Home >> Tips dan Trik >> Tips Membeli Barang Elektronik yang Hemat Listrik

Tips Membeli Barang Elektronik yang Hemat Listrik

Barang elektronik sangat dibutuhkan dijaman sekarang ini sebagai alat bantu pekerjaan manusia dan sebagai sarana untuk mempermudah manusia dalam kehidupan sehari-hari. Namun barang-barang elektronik tersebut juga bisa menguras pengeluaran rumah tangga dalam setiap bulannya jika tidak tepat membeli dan menggunakannya. Karena barang-barang elektronik tersebut bisa menyala disebabkan adanya tenaga listrik, dan tarif listrik sendiri cukup mahal saat ini. Untuk bisa menghemat biaya listrik maka caranya harus memilih barang elektronik yang hemat listrik.

Berikut tips membeli barang elektronik yang hemat listrik :

1.Beli lampu LED

lampu led

Jika masih menggunakan lampu pijar sebaiknya diganti dengan membeli lampu LED. Lampu LED memiliki Watt yang kecil tetapi daya terang yang kuat dari pada lampu pijar yang memiliki Watt besar tetapi daya terangnya lemah. Karena Watt kecil maka konsumsi listrik menjadi ringan dan bisa menghemat listrik akhirnya biaya listrik menjadi murah. Selain mengganti lampu, supaya listrik bisa lebih hemat dengan menyalakan dimalam hari dan mematikan jika ruangan tidak digunakan.

2.Rice Cooker hemat listrik

rice cooker

Cari rice cooker hemat listrik dengan membandingkan watt dalam mode memasak dan menghangatkan, jangan terpengaruh dengan harga yang murah, karena harga murah belum tentu bisa menghemat listrik. Jika ingin lebih menghemat lagi, gunakan rice cooker hanya untuk memsak nasi saja kemudian nasi dipindah ketermos penghangat nasi. Dengan cara seperti itu listrik akan sangat dihemat sehingga biaya menjadi ringan.

3.Beli Kulkas terbaru

kulkas

Kulkas keluaran lama lebih boros daripada kulkas keluaran terbaru, karena keluaran terbaru memiliki teknologi yang baru dengan konsumsi listrik yang lebih rendah dan kemampuan mendingikan yang bagus. Dalam membeli kulkas juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam penggunaan, jika semakin besar kapasitas kulkas maka semakin besar juga konsumsi listriknya. Jangan sampai kebutuhan penggunaan sedikit kemudian membeli kulkas kapasitas besar.

4.Pompa air

pompa air

Sumur manual hampir jarang ditemukan untuk pemakaian dalam rumah tangga, sekarang yang paling banyak digunakan adalah pompa air. Ada merk tertentu yang boros listrik ada juga yang hemat listrik. Jadi harus cerdas dalam membeli pompa air, sesuaikan dengan kebutuhan air dalam rumah. Jika penghuni rumah banyak maka otomatis kebutuhan air juga banyak dan sebaliknya. Pompa air dengan kapasitas besar listrik yang dikonsumsi juga besar. sebaiknya gunakan kapasitas yang sedang agar hemat listrik. Agar lebih hemat lagi, memasang tandon air sangat perlu sekali untuk menghemat listrik dan berguna saat terjadi listrik padam.

5.Beli TV LED

tv led

Sebagai hiburan didalam rumah hampir tiap rumah selalu terdapat televisi. Benda elektronik yang sering menyala salah satunya adalah televisi. Jadi supaya hemat listrik sebaiknya membeli TV LED karena Watt yang dimiliki cukup rendah daripada TV tabung yang memiliki Watt tinggi. Pemakaian juga berpengaruh dengan biaya listrik tiap bulannya, jangan menonton TV sampai tertidur didepan TV, jika merasa ngantuk sebaiknya TV dimatikan atau dipasang timer supaya TV bisa mati otomatis jika sampai tertidur didepan TV.

6.Beli Laptop

laptop

Untuk urusan pekerjaan dan lain-lainnya kadang komputer sangat diperlukan. Lebih baik membeli laptop daripada PC, karena Laptop lebih menghemat listrik daripada PC. Daya yang digunakan keduanya perbandingannya bisa 16 kali lipat. Jadi laptop sangat hemat listrik daripada PC. Sebenarnya Laptop cukup ketika charging saja konsumsi listriknya, setelah batery penuh tidak perlu lagi mengkonsumsi listrik untuk digunakan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *