Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Kuota Internet paling Baru

Tips Menghemat Kuota Internet paling Baru

Penggunaan internet dalam smartphone semakin hari semakin besar jumlahnya. Karena fungsi penggunaan smartphone merambah dalam segala hal. Awalnya hanya sebagai komunikasi antar teman dan saudara, sekarang menjadi sarana dalam sebuah pekerjaan, seperti online marketing, ojek online, dan layanan online lainnya yang bisa menghasilkan uang.

Penggunaan internet 24 jam membuat kuota internet yang ada menjadi cepat habis. Jadi harus pintar dalam berinternet dismartphone agar tidak boros. Apapun paket kuota internet yang kita gunakan tetap harus pintar dalam menghemat kuota.

Berikut tips menghemat kuota internet agar tidak boros :

1.Kontrol selalu penggunaan data

data monitor

Cek dahulu penggunaan data yang paling besar terpakai. apakah untuk browsing, media sosial, nonton, bermain game, unduhan aplikasi. Untuk mengecek tersebut tinggal lihat di pengaturan smartphone di data monitor. Bisa juga menggunakan aplikasi unduhan yang bernama Onavo Count sebagai pelacak penggunaan data. Jika sudah mengetahui data habis paling banyak untuk salah satu aktifitas diatas maka mulai mengatur pemakaian data tersebut dengan baik agar tidak terlalu boros.

2.Matikan update otomatis

matikan update otomatis

Update aplikasi akan menyedot data internet, jika banyak aplikasi yang di update maka data internet semakin banyak tersedot. Jika setingan update otomatis menyala maka sewaktu-waktu aplikasi akan diupdate terus jika ada pembaruan. Jadi langkah bijaknya dengan mematikan setingan update otomatis. Jika memerlukan update aplikasi sebaiknya ketika mendapatkan koneksi wifi saja agar data internet tetap aman.

3.Minimalkan download gambar dan video

download

Mengunduh gambar dan video menghabiskan data besar. Jika dilakukan sering maka dipastikan data internet yang dimiliki akan cepat habis. Gambar dan video diunduh ketika mendapatkan koneksi wifi saja.

4.Pintar menonton video online

nonton youtube

 

Menonton video memang menyenangkan, tetapi streaming yang dilakukan sangat menguras kuota internet. Jadi manfaatkan bonusan streaming youtube dari paket kuota yang kita beli. Kemudian menonton ketika terhubung dengan koneksi wifi. Untuk menonton video yang penting pada saat itu sebaiknya menurunkan kualitas gambarnya agar kuota tidak terlalu besra tersedot.

5.Gunakan browser ramah data

browser hemat

Google chrome adalah salah satu browser ramah data, karena data sebenarnya kan dikompres dahulu sehingga data yang terpakai tidak besar. Kemudian opera mini juga menjadi salah satu browser ramah data internet. karena memiliki kompresi data sehingga kebutuhan data tidak begitu besar jika beerselancar menggunakan browser tersebut.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *