Home >> Tips dan Trik >> Tips Dan Cara Menghemat Listrik

Tips Dan Cara Menghemat Listrik

Listrik sebagai kebutuhan sehari-hari, kita akan merasa ketergantungan dengan listrik, bisa kita buktikan ketika terjadi pemadaman listrik dirumah kita. Ketika siang hari kita akan merasa tidak bisa melakukan pekerjaan apa-apa, karena semua alat yang membantu pekerjaan kita tidak bisa kita gerakkan tanpa adanya listrik tersebut, apalagi listrik padam diwaktu malam hari, kita akan merasa sangat terbatas dengan gerak kita karena tidak terbiasa dengan kegelapan. Bagi kita pelanggan listrik pasca bayar akan terbiasa dengan menggunakan listrik dirumah kita tanpa memperhatikan barang-barang yang mengkonsumsi listrik tersebut. Ketika diakhir bulan baru kaget bahwa tagihan listrik yang harus kita bayar mengalami kenaikan. Padahal kenaikan tersebut dari pola kita menggunakan listrik dirumah kita.

hemat listrik

Meskipun kita mampu membayar tagihan listrik perbulan yang tinggi, tidak berarti kita harus melakukan pemborosan listrik dirumah kita. Kapasitas listrik yang tersedia dengan kebutuhan pelanggan sangat terbatas, karena ada beberapa faktor penyebabnya, salah satunya adalah terbatasnya pembangkit tenaga listrik, dan minimnya bahan baku pembangkit listrik tersebut. Sehingga fungsi penghematan adalah supaya listrik yang kita butuhkan setiap hari tidak mengalami permasalahan, seperti seringnya terjadi pemadaman karena ada giliran dalam pemasokan arus listrik dari terbatasnya pasokan listrik. Dengan seringnya terjadi pemadaman maka pekerjaan kita dirumah akan juga terganggu dan tidak selesai seperti biasanya.

Agar tagihan listrik tidak membengkak maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan supaya listrik bisa hemat dalam pemakaiannya.

Tips Menghemat Listrik

matikan ac

1.Gunakan listrik ketika dibutuhkan, jika tidak dibutuhkan dimatikan saja lebih baik.
2.Jangan memasukkan makanan panas dalam kulkas
3.Jika ada AC, atur suhu sesuai dengan kondisi ruangan
4.Mencuci pada mesin cuci sesuai kapasitas mensin cuci
5.Pakai tandon air jika menggunakan pompa air
6.Beli setrika pengatur panas otomatis
7.Menyalakan TV jika anda ingin menonton saja
8.Memasak nasi dirice cooker dengan air panas
9.Memanfaatkan cahaya matahari sebagai penerangan disiang hari
10.Pasang lampu LED hemat energi dirumah anda

Tips diatas awalnya memang agak sulit dalam mengaplikasikannya, tetapi semakin lama jika kita sudah terbiasa akan lebih mudah dan tidak memberatkan. Supaya tips diatas lebih ringan kita lakukan , dirumah kita harus bisa berbagi tugas dengan penghuni rumah dalam mengaplikasikannya, maka semua itu akan terasa ringan.

Cara Menghemat Listrik

cabut charger

1.Mencabut charger pada stopkontak listrik jika sudah tidak digunakan, karena kondisi belum tercabut tidak digunakan charger masih mengkonsumsi listrik.
2.Jika peralatan elektronik sedang tidak digunakan, sebaiknya dicopot dari sumber listrik, karena dalam kondisi stanby peralatan masih juga mengkonsumsi listrik.
3.Jangan memasang steker bertumpuk agar terhindar dari konsleting
4.Jika tips dan cara diatas belum mampu mengontrol penggunaan listrik dirumah anda, maka kami sarankan beralih pada sistem listrik prabayar

Cara diatas juga membutuhkan kebiasaan dalam pelaksanaanya, kebiasaan inilah penghematan listrik dirumah kita bisa terwujud.

Demikianlah tips dan cara menghemat listrik yang telah kami berikan, semoga tips dan cara tersebut bisa merubah perilaku kita dalam menggunakan listrik, yang dulunya sangat boros dalam pemakaian, sekarang bisa mengendalikan pemakaian dengan cerdas. Sebagaimana pesan dari PLN, bahwa pelanggan listrik disarankan supaya berhemat dalam pemakaian listrik dirumahnya. Dengan berhemat tersebut pelanggan akan mendapatkan beberapa keuntungan, salah satunya tagihan yang tidak membengkak tiap bulannya. Maka sebagaimana motto dari PLN yaitu menggunakan listrik dengan pintar.

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *