Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik Terbaru 2018

Tips Menghemat Listrik Terbaru 2018

Penghematan dilakukan karena dua faktor, pertama karena pasokan yang terbatas dan yang kedua adalah daya beli rendah. Kedua faktor tersebut terjadi karena ketidakmampuan pengelola negara dalam mengelola dan meningkatkan daya beli rakyatnya. Masalah kelistrikan mudah, sulit, murah, mahal yang menentukan adalah pengelola negara. Jadi rakyat atau pelanggan mengikuti semua yang telah ditetapkan oleh negara sesuai dengn kondisi yang ada sekarang ini. Karena TDL naik dan pasokan terbatas maka bagi pelanggan yang harus dilakukan adalah penghematan.

Berikut beberapa tips menghemat listrik dirumah :

1.Pasang listrik prabayar

listrik prabayar

Jika masih menggunakan listrik pascabayar sebaiknya migrasi ke listrik prabayar, karena listrik prabayar tidak ada biaya beban sehingga biaya lebih ringan, selain itu tidak rentan pencatatan yang salah karena meteran listrik prabayar sudah otomatis. Untuk penghematan mengunakan listrik prabayar lebih tepat karena bisa memperkirakan pemakaian dalam satu bulan.

2.Ganti lampu hemat listrik

lampu hemat

Lampu adalah penerangan yang selalu menyala setiap malam hari, jika lampu tersebut menggunakan lampu hemat listrik atau LED maka biaya listrik akan berkurang tiap bulannya. Selain itu menyalakan lampu disaat malam hari saja dan mematikannya ketika menjelang tidur.

3.Pasang tandon air besar

tandon air

Kebutuhan listrik yang besar salah satunya adalah untuk menyalakan pompa air sebagai keperluan air didalam rumah. Jika tanpa tandon air maka listrik akan berulang-ulang kali menyala dan ini sangat membuat boros listrik. Jadi dengan memasang tandon air besar pompa air menyala hanya beberapa kali saja sehingga listrik lebih bisa dihemat.

4.Setrika baju yang diperlukan saja

setrika baju

Aktifitas menyetrika baju sangat menguras tenaga dan listrik. Jadi supaya listrik hemat dan tenaga tidak habis maka menyetrika baju yang diperlukan saja, seperti baju seragam kerja, seragam sekolah, baju yang mudah kumal ketika dicuci, dan lain-lain. Sebaiknya baju disetrika ketika mau digunakan saja, karena jika disetrika kemudian dilipat lagi maka baju ketika akan dipakai menjadi kumal kembali.

5.Pakai kipas angin sebagai pendingin ruangan

kipas angin ruangan

Penggunaan AC menyedot listrik yang sangat besar sekali, dimusim kemarau pendingin ruangan memang sangat diperlukan sekali. Tetapi menggunakan kipas angin lebih ramah listrik. Bisa juga menanam pohon kecil yang rindang disekitar rumah supaya udara didalam rumah menjadi sejuk dan segar.

6.Mengurangi membeli alat elektronik yang tidak diperlukan

no shopping

Perkembangan jaman tidak bisa dihentikan, yang bisa dilakukan adalah bijak dalam memanfaatkan alat-alat elektronik dengan baik. Jaman sekarang memang alat elektronik menjadi alat bantu manusia dalam berbagai hal dalam rumah tangga, mulai dari memasak nasi, sampai mencuci baju yang kotor semua dilakukan oleh alat elektronika.

7.Ganti alat elektronik yang hemat listrik

elektronik hemat

Mulai dari TV, kulkas, mesin cuci, dan lain-lain semuanya diganti dengan yang hemat listrik. Alat elektronik terbaru biasanya ada keunggulan dalam penghematan listrik seperti TV LED, dan lainnya. Jika semua menggunakan alat yang bisa menghemat listrik, maka dipastikan biaya listrik per bulan bisa ringan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *