Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik Yang Cerdas

Tips Menghemat Listrik Yang Cerdas

Setiap orang akan mudah melakukan kegiatan-kegiatan yang biasa mereka lakukan sehari-hari, namun disisi lain setiap orang ingin kegiatan-kegiatan sehari-harinya bisa dilakukan lebih mudah lagi. Kenyataan yang terjadi adalah benar bahwa pekerjaan- pekerjaan yang dilakukan orang-orang pada umumnya sudah mengalami kemajuan dengan hadirnya teknologi yang bisa membantu pekerjaan mereka. Mulai dari mencuci baju, menanak nasi, menimba air, dan lain sebagainya, sudah tidak dilakukan manual lagi, alias dilakukan oleh alat sehingga pekerjaan bisa dialihkan ke pekerjaan lainnya. Tetapi semua alat -alat tersebut tidak akan bisa melakukan pekerjaannya jika tidak ada tenaga untuk menyalakan alat tersebut. Tenaga yang bisa menggerakan alat tersebut adalah Listrik.

hemat listrik

Listrik menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan sekarang ini, Karena persediaan pasokan yang terbatas dari kebutuhan yang ada maka pemerintah menghimbau pelanggan untuk berhemat dalam pemakainnya. Agar pasokan listrik bisa stabil dan lancar maka pelanggan juga bisa membantu dengan cara berhemat listrik dengan bijak supaya tidak sering terjadi pemadaman. Hemat listrik disini tidak hanya menguntungkan PLN saja, tetapi juga menguntungkan pelanggan sendiri karena tagihan listrik yang harus dibayarkan tidak mengalami pembengkakan.

Ada beberapa cara untuk menghemat listrik dengan cerdas :

1.Cabut kabel/steker dari stopkontak

cabut steker

Berbagai macam benda elektronik yang ada dirumah membuat kita tidak peduli apa yang terjadi selama alat tersebut masih bisa membantu pekerjaan kita, apalagi kalau kita memiliki pekerjaan yang padat diluar rumah. Padahal jika kita mau peduli sedikit dengan listrik dan alat -alat elektronik yang ada dirumah, kita bisa melakukan penghematan listrik dengan cara cerdas, yaitu mencopot kabel dari colokan jika alat elektronik kita sedang tidak dipakai, karena jika kabel tetap tersambung ke colokan dan alat tidak digunakan atau dalam posisi standby, sebenarnya alat tersebut masih mengkonsumsi listrik, jika ada banyak alat elektronik dirumah kita dalam kondisi seperti itu maka dipastikan kita menggunakan listrik dengan sia-sia.

2.Gunakan Listrik sistem prabayar

listrik prabayar

Dengan menggunakan listrik prabayar , kita akan bisa mengatur penggunaan listrik dengan baik sesuai dengan kebutuhan kita, karena listrik kita dapat dengan cara membeli dulu diawal baru kita bisa memakainya. Dan jika pemakaian kita melebihi dari listrik yang kita beli maka akan otomatis terjadi pemadaman, untuk bisa menggunakan listrik kembali kita harus membeli lagi supaya listrik bisa digunakan lagi. Dengan sistem seperti ini kita lebih bisa menghemat listrik dengan baik.

3.Nyalakan Lampu seperlunya

matikan lampu

Gunakan sinar matahari sebagai penerangan dipagi dan siang hari, jika malam hari matikan lampu jika ruangan tidak terpakai, dan matikan lampu ketika kita tidur. Gunakan lampu penghemat listrik /LED, meskipun harga agak mahal tetapi bisa menghemat listrik kita yang berpengaruh pada tagihan listrik tiap bulan kita.

4.Gunakan AC seperlunya

nyalakan ac

Matikan Ac jika ruangan tidak digunakan, karena AC sangat mengkonsumsi listrik banyak jika dinyalakan, atur setelan otomatis jika dinyalakan. Dan gunakan AC yang hemat listrik.

Demikian beberapa cara sederhana menghemat listrik dirumah kita, dan bisa kita aplikasikan dalam sehari-hari kita, awalnya mungkin sangat berat bagi kita, tetapi lama-kelamaan jika kita sudah terbiasa maka semua itu akan mudah kita lakukan. Dan kebiasaan kita nanti akan berbuah dari tagihan bulanan yang harus kita keluarkan yaitu tagihan yang ringan karena kita berhemat listrik. Semoga tips diatas bermanfaat bagi kita semua.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *