Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Listrik 2019 Terbaru

Tips Menghemat Listrik 2019 Terbaru

Tindakan penghematan akan muncul jika sebuah pasokan terbatas, harga sangat tinggi, daya beli menurun, dan masih banyak faktor lainnya yang memunculkan sebuah tindakan penghematan. Seperti halnya pada pemakaian listrik dirumah, penghematan ini muncul adanya kenaikan tarif listrik yang sangat memberatkan pelanggan karena kenaikan berturut turut melebihi 100 persen dan itupun bersamaan dicabutnya subsidi listrik tersebut. Solusi pelanggan PLN hanya penghematan yang bisa mereka lakukan. Penghematan saat ini memang agak sulit dengan semakin berkembangnya teknologi karena dalam rumah akan terus dibanjiri oleh barang barang elektronik yang membantu pekerjaan manusia sehari-hari, dan barang elektronik tersebut bisa berjalan jika ada listrik yang mengalirinya.

Berikut tips menghemat listrik 2019 terbaru :

1.Pasang listrik prabayar

listrik prabayar

Dengan menggunakan listrik prabayar, kebutuhan listrik dalam 1 pekan atau dalam sebulan akan mudah diperkirakan. Sehingga penghematan mudah dilakukan, selain itu jika sampai penggunaan listrik boros sampai stroom habis maka akan terjadi pemadaman otomatis. Pemadaman ini sebagai peringatan bahwa listrik yang telah digunakan terlalu boros sehingga bisa mulai melakukan penghematan pemakaian alat listrik didalam rumah.

2.Renovasi ventilasi rumah

renovasi ventilasi rumah

Merenovasi ventilasi rumah akan bermanfaat untuk pergantian udara didalam rumah menjadi sejuk dan segar, sehingga meminimalisiir penggunaan kipas angin dan pendingin ruangan seperti AC, selain itu pencahayaan didalam rumah akan semakin baik dengan menempatkan jendela sesuai dengan posisinya pada arah pergerakan matahari sehingga penyalaan lampu akan bisa dikurangi dan penghematan listrik bisa berjalan dengan baik.

3.Menanam pohon kecil dan sedang di sekitar rumah

menanam pohon

Jika rumah di perkotaan perlu sekali menanam pohon kecil dan sedang disekitar rumah, karena adanya pohon akan meredan cuaca panas diperkotaan sehingga dalam rumah terasa sejuk dan segar udaranya sebagaimana menempatkan ventilasi didalam rumah seperti diatas tadi. Alat pendingin ruangan akan bisa diminimalisir karena sudah ada pendingin alami.

4.Pasang sumur pompa manual

pompa air manual

Banyak manfaat sumur pompa manual salah satunya adalah jika terjadi listrik padam, maka untuk mendapatkan air dengan mudah melalui sumur pompa manual tadi. Selain itu dengan memompa secara manual maka gerakan itu sama dengan gerakan olahraga yang menyehatkan badan. Dan manfaat terpenting adalah pemakaian listrik didalam rumah akan berkurang dan penghematan berhasil dilakukan.

5.Menanak nasi menggunakan air panas

menanak nasi

Jika menanak nasi menggunakan rice cooker supaya listrik bisa dihemat caranya dengan menggunakan air panas dalam menanak nasi. Selain hemat listrik, proses nasi menjadi matang semakin cepat sehingga memasak pun menjadi cepat dan bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

6.Gunakan semua alat listrik yang hemat listrik

alat listrik hemat energi

Mulai dari lampu penerangan, kulkas, TV, komputer, dan lain lainya harus menggunakan yang hemat listrik. Misal lampu LED dengan Watt yang kecil tetapi memiliki daya terang yang tinggi meskipun sedikit mahal harganya, tetapi mampu menghemat lebih dari 50 persen.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *