Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik Mudah

Tips Menghemat Listrik Mudah

Biaya pengeluaran yang memberatkan tiap bulan dalam rumah tangga salah satunya adalah biaya listrik. Hampir 5 tahun ini tarif listrik sudah naik lima kali sudah lebih dari 100 persen. Pencabutan subsidi juga menjadi salah satu penyebab mahalnya tarif listrik saat ini. Padahal jaman semakin berkembang, teknologi semakin canggih, dan pekerjaan sehari-hari semua orang sudah banyak yang dikerjakan oleh mesin agar memudahkan dalam waktu dan tenaga. Namun semuanya itu bisa dikerjakan jika ada energi listrik yang mengalirinya, misal saja listrik padam 1 hari, pasti banyak pekerjaan yang tidak bisa dilakukan sehingga kerugian besar bisa dialami bagi perusahaan ataupun seseorang yang didalam pekerjaannya mengandalkan tenaga listrik. Jadi pentingnya listrik ini menjadi keharusan yang wajib dipenuhi meskipun biayanya mahal. Agar biaya bisa ditekan dalam penggunaan listrik dalam rumah tangga caranya adalah melakukan penghematan.

Berikut tips menghemat listrik yang mudah :

1.Pasang listrik prabayar

pasang listrik prabayar

Jika masih menggunakan listrik pascabayar sebaiknya segera mengganti dengan listrik sistem prabayar. Kedua sistem tadi memang ada plus dan minusnya, namun untuk melakukan penghematan penggunaan listrik prabayar lebih mudah dan lebih irit daripada listrik pascabayar karena listrik prabayar pembayaran didepan dan tidak ada biaya beban sehingga pelanggan bisa mengetahui dalam sebulan perkiraan biaya listrik yang digunakan. Jika dirasa masih boros pelanggan harus mengurangi beberapa porsi penggunaan alat elektronik didalam rumah.

2.Ganti semua peralatan hemat listrik

peralatan hemat listrik

Mulai dari lampu, televisi, rice cooker, kulkas, mesin cuci, setrika listrik, dan semau peralatan listrik yang ada didalam rumah semuanya harus diganti yang hemat listrik. Seperti lampu pakai LED, tv juga LED, gunakan laptop aja daripada PC, kemudian ganti peralatan elektronik yang lama dengan yang terbaru karena yang terbaru biasanya sudah ada sistem penghemat listriknya.

3.Pasang tandon air

pasang tandon air

Selain memasang tandon air sebelumnya harus memasang pompa air dengan kapasitas yang besar yang membutuhkan watt yang rendah. Biasanya ada dimerk yang terkenal meskipun agak mahal, yang penting kualitasnya bagus. Fungsi tandon air selain untuk cadangan jika terjadi pemadaman listrik, tandon air juga berfungsi menekan penggunaan listrik, karena dengan adanya tandon air maka pompa air tidak sering menyala jika kran air dibuka, cukup mengisi tandon air sampai penuh jika dalam batas tertentu air sudah menipis.

4.Setrika baju seperlunya

setrika baju seragam

Listrik yang terpakai cukup besar pada setrika listrik. Jika aktifitas menyetrika ini banyak dan sering maka dipastikan listrik akan terpakai banyak. Untuk menghemat caranya dengan menyetrika baju yang penting saja seperti seragam sekolah, seragam kantor, dan baju untuk keluar rumah dan baju untuk beribadah. Juga baju yang kainnya gampang kumal sebaiknya disetrika sebelum dipakai. Untuk baju dirumah untuk tidur tidak perlu disetrika yang penting bersih dan harum.

5.Mencuci baju jika baju kotor sudah banyak

mencuci baju kotor

Agar tidak sering menggunakan listrik maka mencuci baju ketika baju kotor sudah banyak. Kemudian jika musim kemarau tidak perlu menggunakan pengering baju cukup sinar matahari yang menjadi pengering alami sehingga listrik yang terpakai tidak banyak.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *