Home >> Tips dan Trik >> Tips Agen Pulsa Cerdas Dalam Pembukuan

Tips Agen Pulsa Cerdas Dalam Pembukuan

Dalam sebuah usaha ada komponen yang harus dimiliki  dan di kelola dengan baik supaya perjalanan usaha bisa baik dan mencapai kesuksesan.Salah satu komponen itu adalah pembukuan, karena ketika sebuah usaha menerapkan pembukuan yang baik dan teratur maka usaha tersebut akan selamat dari sebuah permasalahan keuangan bahkan selamat dari kebangkrutan. Ada sebuah usaha dari sisitem pemasaran bagus dan dari sisi lainnya juga bagus , tetapi memiliki pembukuan yang jelek maka usaha tersebut akan mengalami permasalahan serius tentang keuangan bahkan akan bisa terjadi kebangkrutan. Begitu pula jika kita membuka usaha agen pulsa maka kita harus menerapkan pembukuan yang baik dan teratur supaya usaha agen pulsa kita tidak terjadi permasalahan keuangan dan usaha kita bisa mencapai kesuksesan.

tips pembukuan

Ada beberapa tips pembukuan yang bisa menjadi panduan bagi kita yang memiliki usaha agen pulsa :

1.Memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha

pisahkan uang

Bagi pemula pembukuan kadang hal yang sering diabaikan, karena merasa usahanya masih kecil dan tak perlu sebuah pembukuan, padahal pembukuan adalah faktor penting dalam dunia usaha baik masih kecil ataupun besar. Dengan memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha harus dilakukan , supaya kita bisa menghitung transaksi dan keuntungan kita, serta bisa menganalisa dan membuat rencana-rencana yang bisa meningkatkan transaksi.

2.Ada modal pokok dan modal talangan

modal pokok dan talangan

Modal talangan ataupun cadangan wajib kita untuk menyiapkan, suatu ketika jika saldo kita tinggal sedikit dan pembeli mulai antri banyak , maka segeralah kita untuk melakukan deposit lagi supaya bisa memberikan kepuasan kepada pelanggan dan tidak membuat pelanggan kecewa.

3.Pembukuan untuk transaksi

pembukuan transaksi

Pencatatan perlu dilakukan ketika kita melakukan transaksi pengisian saldo, yaitu besaran dan tanggal bulan tahun transaksi yang kita lakukan. Begitu juga transaksi pembelian pulsa, kita wajib mencatatnya sendiri-sendiri atau dengan cara terpisah. Pencatatan tersebut untuk melihat keluar masuknya keuangan kita sehingga kita tahu keuntungan kita.

4.Lakukan transaksi tunai

transaksi tunai

Jangan sampai kita menghutangkan pulsa keorang lain, kasus seperti ini akan membuat keuangan menjadi ribet dan kacau, apalagi kalau saldo mau habis dan kita perlu deposit lagi jika tidak ada uang tunai maka jualan kita akan terhambat karena masalah piutang yang banyak. Maka sebaiknya menerapkan transaksi tunai karena akan mudah dan rapi untuk pembukuan.

5.Minimalkan pengeluaran

minimal pengeluaran

Ada 2 jenis pengeluaran, antara lain pengeluaran tetap dan pengeluaran tidak tetap. Pengeluaran tetap adalah pengeluaran yang harus dibayarkan setiap bulannya seperti listrik dan lain-lainya. Dan pengeluaran tidak tetap inilah yang harus kita hemat untuk menambahkan modal usaha kita agar lebih besar lagi.

6.Mengawasi proses arus kas

laporan

Dengan mengawasi dan mengkontrol arus kas, jika kita menemukan permasalahan , harus segera kita perbaiki,karena kesalahan kalau terus dibiarkan maka akan bisa menimbulkan kebangkrutan.

7.Rekapitulasi pembukuan

rekapitulasi

Merekap semua transaksi yang kita lakukan dalam 1 bulan ataupun 1 minggu sekali memang pekerjaan yang membosankan, tetapi dengan merekap transaksi yang sudah dilakukan maka anda akan mengetahui usaha anda berjalan dengan baik apa belum. Jika belum anda akan membuat rencana-rencana kedepan untuk meningkatkan transaksi usaha anda.

Demikian ada beberapa tips dalam pembukuan sebuah agen pulsa yang bisa anda terapkan dalam agen pulsa anda, supaya apa yang anda lakukan ada tolok ukurnya dan ada rencana untuk mencapai kesuksesan kedepannya. Akhir kata dengan menerapkan pembukuan yang rapi dan baik , anda akan bisa mencapai kesuksesan usaha anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *