Home >> Tips dan Trik >> Tips menghemat kuota Internet di Smartphone

Tips menghemat kuota Internet di Smartphone

Kebutuhan kuota internet memang meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi smartphone yang didukung oleh aplikasi-aplikasi yang baru dan menarik. Bagi pengguna smartphone pasti dalam setiap bulannya akan rela menyisihkan uangnya untuk membeli kuota internet. Begitu banyaknya aplikasi yang digunakan, maka kuota internet yang dimiliki cepat habis.

tips hemat kuota internet

Supaya bisa internetan lagi maka harus membeli paket kuota internet lagi. Seringnya membeli paket kuota internet ini kadang tidak terasa dalam sebulan bisa mengeluarkan dana yang lumayan besar. Jadi kebutuhan kuota internet tersebut sebenarnya bisa kita hitung dalam sebulan, namun ini terlalu ribet mungkin. Solusi yang tepat supaya kuota internet bisa hemat adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1.Selalu monitor penggunaan data

data usage

Pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui penggunaan data yang kita lakukan, seperti browsing, bermain game online, nonton youtube, mendownload aplikasi, dan aktivitas lainya yang mengkonsumsi data internet. Semuanya itu bisa kita lihat pada menu data usage yang berada pada menu setting, dari situ kita akan tahu data yang paling banyak kita gunakan.
Bisa juga mengetahuinya dengan menggunakan aplikasi eksternal yaitu Onavo Count untuk mengetahui besaran pengunaaan data internet yang telah kita lakukan. Setelah mengetahui aktivitas mana yang banyak sekali mengkonsumsi kuota internet maka ketika menjalankan aplikasi tersebut sebaiknya ketika sedang ada wifi atau ketika pada jam ada bonus kuota. Dengan cara seperti itu dipastikan kuota internet bisa hemat.

2.Matikan update otomatis

matikan update otomatis

Update aplikasi terbaru memang sering terjadi, supaya ketika akses diaplikasi tersebut tidak lemot. Namun update tersebut kadang takterkendali, artinya bahwa aplikasi yang tidak pentingpun ikut terupdate. Karena update aplikasi tersebut juga menyerap kuota yang banyak. Solusinya adalah setel update otomatis jika ada wifi saja atau update secara manual saja. Dengan begitu kuota internet bisa dihemat untuk yang lebih penting lagi.

3.Jangan download aplikasi

playstore

Ketika ada aplikasi menarik, maka kita tergoda untuk mendownloadnya. Padahal mendownload aplikasi akan mempercepat habisnya kuota internet kita. Jika ada aplikasi menarik sebaiknya kita mendownload ketika kita terkoneksi dengan wifi saja. Aplikasi yang sering menggoda untuk didownload adalah aplikasi game biasanya. Ada juga aplikasi ketika didownload kecil, tetapi saat dijalankan aplikasi tersebut memakan kuota internet yang besar. Sebaiknya hindari download aplikasi seperti itu.

4.Nonton video online dengan cerdas

nonton youtube

Streaming video diyoutube memang mengasyikkan, karena kita tinggal mengetik video yang akan kita inginkan dengan cepat kita segera bisa menikmatinya. Namun aktifitas tersebut sebenarnya menguras kuota internet yang besar. Jika kita hobi nonton video sebaiknya dilakukan ketika terkoneksi dengan wifi saja, atau kita mengunduhnya ketika ada wifi dan kita nonton dalam kondisi offline ketika kita senggang, atau jika terpaksa menggunakan paket kuota kita turunkan kualitas video yang kita tonton. Dengan begitu kita bisa irit kuota internet.

5.Kompresi data pada browser

chrome dan opera mini

Browser yang memiliki kompresi data adalah chrome dan opera mini, kedua browser ini menjadi pilihan browser ramah kuota, karena data yang kita peroleh dengan menggunakan browser tersebut sudah diperkecil, sehingga data yang kita pakai lebih irit dari pada menggunakan browser yang tidak memiliki kompresi data.

Demikian beberapa tips menghemat kuota internet yang telah kami sajikan. Semoga bisa menjadi solusi menghemat paket kuota internet yang kita miliki.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *