Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik ala Idwebpulsa

Tips Menghemat Listrik ala Idwebpulsa

Kebutuhan bulanan yang membengkak, kadang bikin pusing kepala. Apalagi kebutuhan yang membengkak tadi adalah biaya listrik. Tarif listrik yang terus mengalami kenaikan membuat pemakaian listrik dalam rumah tangga harus pintar supaya biaya tiap bulannya tidak over.

Berikut ini beberapa tips menghemat listrik ala Idwebpulsa :

1.Pasang listrik pintar

sumber : https://bisnis.tempo.co

Listrik pintar adalah listrik dengan sistem prabayar, seperti pulsa hp prabayar jika habis tidak dapat digunakan. Begitu juga listrik sistem prabayar ini, jika stroom habis maka akan terjadi pemadaman otomatis. Dari situ pemakaian dalam rumah tangga dapat dengan mudah diprediksi biayanya. Jika masih terasa besar biaya listrik dalam tiap bulan, berarti harus lebih hemat lagi dalam pemakaiannya.

2.Cabut kabel alat elektronik dari sumber listrik

sumber : https://www.dekoruma.com

Hal yang sederhana untuk menghemat listrik adalah mencabut kabel alat elektronik yang tidak digunakan dari sumber listrik. Kebiasan ini harus sering dilakukan setiap hari, supaya listrik bisa lebih dihemat. Kabel yang masih menancap disumber listrik meskipun alat elektronik tidak menyala masih memakan listrik meskipun sedikit. Jika dilakukan terus menerus maka stroom yang terpakai sia-sia akhirnya juga banyak.

3.Matikan lampu yang tidak digunakan

sumber : https://tarbiyatul.com

Pada malam hari, sebaiknya mematikan lampu pada ruangan yang tidak digunakan. Kemudian menjelang tidur matikan semua lampu kecuali lampu untuk penerangan di luar rumah saja. Dengan melakukan kebiasaan tersebut dipastikan listrik bisa dihemat dan biaya listrik tiap bulan menjadi turun.

4.Gunakan kipas angin sebagai pendingin ruangan

sumber : https://bacaterus.com

Menggunakan kipas angin sangat lebih hemat daripada menggunakan AC, sehingga listrik bisa lebih dihemat. Supaya suhu didalam rumah bisa lebih sejuk, bisa juga dengan menanam banyak pohon disekitar rumah.

5.Beli mesin cuci sesuai kebutuhan

sumber : https://serviceacjogja.pro

Membeli mesin cuci diatas kapasitas yang dibutuhkan akan membuat boros pemakaian listrik. Jadi pilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan supaya listrik bisa hemat. Selain itu gunakan mesin cuci dengan cara bijaksana.

6.Beli kulkas sesuai kebutuhan

sumber : http://www.diahdidi.com

Sama seperti mesin cuci, kulkaspun juga demikian, harus disesuaikan dengan kebutuhan supaya tidak boros listrik dan kurang bermanfaat jika kulkas ukuran besar isinya cuman sedikit. Jika untuk rumah tangga saja pilih kulkas yang sedang, dan jika untuk usaha pilih kulkas dengan kapasitas yang besar.

7.Pintar memasak di rice cooker

sumber : https://www.suara.com

Jadi, listrik bisa lebih dihemat jika memsak nasi dirace cooker menggunakan air panas sehingga nasi cepat matang dan listrikpun bisa dihemat.

8.Gunakan setrika pintar

sumber : https://www.msn.com

Setrika pintar adalah setrika yang memiliki alat otomatisasi, yaitu ketika panas setrika sesuai dengan yang telah diataur maka setrika akan mati sendiri dan jika panas sudah dibawah batas yang telah diatur maka setrika akan menyala sendiri.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *