Home >> Tips dan Trik >> Tips Cerdas Mengatur Pembukuan Konter Pulsa

Tips Cerdas Mengatur Pembukuan Konter Pulsa

Pencatatan pemasukan dan pengeluaran dalam setiap usaha itu sebuah keharusan yang sangat penting sekali. Sebagai tolok ukur dari usaha tersebut berjalan apa tidak. Selain itu bisa juga jadi bahan evaluasi kekurangan dari usaha yang sudah berjalan sehingga kedepan bisa melakukan perbaikan dari kekurangan yang ada untuk mencapai target yang kita inginkan.

pembukuan konter pulsa

Banyak sebuah usaha yang mengalami kebangkrutan gara-gara tidak menggunakan pembukuan dengan baik dan benar, sehingga tidak bisa mengukur usaha tersebut berhasil apa tidak, hanya pakai pembukuan kira -kira. Akhirnya yang terjadi justru pailit dan mengalami kebangkrutan. Dalam usaha konter pulsa pun juga demikian, jika kita tidak pandai mengatur pembukuan, jangan berharap untung yang kita dapatkan , justru kerugian dan kebangkrutan yang akan kita dapatkan.

Ada beberapa tips supaya pembukuan usaha konter pulsa berjalan dengan baik :

1.Pisahkan antara uang usaha dan uang pribadi

pisahkan uang usaha dengan uang pribadi

Uang usaha atau modal dalam usaha konter pulsa sebaiknya dibagi menjadi dua, modal pertama digunakan untuk melakukan deposit awal dan yang modal kedua digunakan untuk deposit yang berikutnya. Sehingga kita tidak akan kehabisan saldo gara-gara hanya menunggu saldo deposit pertama habis kemudian deposit lagi, kalau seperti ini justru nanti tidak bisa memberikan pelayanan pada konsumen dengan baik dan cepat. Tetapi jika kita memiliki saldo yang selalu standby ada dan banyak maka kapanpun ada konsumen yang mau melakukan pembelian , kita bisa melakukan transaksi dengan cepat.
Dan jangan sampai uang pribadi atau uang usaha bercampur jadi satu, jika memerlukan uang untuk kebutuhan sehari -hari jangan sampai mengambil uang usaha dulu sebelum ada penghitungan untung atau rugi, langkah seperti ini akan menyelamatkan usaha kita.

2.Buat laporan keuangan yang rapi tiap bulannya

laporan keuangan

Mulai dari laporan modal yang kita gunakan, kemudian operasional usaha, piutang jika ada dan lain-lainnya laporan harus rapi dan baik. Kemudian laporan tentang jumlah transaksi /pembelian dalam setiap bulannya jika kita buat rapi dan baik akan menjadi bahan evaluasi dari target-target yang belum tercapai. Kita juga bisa mengacu pada webrepot server pulsa mitra kerja kita dalam membuat laporan, karena server pulsa biasanya sudah memfasilitasi laporan mutasi dan transaksi bagi anggotanya.

3.Hindari hutang usaha

hindari hutang

Jika kita menginginkan usaha kita cepat besar jangan memakai cara berhutang, lakukan secara alamiah saja, sisihkan laba setiap bulannya untuk menambah modal usaha konter pulsa kita. Kalaupun harus berhutang, ukurlah kemampuan kita dalam melunasi hutang tersebut, jangan sampai melebihi kemampuan kita dalam melunasi hutang tersebut. JIka hutang melampaui kemampuan kita dalam melunasi, ini justru akan menjadi penghambat usaha konter pulsa kita.

4.Selalu kontrol arus kas usaha konter pulsa

kontrol arus kas

Rutin mengontrol arus kas, kita bisa mengevaluasi usaha konter pulsa kita lancar apa tidak, jika ada permasalahan ketika mengontrol arus kas, segeralah carikan solusi yang tepat buat permasalahan yang terjadi,supaya keuangan usaha kita tetap stabil dan terus mengalami perkembangan. Ciri -ciri arus kas yang baik adalah , ketika transaksi yang terjadi selalu mengalami kenaikan dan jarangnya kita melakukan pengeluaran keuangan.

Dari beberapa tips diatas kita bisa aplikasikan pada usaha konter pulsa kita jika kita menginginkan usaha kita terus berkembang dan stabil. Kadang masih banyak dari pengusaha konter pulsa meremehkan hal -hal ini karena banyak faktor , yang salah satu faktornya adalah malas dan ribet. jika sudah seperti ini maka kita tunggu saja kebangkrutannya .

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *