Home >> Tips dan Trik >> Tips Menurunkan Biaya Listrik

Tips Menurunkan Biaya Listrik

Awal tahun 2020 nanti menjadi babak berikutnya kenaikan tarif listrik yang semakin memberatkan pelanggan PLN. Ketidak mampuan pemerintah dalam mengelola negara bisa dilihat dari ukuran kehidupan rakyatnya. Apakah semakin sulit atau semakin banyak kemudahan yang didapatkannya. Fasilitas yang lengkap dan canggih bukanlah sebuah ukuran dalam menilai keberhasilan pemerintah dalam mengelola negara, namun masih banyak masyarakatnya yang tidak mampu menggunakan fasilitas fasilitas tersebut karena berbiaya tinggi.

Ibarat jual beli, sebagai pelanggan PLN hanya pasrah saja dan tidak dapat merubah tarif listrik yang sudah ditetapkan oleh pemerintah karena listrik sudah menjadi kebutuhan vital saat ini. Bagi pelanggan yang bisa dilakukan adalah mengurangi volume dan frekuensi dalam pemakaian listrik dirumah agar biaya listrik dalam satu bulan tidak melambung tinggi.

Berikut tips menurunkan biaya listrik agar tidak melambung tinggi :

Gunakan Listrik Seperlunya

Mematikan semua lampu dalam rumah di pagi hingga sore hari, nyalakan lampu ketika sangat diperlukan sekali dan maksimalkan penerangan dari cahaya matahari. Begitu juga untuk alat elektronik juga dinyalakan ketika sedang dibutuhkan dan begitu selesai langsung dimatikan kembali. Frekuensi yang sedikit dalam penggunaan listrik juga mampu menekan biaya listrik.

Gunakan Peralatan Listrik yang Hemat Listrik

Produk terbaru biasanya memiliki fasilaitas hemat listrik. Jadi ganti peralat listrik yang lama dengan peralatan listrik yang bau yang hemat listrik, mulai dari lampu dan semua barang elektronik yang dibutuhkan dirumah seperti mesin cuci, televisi, kulkas, setrika dan lain-lainnya.

Gunakan Listrik Prabayar

Sistem baru kelistrikan ini memiliki keunggulan yang mampu menekan biaya listrik, beberapa keunggulannya yaitu tidak adanya biaya beban, kemudian memiliki sistem otomatis pada meteran listriknya sehingga pelanggan bisa mengukur kebutuhan listriknya dalam tiap bulannya dan masih banyak lagi keunggulan-keunggulannya.

Gunakan pendingin ruangan alami

Pendingin ruangan alami adalah dari udara segar dari tanaman yang ada disekitar rumah. Jadi menanam pohon disekitar rumah membuat suhu didalam rumah menjadi sejuk dan segar, selain itu pengaturan pintu jendela juga mempengaruhi suhu dan udara yang ada didalam rumah. Jadi pengaturan harus memperbanyak jendela dan pintu agar udara didalam rumah sejuk dan segar, selain itu penerangan didalam rumah juga terpenuhi.

Gunakan pengering alami

Dimusim kemarau adalah saat yang tepat memanfaatkan sinar matahari sebagai pengering alami dalam menjemur pakaian. Sehingga tidak menggunakan pengering mesin yang berakibat listrik menjadi lebih hemat agar biaya listrik mampu ditekan.

Beberapa tips diatas bisa diaplikasikan dalam sehari-hari dan anda bisa membandingkan sebelum mengaplikasikan tips diatas dan sesudah mengaplikasikan tips diatas. Sudah bisa dipastikan bahwa tips diatas akan membawa keuntungan karena mampu menekan biaya listrik dalam setiap bualannya sehingga sisa biaya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *