tanya.

8.Download dan streaming video dilakukan saat terhubung Wifi

Download dan streaming video dilakukan saat terhubung Wifi

Saat terhubung wifi adalah momen yang tepat apa saja yang kita perlukan mulai dari update aplikasi, download video bahkan streaming video. Sehingga kuota internet yang kita miliki aman dan tidak cepat habis.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *