Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik Yang Keren

Tips Menghemat Listrik Yang Keren

Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang mencapai 14000 rupiah, akan sangat berdampak pada perekonomian dinegeri ini. Salah satunya, masyarakat dihantui akan terjadinya kenaikan tarif listrik lagi. Kenaikan tarif listrik yang kemarin saja sudah bikin pusing masyarakat apalagi tarif listrik akan naik lagi. Bisa tambah hancur perekonomian masyarakat kecil gara-gara tarif listrik yang tinggi.

hemat listrik

Kecanggihan teknologi sekarang justru membuat kebutuhan listrik dalam rumah tangga tidak berkurang, tetapi terus bertambah karena pekerjaan sehari-hari sudah banyak menggunakan alat-alat elektronik yang membutuhkan tenaga listrik, mulai dari mengambil air, memasak nasi, mencuci baju, dan lain sebagainya. Untuk menekan biaya listrik tiap bulannya hanya dengan penghematan melalui cara mengatur pemakaian alat-alat elektronik yang ada didalam rumah.

Berikut cara-cara menghemat listrik yang keren :

1.Nyalakan lampu dimalam hari saja

nyala lampu

Kita harus kreatif untuk mengatur penerangan didalam rumah kita. sebagian atap rumah kita buat dari kaca atau yang sejenisnya yang bisa tembus cahaya matahari. Agar diwaktu pagi dan siang hari dalam rumah tampak terang meskipun lampu tidak dinyalakan. Kemudian semua lampu kita pasang dengan lampu LED yang sangat hemat listrik dan ketika menjelang tidur lampu kita matikan semua kecuali tempat yang diperlukan supaya terang seperti didepan rumah.

2.Menanak nasi dengan cara yang tepat

menanak nasi

Magic jar adalah alat elektronik andalan yang sangat mempermudah kita menanak nasi, jika caranya tidak tepat maka listrik yang kita gunakan akan semakin besar. Caranya dengan menanak nasi dengan air panas supaya proses nasi menjadi matang cepat. Setelah nasi matang kita cabut kabel dari sumber listrik, ketika mau makan kita colokkan lagi kabel kesumber listrik untuk menghangatkan nasi beberapa menit. Dengan cara seperti itu kita bisa menghemat listrik.

3.Gunakan mesin cuci jika pakain kotor banyak

mencuci pakaian

Jika hanya sedikit pakaian kotor kita, sebaiknya kita cuci dengan manual menggunakan tangan, dan jika dimusim kemarau kita tidak perlu menggunakan pengering pada mesin cuci, cukup kita keringkan dengan sinar matahari. Jika dimusim hujan baru kita gunakan pengering untuk mengeringkan pakaian.

4.Gunakan setrika listrik otomatis

setrika otomatis

Setrika pakaian yang penting yang sering kita gunakan, seperti seragam, baju yang sering kita pakai tiap hari. Untuk baju yang kita pakai hanya didalam rumah saja tidak perlu disetrika dan kita setrika baju kita yang mudah kusut setelah dicuci. Dengan menggunakan setrika otomatis maka setrika akan otomatis menyala dan mati sesuai dengan kebutuhan panas yang diinginkan.

5.Gunakan tandon air

tandon air besar

Jika menggunakan tandon air kita akan memompa air cucup 1 atau 2 kali dalam sehari, beda jika tidak ada tandon air maka setiap kita membutuhkan air kita menyalakan pompa air, sehingga dengan menyala pompa air berulangkali ini akan sangat boros listrik

6.Matikan TV jika tidak ditonton

matikan tv

Kebiasaan buruk banyak orang adalah ketika menonton TV sampai mereka tertidur dan TV tetap menyala. Hal ini dilakukan hampir setiap hari. Dan ternyata kebiasaan buruk ini justru akan membawa dampak buruk juga bagi kantong kita, yaitu listrik yang kita gunakan menjadi boros dan biaya listrik tiap bulan selalu mengalami kenaikan. Jadi mulai saat ini kita biasakan matika TV jika hendak mau tidur, atau bisa diatur waktunya secara otomatis TV akan mati. Dengan begitu kita akan lebih hemat listrik dan biaya listrik kita akan ringan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *