Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Paket kuota Internet

Tips Menghemat Paket kuota Internet

Hampir setiap orang dijaman sekarang ini memiliki smartphone, mulai dari anak-anak sampai orang-orang tua. Keseruan mengobrol langsung kepada orang lain didekat kita sudah tergantikan dengan obrolan kepada teman-teman satu grup di berbagai obrolan media sosial. Bisa kita amati dalam sebuah antrian ruang tunggu ditempat umum, di kantor,di taman umum, dan ditempat atau fasilitas umum lainnya.

tips hemat paket kuota

Karena keasyikan ngobrol atau selancar di dunia maya sampai kehabisan kuota internet. Kadang kita merasa paket internet yang kita beli cepat habis, padahal kita tidak melakukan banyak hal yang menyebabkan kuota terkuras ketika sedang online. Atau mungkin kita tidak tahu hal-hal yang dapat menguras habis kuota internet kita. Maka dari itu kita bisa melakukan beberapa hal supaya paket kuota internet kita bisa hemat.

Tips Menghemat Paket kuota Internet :

1.Mematikan fitur Maps dalam mode offline

fitur maps

Salah satu yang menguras data besar adalah fitur maps ini, contohnya turn-by-turn directions, melihat traffic real time, built-in navigation, atau melihat map mode satellite. Supaya tidak boros maka ubah aplikasi maps ke mode offline. KIta bisa menyalakan kembali ketika kita benar-benar membutuhkan untuk navigasi.

2.Gunakan browser yang ramah kuota

browser

Saking asyiknya berselancar di internet, kita tidak tahu bahwa browser yang kita gunakan ternyata sangat tidak ramah kuota sehingga dari sebab itulah data internet kita cepat habis. Setelah mengetahui hal tersebut sebaiknya gunakan browser yang ramah dengan kuota seperti opera mini dan google chrome. Dalam browser tersebut bisa mengkompres website yang kita kunjungi sehingga data yang terpakai tidak besar alias bisa hemat

3.Matikan sinkronisasi

sinkronisasi

Jika kita tidak mematikan sinkronisasi maka otomatis sinkronisasi akan menyala, dengan menyalana sinkronisasi maka data akan terkonsumsi terus karena terus terhubung dengan beberapa akun dan aplikasi. Agar tidak boros matikan sinkronisasi dan nyalakan sinkronisasi sesuai dengan kebutuhan kita.

4.Aktifkan batas penggunaan data

usage data

Dengan mengaktifkan batas penggunaan data, maka ketika kita menggunakan diatas batas yang telah kita tetapkan maka akan ada peringatan. Dari hal tersebut kita bisa mengkontrol penggunaan data internet yang kita miliki. Jadi kita tidak ragu lagi ketika melakukan selancar di internet karena jika penggunaan kuota melebihi yang kita tetapkan maka akan ada peringatan kepada kita.

5.Gunakan aplikasi yang ramah kuota

aplikasi ramah kuota

Ada beberapa aplikasi yang tidak ramah kuota bisa kita hapus dan kita ganti dengan aplikasi yang ramah kuota. Selain tidak ramah kuota mungkin aplikasi tersebut memakan memori yang besar sehingga bisa menyebabkan error pada smarphone. Jadi gunakan aplikasi yang kita butuhkan saja dan jangan menginstal aplikasi baru jika kita tidak membutuhkan atau tidak berguna.

6.Jangan main game secara online

jangan main game online

Permainan game online ini juga menyedot data internet banyak, apalagi permainan game selalu dilakukan dengan durasi yang lama. JIka sedang bermain game online sebaiknya ketika tersambung dengan wifi saja dan mendownload game ketika tekoneksi dengan wifi juga. Karena aktifitas mendownload juga memakan kuota besar juga.

7.Matikan update aplikasi

update aplikasi

Sewaktu-waktu kadang update aplikasi muncul dan sebaiknya kita matikan update otomatisnya. Kita setting update hanya ketika terkoneksi dengan wifi saja. Aktifitas update ini sangat besar mengkonsumsi data internet sehingga membuat boros data internet kita dan kuota cepat habis.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *