Home >> Tips dan Trik >> Tips Agar Data Internet Hemat pada Android

Tips Agar Data Internet Hemat pada Android

Menggunakan smartphone berupa android dan ios sudah merupakan kebutuhan dan gaya hidup manusia sekarang. Selain sebagai alat komunikasi berupa panggilan suara dan sms, android bisa digunakan bersosial media dengan banyak teman dan bisa menjadi alat marketing sebuah produk serta masih banyak lagi manfaat lainnya yang ada dalam teknologi android tersebut. Namun penggunaan aktivitas diatas bisa dilakukan ketika android tersebut memiliki koneksi internet berupa wifi dan data internet. Jadi data internet menjadi sebuah energi bagi android supaya terkoneksi dengan internet. Sayangnya data internet yang biasa kita gunakan serasa cepat habis sehingga harus membeli lagi untuk mengisi ulang kuota data internet. Boros dalam penggunaan data internet memang ada beberapa faktor peneyebabnya. Dari beberapa faktor penyebab tersebut ada beberapa tips yang bisa memecahkan masalah tersebut supaya data internet hemat.

1.Matikan aplikasi Maps

app maps

Mengaktifkan aplikasi Maps sangat menguras data internet, apalagi untuk built in navigation, melihat traffic, melihat Maps, dengan mode satelite dan real time. Sebaiknya di matikan saja setingannya, dan diaktifkan ketika membutuhkan untuk digunakan mencari lokasi yang akan dituju.

2.Gunakan browser ramah data internet

browser hemat

Ada banyak browser yang bisa menjadi pilihan untuk menjadi mesin pencari pada internet. Namun ada sebagian yang ramah data internet dan ada yang boros data internet. Jika untuk menjadi mesin pencari sebaiknya gunakan yang ramah data internet seperti opera mini dan google chrome. Pada mesin pencari tersebut mampu mengompres data yang besar menjadi kecil sehingga data internet menjadi hemat.

3.Matikan sinkronisasi yang tidak perlu

sinkronisasi dimatikan

Sinkronisasi banyak menyedot data internet karena aplikasi yang tersinkron selalu on progres dan selalu update, jadi sinkronisasi sebenarnya ini membuka aplikasi semua yang tersinkronisasi akibatnya data semakin banyak terpakai dan cepat habis. Nyalakan sinkronisasi pada aplikasi yang diperlukan saja supaya data internet lebih hemat.

4.Matikan update otomatis

update otomatis

Setelan update otomatis yang selalu aktif akan banyak menyedot data internet, karena sewaktu-waktu aplikasi terjadi update otomatis. Pada update ini banyak menguras data internet, karena update aplikasi tidak satu aplikasi yang terupdate tetapi ada beberapa aplikasi yang terupdate. Jadi solusinya adalah dengan mematikan setelan update otomatis menjadi update otomatis jika pada wifi saja.

5.Matikan data internet jika menjelang tidur

data internet

Data internet yang menyala 24 jam penuh menjadi salah satu penyebab borosnya data internet. Jadi untuk menghemat sebaiknya data internet dimatikan ketika menjelang tidur atau ketika sedang melakukan pekerjaan. Dengan mematikan data internet tersebut maka bisa menghemat data internet agar tidak cepat habis.

6.Gunakan data internet pada sinyal yang baik

sinyal kuat

Sinyal operator yang buruk salah satu juga penyebab data internet boros, karena loading yang lama akan membuat boros data internet. Solusinya pilih provider yang memiliki sinyal kuat diwilayah yang kita tinggal, ada 3G, 4G maka data internet akan lebih hemat. Sinyal buruk selain cepat menghabiskan data internet juga cepat menghabiskan battery karena loading yang lama.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *