Home >> Tips dan Trik >> Tips Jitu Hemat Kuota Internet pada Smartphone

Tips Jitu Hemat Kuota Internet pada Smartphone

Kebutuhan internet saat ini menjadi kebutuhan penting banyak orang. Digunakan mulai dari hal yang penting untuk pekerjaan hingga hal-hal yang remeh temeh, seperti main game, chating yang tidak ada gunanya, dan lain-lain. Jika kantong kita tebal, mungkin tidak masalah menggunakan kuota internet yang dimiliki sepuasnya. Tetapi jika kantong kita tipis, merasa penggunaan kuota internet yang kita miliki cepat habis sebeum masa paket tersebut berakhir. Jadi kita harus cerdas dalam penggunaan kuota internet yang kita miliki agar tidak cepat habis.

Berikut Tips Jitu Hemat Kuota Internet pada Smartphone :

Pakai browser google chrome

sumber : https://www.umahdroid.com

Browser satu ini memiliki keunggulannya, yaitu memiliki fitur Data Saver sehingga ketika kita berselancar dan downloud gambar atau video mata data akan dikompres sehngga kuota yang dibutuhkan menjadi kecil dan kuota menjadi hemat.

Pakai browser opera

sumber : https://www.teqnoforia.com

Selain chrome, browser opera juga memiliki fitur serupa untuk mengecilkan data. Gambar dan video yang tidak sengaja ke download tidak akan bermasalah dengan pemakaian data internet yang kita miliki, karena aplikasi satu ini sudah otomatis menjalankan fitur penghemat data internet.

Buka aplikasi Facebook jika ada wifi

sumber : https://www.suara.com

Facebook menjadi salah satu aplikasi yang digemari oleh banyak kalangan. Penggunaan Facebook dengan bermacam-macam tujuan, mulai dari pertemanan hingga untuk tempat berjualan produk maupun jasa. Karena untuk membuka facebook dan menjalankannya membutuhkan kuota besar, jika itu dilakukan menggunakan data internet maka bisa dipastikan tidak lama muota internet yang kita miliki habis sebelum masa berakhirnya kuota internet. Jadi operasikan FB ketika ada wifi.

Atur penggunaan data pada latar belakang

sumber : https://www.technipages.com

Update feed, sinkronisasi email, widget cuaca, merupakan bagian dari latar belakang yang harus dibatasi penggunaanya. Caranya adalah dengan mengatur melalui menu Setting, ada beberapa pilihan kemudian kita pilih Data Usage selanjutnya pilih Restrict Background Data. Dengan melakukan tips tadi kuota internet kita bisa lebih hemat.

Matikan Auto update

sumber : https://www.gaptech.co.id

Update Aplikasi sering terjadi pada kala tertentu. Jika pengaturan dalam mode auto, maka bisa dipastikan data internet yang kita miliki banyak tersedot untuk update aplikasi. Langkah yang tepat adalah mematikan mode update auto menjadi manual, ketika ada notifikasi update, maka kita updte secara manual dengan memilih aplikasi yang penting kita gunakan, itupun dilakukan ketika berada di wifi.

Hapus aplikasi yang tidak digunakan

sumber : https://mobilepulsa.com

Selain membuat HP lemot, banyaknya aplikasi juga rentan dengan boros kuota. Jadi sebaiknya hapus aplikasi yang tidak digunakan, sehingga HP menjadi cepat aksesnya dan kuota juga hemat.

Jangan pakai aplikasi navigasi

sumber : https://androbuntu.com

Sebaiknya memanfaatkan orang yang ada disekitar tujuan yang kita inginkan, dengan bertanya tempat tujuan yang kita cari. Aplikasi navigasi kadang tidak begitu akurat jika ada kejadian-kejadian terkini tentang sekitar tempat tujuan yang kita cari. Misalnya jalan ditutup karena ada hajatan, cara yang paling tepat adalah bertanya pada orang sekitar situ dan akan diberikan solusi terbaik. Selain hemat kuota, kita akan lebih tahu medan disekitar tujuan yang kita cari.

Upload, download gambar atau video hanya via koneksi wifi

sumber : http://indonesiapostnews.com

Untuk gambar dan video kita uploud dan downloud hanya via koneksi wifi saja. Jangan mencoba melakukan uploud dan downloud gambar atau video via data internet yang kita miliki, dijamin akan cepat habis kuota kita sebelum masa berakhirnya paket kuota yang kita miliki.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *