Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Token Gagal Terus…Jangan Panik !!!

Token Gagal Terus…Jangan Panik !!!

Berkembangnya teknologi selalu akan menciptakan inovasi yang baru dan mempermudah pekerjaan manusia menjadi sederhana. Ini sudah terjadi pada Perusahaan Listrik Nasional ( PLN ), dulu sistem yang digunakan masih banyak yang manual , tetapi sekarang sudah banyak yang berbentuk digital. Seperti munculnya sistem listrik prabayar ini, tentunya dari kinerja PLN ini sangat membatu sekali, karena menyederhanakan yang rumit dan menghemat pengeluaran PLN, Listrik prabayar menjadi solusi yang tepat bagi PLN dan pelanggan PLN, karena ada beberapa keunggulan -keunggulan sistem listrik prabayar ini. Salah satunya pelanggan bisa mengelola sendiri kebutuhan listrik mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkan.

penyebab token gagal

Jika merasa kurang kebutuhan listrik dirumah, pelanggan bisa membeli token listrik untuk menambahkan listrik dirumahnya supaya tidak sampai terjadi pemadaman. Dalam hal ini mungkin suatu saat juga ada kendala- kendala secara teknis dilapangan ketika akan menambahkan Kwh listrik ke meteran. Contoh kasus yang bisa terjadi adalah terjadinya gagal terus saat kita masukkan token listrik ke meteran. Jika hal ini terjadi dirumah anda maka sebelumnya anda harus tahu ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan hal tersebut :

1.Server PLN sedang error

server error

Namanya juga alat , jadi wajar saja jika terjadi error , jika hal ini benar terjadi biasanya kita hanya bisa menunggu saja sampai perbaikan dari PLN selesai baru server akan normal kembali. Setelah server normal baru kita masukkan kembali token listrik ke meteran yang ada dirumah.

2.Meteran prabayar terjadi error

meteran error

Error pada meteran listrik prabayar bisa dideteksi dengan melihat layar dari meteran tersebut, jika muncul tulisan Blocked, gambar telapak tangan, tulisan Periksa,Cancel, dan anda melihat pada logo relay  dimeteran terbuka,  maka segeralah menghubungi PLN terdekat dan menjelaskan kronologis yang terjadi pada meteran anda. Karena saat terjadi seperti itu anda tidak akan bisa menambahkan Kwh listrik ke meteran anda. Langkah terbaik Call 123 (PLN ).

3.Instalasi yang buruk

instalasi buruk

Sebuah instalasi sangat berpengaruh pada kelistrikan yang ada didalam rumah kita, jika sering terjadi masalah pada kelistrikan dirumah kita sudah pasti bisa ditebak penyebabnya adalah instalasi yang buruk dan bisa menjadi faktor penyebab gagal memasukkan token listrik kemeteran, maka sebaiknya kita perbaiki instalasi yang buruk tersebut menjadi instalasi yang baik, mulai dari hal-hal yang kecil , seperti kabel yang digunakan, pemasangan grounding, menggunakan alat alat listrik yang berstandart SNI.

4.Salah memasukkan kode token listrik

salah input token

Kegagalan bisa terjadi ketika kita mamasukkan token salah, kurang 1 digit saja akan gagal, jadi dipastikan dengan benar sebelum memasukkan kode token kemeteran, karena jika terjadi gagal 3 kali maka otomatis akan terblokir meteran anda, dan solusi untuk mengatasi ini anda harus Call 123 atau hubungi PLN terdekat.

5.KWH over limit

kwh over limit

Pembatasan yang dilakukan oleh PLN adalah sebagai langkah supaya pelanggan PLN bisa menggunakan listrik secara bijak dan tidak banyak melakukan pemborosan, karena pemborosan akan merugikan diri sendiri. Dan ketika kita sudah banyak melakukan pengisian token listrik dalam bulan tersebut sehingga mencapai batas yang ditentukan oleh PLN maka jika anda menambahkan lagi KWh tidak akan bisa ditambahkan dan terjadi gagal terus.Jika seperti itu maka segeralah Call 123/ PLN untuk mendapatkan solusinya.

Demikian ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan gagal terus saat pengisian token listrik, faktor-faktor diatas harus kita ketahui jika kita sebagai pelanggan listrik sistem prabayar, supaya kita tidak panik jika terjadi hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *