Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik Terkini

Tips Menghemat Listrik Terkini

Penghematan dilakukan disebabkan beberapa hal, sehingga patutlah penghematan itu dilakukan karena beberapa hal tersebut. Hal tersebut adalah sumber pasokan yang terbatas dan penggunaan terlalu besar maka perlu adanya penghematan. Berikutnya adalah terlalu besar biaya bahan baku untuk menghasilkan listrik sehingga penghematan perlu dilakukan, dan selanjutnya semakin tinggi tarif dasar listrik sehingga akan mengakibatkan biaya besar jika tidak melakukan penghematan. Beberapa hal yang mendasari untuk melakukan penghematan diatas,

Maka berikut ini tips menghemat listrik dalam skala rumah tangga :

1.Pasang daya listrik sesuai kebutuhan rumah

pasang daya listrik sesuai kebutuhan

Rumah yang besar pasti membutuhkan daya yang besar karena membutuhkan penerangan yang banyak jika dimalam hari. Rumah yang kecilpun kadang juga membutuhkan daya listrik yang besar karena banyaknya alat elektronik didalam rumah. Jadi yang tepat adalah memasang daya listrik sesuai dengan kebutuhan listrik didalam rumah, jangan sampai daya besar kebutuhan kecil, ini akan besar pada tarif dasar listriknya, karena per KWH listrik berbeda semakin besar dayanya maka semakin mahal per KWH nya.

2.Desain rumah ramah listrik

rumah ramah listrik

Artinya desain rumah memiliki fentilasi yang baik sehingga penerangan didalam rumah baik ketika siang hari dan udara didalam rumah sejuk dan segar dengan desain banyak tanaman kecil disekitar rumah, bisa tanaman bunga atau buah yang sedang ukuran pohonnya. Sehingga tidak perlu lagi pendingin ruangan karena pendingin ruangan atau AC sangat boros listrik.

3.Pasang tandon air besar

tandon air besar sekali

Kebutuhan air dalam setiap rumah berbeda-beda, semua tergantung jumlah penghuni rumah tersebut. Jika semakin banyak jumlah penghuni rumah maka semakin besar kebutuhan airnya. Fungsi tandon air yang besar adalah dalam penggunaan air tidak lagi sering menyalakan pompa air yang berakibat boros listrik, cukup dalam satu hari 1 atau 2 kali mengisi tandon air saja. Selain itu fungsi lainnya adalah ketika ada padam listrik maka masih bisa menggunakan air.

4.Gaya hidup minimalis

gaya hidup minimalis

Seperti gaya hidup orang Jepang, yaitu meminimalkan isi rumah dengan tidak membeli barang-barang elektronik yang tidak perlu dan tidak sering digunakan setiap hari. Sehingga barang didalam rumah cukup yang digunakan setiap hari untuk melakukan pekerjaan saja dengan begitu akan menghemat listrik.

5.Gunakan barang elektronik hemat listrik

barang hemat listrik

Mulai dari lampu penerangan, semua diganti dengan lampu LED karena menghemat listrik dengan daya terang yang tinggi, kemudian alat elektronik lainnya seperti TV LED, pakai Laptop lebih hemat dari pada PC, Mesin cuci hemat listrik terbaru, setrika listrik otomatis, dan masih banyak alat elektronik lainnya yang hemat listrik.

6.Ubah kebiasaan baik

hemat listrik terkini

Kebiasaan buruk banyak orang dalam pemborosan listrik seperti menonton TV sampai tertidur, menyalakan lampu ruangan yang tidak terpakai, boros air, menyalakan penghangat nasi terus-menerus dan lain-lainnya. Dari kebiasan buruk tadi bisa dirubah dengan kebiasan baik dengan mematikan TV setelah menontonnya, mencabut alat elektronik jika tidak terpakai, mematikan lampu ruangan yang tidak terpakai dan lain sebagainya. Awalnya agak berat membiasakan yang baik, tetapi pada akhirnya akan ringan jika sudah terbiasa.

Demikian beberapa tips hemat listrik terkini, semoga bisa diaplikasikan didalam aktifitas sehari-hari dalam rumah tangga. Supaya penghematan sukses maka harus memiliki kebiasaan yang baik dan penggunaan listrik yang cerdas karena keduanya itu adalah modal dasar dalam penghematan listrik didalam rumah. Dengan bisa menghemat listrik maka biaya listrik menjadi ringan dan pasokan listrik akan selalu stabil sehingga aktifitas pekerjaan sehari-hari tidak terganggu.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *