Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik April 2019

Tips Menghemat Listrik April 2019

Menghemat listrik hingga saat ini masih penting dilakukan karena tarif listrik masih tinggi dan belum ditemukannya energi alternatif. Selama kebijakan tarif listrik masih tinggi yang bisa dilakukan pelanggan hanya menghemat pemakaian listrik saja agar biaya listrik tidak membengkak. Ada beberap tips yang bisa dilakukan pelanggan listrik supaya biaya listrik yang dikeluarkan tidak membengkak.

Berikut tips menghemat listrik pada April 2019 :

1.Gunakan alat listrik seperlunya

matikan lampu

Setelah menggunakan alat listrik sebaiknya dimatikan dengan mencabut kabel dari stop kontak, atau mematikan lampu pada ruangan yang tidak digunakan. Awalnya agak berat, tetapi setelah terbiasa maka akan mudah menjadi kebiasaan dan kebiasaan tersebut harus dilakukan oleh seluruh penghuni rumah.

2.Gunakan lampu LED

gunakan lampu led

Mengganti seluruh lampu yang ada dirumah dengan lampu LED. Meskipun sedikit lebih mahal tetapi mampu memangkas biaya listrik dalam satu bulan. Lampu LED dengan daya kecil memiliki daya terang tinggi sehingga kebutuhan bisa terpenuhi dengan biaya kecil.

3.Beli alat ekletronik seperlunya saja

no tv

Terlalu banyak alat elektronik dirumah menjadi pemicu borosnya listrik dirumah. Beli alat elektronik seperlunya seperti rice cooker, mesin cuci dan setrika. Televisi tidak begitu penting sekarang, menggunakan laptop atau komputer dengan koneksi internet,mulai dari hiburan dan informasi sudah bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi jika memiliki televisi dan menonton tertidur sampai pagi hari maka justru pemborosan listrik yang didapatkannya.

4.Pompa air hemat listrik dan memasang tandon air

tandon air

Pasang pompa air yang memiliki daya hemat listrik kemudian pasang tandon air juga. Dengan memiliki tandon air maka pompa air tidak sering menyala yang bisa menghabiskan listrik besar., cukup beberapa kali menyala jika air didalam tandon air mulai sedikit pompa air akan menyala untuk mengisi tandon hingga penuh dan secara otomatis pompa air akan mati sendiri.

5.Setrika baju yang penting saja

setrika baju seragam

Baju seragam, baik seragam kantor atau seragam sekolah, kemudian baju untuk ibadah dan baju yang mudah kusut jika dicuci. Jadi untuk baju lainnya tidak perlu disetrika agar listrik bisa hemat. Selain itu menggunakan setrika listrik otomatis, karena setrika akan menyala jika panas yang diinginkan kurang dan setrika mati otomatis jika panas sudah maksimal yang diinginkan.

6.Perbanyak ventilasi udara dirumah

ventilasi baik dalam rumah

Jika udara dari luar banyak masuk kedalam rumah, maka udara didalam rumah menjadi sejuk dengan banyaknya ventilasi udara yang ada. Selain itu bisa dengan menanam banyak pohon disekitar rumah sehingga sirkulasi udara dirumah bisa adem dan sejuk. Jadi tidak perlu pendingin ruangan seperti AC atau kipas angin yang menggunakan listrik.

7.Gunakan mesin cuci hemat listrik

mencuci baju kotor

Selain mesin cuci yang hemat listrik, mencuci jika pakaian kotor sudah banyak adalah cara yang tepat dalam mencuci karena tidak sering menggunakan listrik untuk mencuci sehingga lebih hemat listrik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *