Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Kuota Internet pada Android

Tips Menghemat Kuota Internet pada Android

Layar kotak kecil yang selalu dibawa kesana kemari oleh banyak orang, baik anak kecil hingga orang tua sudah menjadi candu bagi sebagian orang. Terbukti jika mereka lupa membawa alat tersebut maka sikap mereka akan gelisah bak orang kecanduan rokok ataupun narkoba. Kotak tersebut adalah smartphone android yang didalamnya ada berbagai fitur dan aplikasi yang bikin semua orang betah berduaan dengannya.

hp android

Namun fitur dan aplikasi didalam android tersebut bisa berjalan dan diakses karena adanya koneksi internet. Koneksi internet ini bisa didapat dengan 2 cara, pertama karena adanya koneksi wifi, dan yang kedua karena adanya paket data kuota internet. Karena android ini peruntukannya mobile, maka koneksi internet yang sering digunakan adalah pket data kuota internet. Dengan penggunaan paket data tentu segala akses didalam internet akan terbatasi oleh kuota paket data yang ada. Jadi penggunaan internet harus digunakan dengan sebaik-baiknya supaya kita tidak boros

Tips menghemat kuota internet pada android sebagai berikut :

1.Gunakan browser ramah kuota

opera chrome

Dalam mencari informasi melalui internet sebaiknya menggunakan browser yang mampu menghemat kuota internet. Menggunakan browser ramah kuota maka kita bisa menyisakan banyak kuota untuk keperluan lainnya. Selain itu kita akan mendapat manfaat dari browser tadi yaitu kita tidak terlalu sering membeli paket data karena kita bisa menghemat kuota melalui salah satu browser yang kita gunakan. Browser tersebut adalah Chrome dan Opera mini, browser tersebut mampu mengkompres data menjadi data kecil.

2.Matikan sinkronisasi tidak perlu

matikan synkronisasi

Adanya sinkronisasi yang aktif, otomatis aplikasi lainnya yang tidak kita buka akan ikut berjalan otomatis. Dengan berjalannya aplikasi tersebut maka data internet akan terkuras. Semakin banyak sinkronisasi yang kita lakukan maka semakin besar juga data yang terkuras. Solusinya adalah matikan sinkronisasi yang tidak perlu, maka data internet kita akan lebih hemat.

3.Mengatur penggunaan data

batasi data internet

Ada juga cara menghemat kuota internet jika kita merasa tak terkendali dalam menggunakan internet, yaitu dengan mengatur limit data maksimal yang bisa kita gunakan. Pengaturan data tersebut sudah ada dalam fitur di dalam android tinggal kita atur saja. Dengan mengatur batas tersebut maka kita akan mendapatkan peringatan jika yang kita lakukan melebihi batas yang telah kita tentukan.

4.Matikan update aplikasi

update dimatikan

Update aplkikasi terjadi sewaktu-waktu, dan jika kita aktifkan update otomatis ini maka data internet kita kan tersedot dan menimbulkan krisis kuota. Supaya tidak terjadi hal tersebut , langkah yang tepat adalah mematikan update otomatis menjadi update hanya bisa dilakukan pada koneksi wifi saja.

Dan masih ada lagi tips lainnya yang tidak kami sebutkan untuk menghemat data kuota internet. Dari beberapa tips diatas sudah cukup mewakili tips lainnya yang tidak kami sebutkan untuk menghemat data internet pada android kita. Dengan berhemat maka kita tidak sering beli kuota internet, dan uang kita bisa dimanfaatkan untuk keperluan penting lainnya. Semoga tips menghemat kuota internet diatas bermanfaat bagi kita semua.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *