Home >> Tips dan Trik >> Tips menghemat Kuota Internet

Tips menghemat Kuota Internet

Munculnya Hp android membuat banyak orang menggati Hp lamanya ke android, karena diandroid banyak memberikan layanan aplikasi-aplikasi yang menarik sehingga banyak orang senang dengan aplikasi yang ada didalam android. Bagi pemakai android hampir sebagian besarnya pasti menggunakan kuota internet untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang ada di android tersebut. Dan tidak sedikit yang menggunakan kuota internet untuk berselancar dengan tujuan , belajar, mencari berita, berjualan, atau hanya sekedar nimbrung dalam group atau komunitas di sosial media. Jadi kebutuhan pulsa kuota sekarang ini sangat tinggi, sehingga beberapa provider bersaing menawarkan produk pulsa kuota dengan bermacam varian harga dengan besaran kuota yang bisa didapat, dan yang terpenting juga adalah kecepatan berselancar didunia internet inilah yang membuat pelanggan memilih pulsa kuota dari salah satu provider yang ada.

hemat kuota

Bagi kita pengguna pulsa kuota tentu tidak ingin jika kuota yang dimilikinya cepat habis. Padahal cepat dan tidaknya kuota habis itu karena cara pemakaian kita, jika kita sering mendownload gambar ataupun video, dan juga sering melakukan streaming, maka bisa dipastikan bahwa kuota internet kita akan cepat habis. Untuk menghindari hal-hal tadi yang membuat kita boros, maka kita harus cerdas dalam mengggunakan kuota internet kita.

Ada beberapa tips agar kuota internet kita tidak cepat habis :

1.Gunakan Browser Chrome sebagai browsing

data saver

Karena didalam browser chrome kita bisa mengaktifkan menu Data Saver, yang fungsinya adalah menghemat kuota kita saat sedang melakukan browsing dengan menggunakan browser chrome. Caranya cukup masuk pada Setelan kemudian pilih Data Saver dan Klik On. Dengan mengaktifkan Data Saver maka layanan ini akan mengkompres sampai 50% dalam mengurangi pemakaian data diandroid kita.

2.Non aktifkan Sinkronisasi yang tidak perlu

matikan sinkronisasi

Dengan mematikan setelan sinkronisasi yang tidak perlu, maka aplikasi yang tidak perlu tidak tersambung keinternet, dan ini bisa menghemat kuota kita

3.Aktifkan penggunaan Mobile Data

aktif mobil data

Seperti alarm, penggunaan data internetpun bisa kita atur supaya ada peringatan jika kita memakai kuota yang melebihi batas yang telah kita atur. caranya cukup sederhana yaitu masuk ke menu Data Usage kemudian pilih data selular setelah itu atur batas maximal pemakaian lalu tinggal mengaktifkan aja. Dengan mengatur seperti itu maka kita bisa melakukan langkah penghematan kuota.

4.Restrict Background Data

Restrict Background Data

Membatasi penggunaan data di backgroud sangat perlu kita lakukan jika kita sangat boros sekali dalam menggunakan kuota, mungkin karena ketidak tahuan kita , sehingga terjadi pemborosan. maka langkah yang baik adalah dengan membatasi data tersebut. Caranya masuk ke menu setelan kemudian pilih Data Usage dan Tap 3x garis vertikal dikanan atas lalu pilih Restrict Background Data terus klik OK.

5.Matikan aplikasi yang menyedot Kuota

usage

Caranya dengan mengidentifikasi apalikasi -aplikasi tersebut di menu Data Usage, setelah itu akan terlihat aplikasi -aplikasi yang banyak menggunakan data. Jika aplikasi itu tidak diperlukan sebaiknya di Uninstall aja, kemudian diganti dengan aplikasi yang hemat kuota.

6.Setel Update aplikasi hanya ketika terhubung dengan Wifi

Auto Update Apps Over Wifi Only.

Aplikasi-aplikasi dari plystore akan mengupdate secara otomatis jika aplikasi tersebut ada pembaruan, dan Update ini akan memerlukan kuota banyak . Jika yang terupdate cuman 1 aplikasi ,mungkin itu tidak seberapa, tetapi biasanya update ini terjadi beberapa aplikasi yang otomatis terupdate. Maka cara yang terbaik adalah masuk pada menu setelan kemudian pilih auto update apps dan pilih lagi Auto Update Apps Over Wifi Only.

Dari beberapa tips menghemat kuota diatas bisa kita aplikasikan yang cocok dengan kondisi yang kita inginkan, Semoga tips diatas bisa membuat kita lebih berhemat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *