Home >> Tips dan Trik >> Tips Langkah-langkah Penghematan Listrik

Tips Langkah-langkah Penghematan Listrik

Biaya hidup yang semakin mahal hari ini, karena semakin mahalnya kebutuhan sehari-hari yang salah satu penyebabnya adalah dicabutnya subsidi oleh pemerintah, mulai dari BBM sampai Listrik. Untuk energi penerangan dimalam hari dan untuk menjalankan alat elektronik yang membantu pekerjaan dirumah maka listrik menjadi barang yang mahal karena tarif yang naik lebih dari 100 % setelah subsidi dicabut. Bagi pelanggan PLN yang bisa dilakukan adalah penghematan saja supaya bisa menekan biaya listrik dalam setiap bulannya.

Berikut langkah-langkah penghematan listrik :

1.Gunakan listrik prabayar

Menggunakan listrik sistem prabayar akan bisa mengontrol pemakaian listrik setiap harinya, karena kita bisa mengukur konsumsi listrik dalam setiap bulannya. Selain itu jika pemakaian boros maka stroom akan habis dan terjadi padam otomatis sehingga kita akan berpikir 2x jika melakukan pemborosan. Jadi sistem prabayar ini sangat cocok dalam melakukan penghematan listrik.

2. Gunakan penerangan hemat listrik

lampu led

Penerangan dimalam hari sangat dibutuhkan, dan jika menggunakan lampu yang boros listrik maka dalam setiap bulannya biaya bisa membengkak. Untuk penerangan bisa hemat kita menggunakan lampu LED, karena lampu ini memiliki penerangan yang tinggi dengan watt rendah. Selain itu nyalakan lampu dimalam hari saja dan menjelang tidur lampu dimatikan semua kecuali ditempat yang penting didepan rumah dan belakang rumah sebagai penerangan luar rumah. Dengan membiasakan melakukan hal tersebut maka bisa dipastikan listrik bisa hemat.

3.Memasang banyak ventilasi dirumah

ventilasi baik dalam rumah

Udara sejuk dan segar pasti diinginkan oleh setiap penghuni rumah apalagi jika rumah tersebut ditengah perkotaan. Untuk mendapatkan udara yang sejuk dan segar biasanya menggunakan AC atau kipas angin, tetapi ini bisa dialihkan dengan membuat ventilasi yang banyak dan menanam pohon yang rindang disekitar rumah. Jadi cukup kipas angin saja sebagai pengganti mendapatkan udara yang sejuk jika memang cuaca sangat panas sekali. Dengan melakukan tips diatas maka dijamin listrik bisa hemat.

4.Memasang tandon air

tandon air besar sekali

Hal penting didalam rumah adalah adanya air bersih, maka untuk minum, memasak, mencuci dan lain-lainnya akan mudah terpenuhi. Tetapi jika untuk mendapatkan air bersih tadi menggunakan pompa air listrik tanpa adanya tandon air maka akan membikin boros listrik. Beda jika kita memasang tandon air, maka listrik akan lebih mudah dihemat.

5.Mematikan alat elektronik yang tidak digunakan

matikan tv

Mematikan TV sebelum tidur lebih baik daripada membiasakan tertidur didepan TV saat menonton. Juga mencabut kabel dari sumber listrik jika alat tersebut tidak digunakan, dengan mencabut kabel maka sudah tidak ada konsumsi listrik lagi.

6.Gunakan laptop untuk melakukan pekerjaan

laptop

Laptop lebih hemat listrik dari pada PC, daya yang diperlukan laptop bisa dibawah beberapa kali lipat dibawah daya yang diperlukan PC. Selain itu laptop bisa dibawa kemana-mana sesuai dengan keinginan ketika melakukan pekerjaan karena memiliki batterai sehingga laptop lebih hemat listrik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *