Home >> Tips dan Trik >> Tips Menghemat Data Internet di Android Terkini

Tips Menghemat Data Internet di Android Terkini

Jika data internet yang kita beli cepat habis dan sering membeli data internet maka akan mengganggu pengeluaran keuangan kita dalam setiap bulan. Padahal pengeluaran yang dilakukan tidak hanya untuk data internet saja, masih ada pengeluaran wajib lainnya yang harus ditunaikan. Jadi agar tidak boros penggunaan data internet kita harus menghemat. Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar data internet bisa hemat.

Berikut tips menghemat data internet di android terkini :

1.Matikan fitur Maps

fitur maps

Aplikasi Map sangat memakan data internet besar jika dihidupkan. Dengan melihat traffic real time sama dengan kita streaming sebuah video di youtube. Anehnya hal ini jarang diketahui oleh pengguna android bahwa aplikasi Map meeka dalam kondisi nyala. Jadi langkah yang pertama dilakukan adalah mengecek settingan di aplikasi Map, jika dalam kondisi nyala segera dimatikan.

2.Gunakan browser ramah data internet

browser hemat

Browser tanpa kita sadari juga penyumbang data internet cepat habis. Karena seringnya menggunakan mesin pencari data maka data yang kita miliki cepat habis tanpa kita sadari. Jadi sebaiknya menggunakan browser yang ramah data internet seperti opera mini dan google chrome. Karena kedua aplikasi ini mampu mengkompres data sehingga data menjadi kapasitas kecil dan data internet bisa lebih hemat.

3.Matikan sinkronisasi yang tidak perlu

sinkronisasi dimatikan

Semakin banyaknya sinkronisasi yang hidup maka semakin besar pula data internet yang terkuras. Jadi hidupkan sinkronisasi yang menurut kita perlu dan penting saja. Sinkronisasi menguras data internet karena aplikasi yang disnkronkan seakan-akan tidak berjalan, padahal meskipun tidak sedang dipakai aplikasi tersebut terus hidup dan memakan data internet.

4.Batasi penggunaan data dengan mengaktifkan peringatan

batasi data internet

Setiap android memiliki aplikasi atau fitur yang bisa membatasi penggunaan data internet. Jika belum diaktifkan segera diaktifkan agar kita bisa mendapatkan notofikasi jika menggunakan data melebihi batas yang kita tetapkan. Langkah seperti ini dilakukan bisa menghemat data lebih banyak karena tanpa pembatasan maka ketika berselancar di internet kita lupa biasanya, dan tau-tau data internet sudah menipis bahkan habis.

5.Matikan setelan update aplikasi otomatis

update dimatikan

Update aplikasi berjalan sewaktu-waktu, jika tidak mematikan setingan update otomatis maka data internet akan terkuras. Update otomatis kadang juga mengganggu aktifitas kita dalam berinternet. Jadi untuk mematikan update otomatis masuk pada settingan google playstore kemudian pilih matikan update otomatis. Jika memerlukan update, sebaiknya dilakukan manual saja.

6.Install aplikasi kompresi data

Onavo Extend

Aplikasi kompres data bisa dari bawaah android tersebut, tetapi juga ada aplikasi unduhan seperti Onavo Extend. Dengan memasang dan menghidupkan aplikasi kompresi data, maka data internet yang kita miliki bisa lebih hemat.

7.Streaming video ketika terkoneksi wifi saja

youtube

Nonton vedeo di youtube memang mengasyikkan, tetapi apa yang kita lakukan tersebut sebenarnya sangat banyak menguras data internet yang kita miliki. Jadi solusinya adalah, menonton video ketika terkoneksi dengan wifi saja supaya data internet yang kita miliki aman dari pemborosan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *