Home >> Tips dan Trik >> Tips Memilih Smartphone idaman

Tips Memilih Smartphone idaman

Perkembangan dan pertumbuhan pengguna smartphone sangat luar biasa pesat.  Pengguna smartphone diperkirakan bisa mencapai 18 juta pengguna di Indonesia pada tahun 2015 nanti (http://www.jaringnews.com/ekonomi/umum/14566/-pengguna-smart-phone-ri-juta).  Apalagi ditambah dengan maraknya merek baru yang selalu bermunculan bahkan hanya dalam hitungan bulan tipe yang baru bisa muncul, dengan segala kelebihan dan kekurangan smartphone.

smartphone

Kadangkala dengan banyaknya  smartphone itu membuat kita sebagai konsumen bingung untuk memilih yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan kita. Kali ini idwebpulsa memberi tips ringan dalam memilih smartphone yang unggul.

Tips memilih smartphone yang sesuai dengan kantong dan sesuai kebutuhan :

1)      Sesuaikan kebutuhan.  Ini aturan pertama. Rekan rekan membeli smartphone tentu bukan hanya sekedar untuk ikut trend. Tapi memang berdasarkan kebutuhan. Misal kebutuhan tentang office bagi yang bekerja, kebutuhan social media, kebutuhan untuk hiburan atau sekedar browsing internet. Tidak harus dan tidak musti gadget keluaran baru selalu cocok dengan kebutuhan rekan. Cari informasi spesifikasi yang dibutuhkan. Misal jika untuk masalah hiburan maka dibutuhkan layar yang lebar dan HD. Semisal kebutuhan sosmed maka biasanya mengutamakan camera. Jika kebutuhan kantor maka mengutamakan multitasking misalnya. Dan berbagai spesifikasi lainnya.

2)      Cari review di internet ataupun di majalah ponsel. Jangan hanya sekedar melihat iklan lalu terburu buru membeli gadget. Cari review sebanyak banyaknya. Cara mudah mencari review adalah dengan mengetik ke google “nama produk review” . misal Samsung Galaxy S4 review dan seterusnya.
Jika rata rata review positif dan sesuai kebutuhan kita maka masukkan menjadi list khusus. Cari 3 sampai 4 produk yang lain untuk dimasukkan ke list khusus. Lalu kemudian bandingkan semua produk pada list khusus yang sudah kita buat untuk dibandingkan lebih lanjut.

3)      Hardware.

  • Layar = Untuk kebutuhan hiburan maka layar yang lebar adalah alternatif pertama. Tentu akan berbeda jika untuk kebutuhan office yang mobile, maka ukuran yang pas di genggaman adalah alternative utama.
  • Processor = Ini adalah otak dari gadget. Saat ini Processor gadget bisa mencapai oktat atau 8 Processor bukan sekedar quad (4 core) atau dual core. Pilih Processor sesuai kebutuhan. Jika hanya untuk browsing ataupun social media, maka tidak akan banyak pengaruhnya. Berbeda jika kebutuhan untuk gaming atau entertainment.
  • RAM = Ini adalah memory dimana aplikasi di jalankan. Kami sarankan pilihlah Ram yang tinggi. Semakin tinggi maka semakin lancar aplikasi dijalankan.
  • Baterei = Pilih pula baterei yang sesuai. Bagi yang sukap aplikasi berat seperti gaming atau nonton film HD. Maka baterei dengan daya tahan lama wajib digunakan. Karena aktivitas tersebut banyak memakan resource yang besar pada baterei sehingga mudah habis.

4)      Software

  • OS = Operating System. Saat ini ada 4 OS yang cukup terkenal. Android, IOS, Windows Phone, dan Blackberry.
    Jika ingin yang simple dan banyak kebutuhan entertain, maka IOS alternatifnya. JIka suka dengan utak atik dan kebebasan meng explore gadget maka Android solusinya. Jika kebutuhan untuk kebutuhan corporate dan kemananan yang sangat tinggi maka windows Phone jadi alternative. Dan jika kebutuhannya ingin berkomunikasi dengan chat BBM maka Blackberry satu satunya.
  • Aplikasi yang banyak pilihannya. Bagi yang suka utak atik maka semakin banyak aplikasi maka akan semakin baik. Sedang bagi yang sukan entertain maka lebih suka aplikasi gaming yang update dan grafis yang bagus.

5)      Layanan Service Center dan purna jual. Ada baiknya memilih produk yang telah membuka service centernya di kota Anda. Hal ini akan memudahkan jika kita mengalami kendala pada gadget yang kita idamkan. Semisal rusak atau error, maka akan lebih mudah mendapat service.

Demikian tips ringan memilih smartphone idaman Anda. Jika masih ada tips lain silahkan di sharing di koment dibawah ya  🙂

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *