Home >> Tips dan Trik >> Tips Menekan Biaya Tagihan Listrik

Tips Menekan Biaya Tagihan Listrik

Dimasa pemerintahan terakhir ini biaya listrik melonjak sangat tinggi sekali, selain dicabutnya subsidi, tarif listrik juga mengiringi dengan kenaikan. Jadi sudah klop biaya listrik yang harus dikeluarkan menjadi sangat tinggi dalam setiap bulannya. Bagi status ekonomi menengah keatas biaya listrik ini mungkin tidak berpengaruh dalam kehidupannya sehari-hari. Namun bagi status ekonomi menengah kebawah ini sangat berpengaruh sekali dalam kehidupannya sehari-hari.

tagihan listrik ringan

Biaya listrik yang dikeluarkannya setiap bulannya naik 100 % dari sebelumnnya, apalagi kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya juga mengalami kenaikan, sehingga ini tidak lagi memberatkan bagi status ekonomi kelas bawah, tetapi ini sudah seakan-akan mematikan roda ekonominya sehari-hari.

Semoga di 2019 nanti ada angin segar pemimpin baru yang lebih mengerti penderitaan dan kebutuhan rakyat kecilnya. Bagi kita saat ini yang bisa dilakukan adalah melakukan super penghematan sehingga biaya listrik yang tinggi tadi bisa kita tekan sekecil-kecilnya.

Tips menghemat listrik :

1.Beli peralatan elektronik yang perlu saja

tanpa tv

Menumpuknya alat-alat elektronik ini salah satu penyebab biaya listrik kita membengkak. Jadi mulai sekarang kita bisa membuat list atau daftar alat -alat elektronik apa saja yang kita perlukan sehari-hari, dan alat elektronik yang kita tidak perlu dan tidak penting. Alat yang perlu ada seperti, rice cooker, mesin cuci, setrika. ketiga alat ini sangat penting kalo kita tinggal dikota. Alat yang tidak perlu seperti TV, dan lain-lainnya.

2.Nyalakan lampu saat malam hari saja

lampu malam hari

Dinyalakan malam hari itupun mungkin sampai jam 9 malam, sebelum kita tidur sebaiknya lampu dimatikan dan tersisa yang menyala hanya lampu depan dan belakang rumah saja untuk penerangan jalan. Dan kita gunakan lampu LED semua, karena lebih irit listrik meskipun harganya mahal.

3.Pasang tandon air

tandon air

Pompa air ini juga banyak mengkonsumsi listrik jika kita tidak cerdas menggunakannya. Cara terbaik supaya listrik bisa irit yaitu menggunakan tandon air dirumah, sehingga pompa air hanya menyala satu atau dua kali dalam sehari untuk mengisi tandon air. Ketika ada pemadaman listrik kita masih bisa menggunakan air dari tandon air.

4.Cerdas dalam pemakaian mesin cuci

cerdas mencuci

Jika pakaian kita yang kotor sedikit lebih baik cuci pakaian dengan manual menggunakan tangan, itung-itung sambil olah raga. JIka pakaian yang kotor banyak baru kita menggunakan mesin cuci. Dan kita bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai pengering alami dimusim kemarau, kita gunakan pengering dari mesin cuci ketika dimusim penghujan saja. Pemakaian secara cerdas tadi bisa menghemat listrik supaya tagihan listrik tidak membengkak.

5.Buat ventilasi yang baik dalam rumah

ventilasi baik dalam rumah

Disiang hari kita bisa memanfaatkan cahaya matahari untuk penerangan dalam rumah, selain itu kita juga memanfaatkan udara supaya sirkulasi udara dalam rumah sejuk dan kita tidak memerlukan AC dan alat pendingin lainnya. Dengan memperbanyak menanam pohon dan bunga disekitar rumah kita maka didalam rumah udara akan terasa adem.

6.Ganti listrik dari pascabayar ke prabayar

gunakan listrik prabayar

Dengan menggunakan listrik prabayar kita tidak dikenai beban dalam pembayaran listrik. Selain itu kita bisa mengukur kebutuhan listrik dalam satu bulan dengan menggunakan listrik prabayar. Jika masih terlalu boros maka kita akan melakukan penghematan yaitu dengan mengurangi pemakain listrik yang tidak kita perlukan.

Demikian tips ringan supaya tagihan listrik kita minimalis dalam setiap bulannya. Dengan tagihan minimalis kita bisa memanfaatkan biaya yang kita miliki untuk keperluan lainnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *