Home >> Wisata >> 5 Tempat Wisata Kelas Dunia Di NTT

5 Tempat Wisata Kelas Dunia Di NTT

Tempat wisata kelas dunia di NTT ada banyak yang bisa direkomendasikan untuk dikunjungi. Terutama wisata pantai atau bahari yang memiliki pesona alam yang sangat indah. Ada juga wisata pegunungan yang tidak kalah menarik dari wisarta pantainya. Di provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki wilayah dengan 3 pulau utama dan sekitar 500 an pulau kecil lainnya. Ketiga pulau utama di NTT itu diantaranya Sumba, Timor Barat dan Flores.

Berkunjung ke NTT tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam saja, tetapi para pengunjung bisa melihat adat istiadat masyarakat NTT yang masih terjaga dengan baik. Nah, keindahan alam dan kebudayaan setempat menjadi salah satu tempat wisata kelas dunia yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara.

Pantai Nemberala

sumber : https://www.pegipegi.com/

Berlibur untuk mendapatkan pemandangan yang sangat indah tentunya terlebih dahulu melihat waktu yang tepat untuk berkunjung pada tempat wisata tersebut. Karena musim dan cuaca sangat menentukan juga keindahan dan keamanan saat berlibur ketempat wisata alam. Seperti halnya tempat wisata kelas dunia di NTT yaitu Pantai Nemberela. Di pantai ini waktu yang tepat untuk dikunjungi sekitar bulan April hingga pertengahan Oktober. Sehingga di bulan itu banyak wisatawan yang berkunjung ke sana, maka dari itu sebelum melakukan perjalanan sebaiknya memesan penginapan terlebih dahulu agar memudahkan rehat dan aktivitas di sana.

Pantai Nemberala selain memiliki pemandangan alam yang indah juga memiliki ombak yang bagus untuk melakukan selancar air. Sehingga di tempat wisata kelas dunia ini banyak didatangi oleh turis mancanegara. Pantai Kuta kedua di Pulau Rote ini memiliki pasir putih dengan paduan biru air laut yang tampak eksotis sehingga menjadi daya tarik banyak turis dunia. Di bulan Oktober di pantai ini ombaknya bisa mencapai ketinggian tujuh meter sehingga di bulan tersebut dan bulan sebelumnya langganan menjadi kompetisi dunia selancar air.

Anugerah Pesona Indonesia dalam kategori tempat berselancar terpopuler 2016 jatuh pada Pantai Nemberala. Bagi yang tidak suka berselancar para pengunjung bisa menikmati pemandangan alamnya yang luar biasa dan bisa melakukan aktivitas memancing dan berenang. Aneka jenis biota hidup di karang-karang tampak indah dilihat saat melakukan snorkeling. Keindahan di Pantai Nemberala juga bisa dilalui dengan mengunjungi pulau kecil disekitarnya dengan menyewa perahu nelayan. Di pulau-pulau kecil itu hidup masyarakat dengan budaya tradisional yang unik dan menarik. Kemudian para pengunjung juga bisa melihat bagaimana budidaya rumpu laut yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Pantai Kolbano

sumber : http://ttskab.go.id/

Pantai Kolbano berlokasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur ini juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa dan memiliki keunikan di pesisir pantainya. Tempat wisata kelas dunia di NTT ini selain pemandangan pantainya yang indah juga memiliki pemandangan bahari dalam lautnya yang sangat mempesona. Pantai Kolbano ini ternyata memiliki cerita rakyat yang masih dipercayai hingga saat ini. Menurut cerita rakyat nama kolbano memiliki arti burung yang memiliki suara seperti giring-giring pada saat itu telah memakan tanaman dari kebun kerajaan.

Uniknya Pantai Kolbano

Keunikan pantai tempat wisata kelas dunia di NTT ini ada pada pasir pantainya yang berbeda dengan pantai-pantai yang ada di dunia. Pasir pada umumnya halus, namun sebaliknya di Pantai Kolbano yang memiliki pasir yang kasar yang disebabkan oleh banyaknya bebatuan kecil. Bebatuan kecil yang tercampur dengan pasir ini justru menciptakan pemandangan yang eksotis sehingga mampu menghipnotis para pengunjung.

Keunikan berikutnya pantai tempat wisata kelas dunia ini memiliki bebtuan kecil dengan warna yang sangat beragam. Sehingga pemandangan bibir pantai ini menjadi spot menarik dalam pengambilan gambar. Bebatuan kecil ini juga cukup menarik menjadi mainan anak-anak saat beribur di pantai ini. Tidak cukup itu saja keunikan dari Pantai Kolbano, di pantai ini juga memiliki spot yang luar biasa saat peristiwa sunset sehingga banyak pengunjung menanti dan mengabadikannya dengan kamera yang mereka bawa.

Jika sunrise yang indah biasa ditemui di pegunungan, namun sunrise yang menakjubkan juga bisa ditemui di pantai ini. Keindahan sunrise dan sunset sama-sama menakjubkan di pantai ini. Keunikannya lagi di pantai ini ada sebuah batu besar yang mirip bentuk kepala manusia sehingga sangat instagramable untuk dijadikan spot pengambilan gambar.

Pulau Kanawa

sumber : https://www.tourfloreskomodo.com/

Pulau Kanawa ini merupakan tempat wisata kelas dunia di NTT. Lokasinya berada dekat dengan Taman Nasional Komodo yaitu berada disebuah pulau kecil yang sekelilingnya ditumbuhi dengan terumbu karang yang sangat indah. Airnya yang jernih membuat ikan dan biota airnya tampak dari atas permukaan air.

Pulau Kanawa juga berdekatan dengan Labuan Bajo yang jaraknya sekitar 15 kilometer saja. Para pengunjung bisa mengakses kedua tempat Labuan Bajo dengan Pulau Kanawa cukup dengan menggunakan kapal motor nelayan saja. Jika ingin cepat sampai pada tujuan dari Labuan Bajo ke Pulau Kanawa bisa menggunakan kapal cepat dengan durasi 10 menit saja.

Di Pulau Kanawa juga terdapat lokasi yang masih alami di sana tinggal flora fauna asli dari pulau ini. Lokasi alami ini berada di bagian utara pulau. Dan para wisatawan bisa menikmati untuk berlibur dengan menyewa resort atau bisa menyewa sendiri tenda yang telah disediakan di sana. Karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Kanawa baik bersantai, olahraga, tracking, menyelam, dll. Maka perlu sekali tau apa saja aktivitas yang harus dilakukan disana.

Aktivitas Menarik di Pulau Kanawa

Menyelam

Air yang jernih dan ombaknya tenang menjadi tempat yang tepat dan cukup menarik untuk aktivitas menyelam. Di tambah lagi pemandangan bawah lautnya yang sangat indah, para penyelam tidak hanya sekedar menyelam saja, mereka juga ingin mengabadikan pemandangan di bawah lautnya dengan melakukan aktivitas fotografi. Biota laut dengan berbagai macam spesies menambah keindahan dalam pengambilan gambar.

Bersantai

Aktivitas kerja dengan target-target yang tinggi membuat banyak orang merasa penat. Dan liburan menjadi salah satu cara yang tepat menurut banyak orang untuk menghilangkan kepenatan tersebut. Dan liburan di Pulau Kanawa ini bisa menjadi salah satu solusi karena di sana bisa melakukan relaksasi dan bersantai.

Di tempat wisata kelas dunia ini sepi dari keramaian sehingga kesibukan dan kepenatan yang setiap hari ada di kota bisa terlupakan sementara. Bersantai dengan menikmati pemandangan yang menakjubkan di pulau ini membuat nyaman diri. Angin pantai yang berhembus dan kehangatan sinar matahari menambah syahdu suasana santai.

Menikmati Sunrise Dan Sunset

Sunrise dan Sunset menjadi buruan para wisatawan baik tempatnya di gunung ataupun di pantai. Nah, di pantai ini memiliki spot yang indah untuk menikmati sunrise dan sunset. Sehingga berlibur di tempat wisata kelas dunia ini akan mendapat kesempatan yang baik dalam menikmati keindahan pemandangan sunrise dan sunset. Tidak sekedar menikmati keindahan sunset saja, di tempat wisata ini setelahnya sudah disediakan musik yang membuat suasana gelap semakin asyik.

Tinggal Di Bale-Bale

Bale-bale merupakan tempat kecil seperti gazebo yang terbuat dari bambu dan kayu. Modelnya terbuka cukup diberi tirai saja sehingga beristirahat bisa tetap terlihat pemandangan laut dari Pulau Kanawa. Menarknya di bale-bale ini sudah disediakan toilet dan tidak perlu kuatir privasi saat tinggal di bale-bale ini.

Hiking

Hiking dilakukan dengan menaiki bukit yang tidak terlalu tinggi dan menariknya di bukit ini terdapat banyak jenis burung-burung yang cantik yang bisa dijadikan obyek untuk pengambilan gambar. Uniknya lagi di bukit ini tidak ada pohon tinggi, namun yang ada adalah rerumputan setinggi 15 cm. Di atas bukit ini para pengunjung bisa melihat pemandangan Pulau Kanawa dari atas.

Pantai Pink

sumber : https://phinemo.com/

Pantai Pink berlokasi di Lombok Timur. Tempat wisata kelas dunia ini memiliki keunikan tersendiri sehingga namanya Pantai Pink. Keunikannya bisa dilihat secara kasat mata warna pasir yang berwarna pink dan fenomena unik ini hanya ada sedikit di beberapa pantai di dunia. Selain warna pasirnya yang unik, pantai ini juga memiliki alam yang indah, mulai dari perbukitannya, tebing, dan alam sekitar pantai ini. Nah yang masih belum tau aktivitas di pantai ini selengkapnya bisa di cek di bawah ini.

Aktivitas Menarik Di Pantai Pink

Eksplorasi Jalur Laut

Menuju Pantai Pink melalu jalur laut juga sangat menarik karena pemandangan perairan dengan tampak pemandangan pulau-pulau dan perbukitan yang indah. Jalur laut menuju pantai ini bisa menggunkan speedboat atau kapal motor dengan durasi 30 menit hingga 1 jam dari pelabuhan Tanjung Luar.

Fenomena Pasir Pink

Pantai Pink ini menjadi salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir merah muda. Warna pink pasir ini merupakan fenomena alam yang terbentuk secara alami. Warna pink ini kontras dengan warna air laut sehingga sangat jelas warnanya saat di musim kemarau yang disebabkan sinar matahari.

Berjemur Dan Berenang

Liburan di pantai bagi wisatawan asing merupakan kesempatan mereka untuk melakukan aktivitas berjemur dan berenang. Berjemur sambil menikmati keindahan pantai kemudian berenang adalah aktivitas yang menarik bagi turis mancanegara apalagi itu dilakukan di pantai yang sangat indah. Ombak pantai yang tenang dan para wisatawan yang tidak padat membuat suasana berlibur di pantai ini seperti berada di pulau pribadi.

Panorama Ketinggian Bukit

Pantai yang dikelilingi oleh perbukitan yang tinggi menambah keindahan alam disekitar pantai pink. Bannyak fasilitas yang disediakan untuk pengunjung salah satunya gazebo pada padang rumput diperbukitan sekitar pantai. Sehingga di sana bisa melihat panorama keindahan pantai dari atas. Namun untuk menuju atas bukit para pengunjung harus menaiki bukit. Dari atas bukit juga terlihat pemandangan indah Gunung Rinjani yang menjulang tinggi di sisi utara.

Snorkeling Dan Diving

Aktivitas paling populer di pantai ini adalah Snorkeling. Kejernihan air lautnya dan keindahan bawah lautnya menjadi daya tarik para pengunjung melakukan aktivitas Snorkeling. Tidak hanya Snorkeling, diving atau menyelam juga menjadi aktivitas yang menyenangkan. Peralatan diving dan snorkeling banyak disewakan di area pantai, sehingga pengunjung tidak perlu membawa peralatan sendiri, cukup menyewa saja.

Menyusuri Bibir Pantai

Pasir yang berwarna pink ini menjadi daya tarik dan membuat penasaran para pengunjung untuk menyusuri bibir pantainya. Sebutan pantai pink ini juga dijuluki Pantai Perawan karena tempatnya sangat jauh dari keramaian. Ombak pantai yang tenang membuat para pengunjung ingin berlama-lama di bibir pantai untuk menyusuri pasir merah mudanya.

Wisata Kuliner

Setiap tempat wisata memiliki jajanan yang khas yang perlu dicoba. Nah di kawasan pantai ini juga ada tempat khusus untuk berjualan beraneka ragam makanan dan minuman. Sambil menikmati lezatnya makanan dan segarnya minuman para wisatawan bisa dengan mudah menikmati pemandangan pantai pink dengan tiupan angin yang membuat nyaman suasana.

Danau Kelimutu

sumber : https://labuanbajotour.com/

Danau kalimutu masuk dalam wisata pegunungan karena letaknya berada di dekat Gunung Kalimutu. Pada tempat wisata kelas dunia ini banyak didatangi oleh turis baik domestik maupun mancanegara disebabkan oleh beberapa daya tarik danau ini.

Daya Tarik Menakjubkan Danau Kelimutu

Tebing Curam Dan Monyet Penjaga

Pemandangan indah yang bisa dinikmati salah satunya adalah keberadaan tebing yang curam. Menariknya lagi pada tebing curam tersebut ada banyak kawanan monyet sebagai penunggu tebing tebing curam tersebut. Mereka tinggal di ranting-ranting pohon yang berada pada tebing tebing. Namun, bagi pengunjung harus berhati-hati untuk menjaga keselamatan diri dari curamnya tebing Danau Kelimutu.

Danau Tiwu Ata Polo dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai

Ternyata di tempat wisata kelas dunia ini memiliki dua danau yang indah selan Danau Kelimutu. Kedua danau itu adalah Danau Tiwu Ata Polo dan Tiwu Nuwa Muri Koo Fai. Danau tersebut akan terlihat setelah menaiki 15 anak tangga. Danau Tiwu Ata Polo memiliki warna air yang hitam pekat, sedangkan danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai airnya berwarna hijau tosca. Kedua danau tersebut dipisahkan oleh tebing yang berbentuk cekungan yang berbatu.

Pusat Berkumpulnya Arwah

Danau Tiga Warna memiliki mitos tempat berkumpulnya arwah sehingga dinamai Tiwu Ata Mbupu. Danau yang berwarna hijau tosca memiliki air yang jernih. dan disini dipercaya tempat berkumpulnya para arwah orang tua yang sudah meninggal.

Tugu Puncak Kelimutu

Perjalanan menuju puncak Danau Kelimutu memerlukan tenaga yang fit karena perjalanan panjang tersebut cukup melelahkan. Kadar oksigen pada ketinggian yang semakin menipis dan jalur yang curam membuat pengunjung lelah dan letih. Namun, lelah dan letih bisa dipulihkan kembali dengan istirahat di tugu puncak Kelimutu. Pengunjung selain beristirahat sejenak mereka juga bisa menikmati keindahan suasana sekitar tugu puncak Kelimutu. Biasanya para pengunjung melakukan aktivitas fotografi dan menikmati seduhan kopi hangat.

Mitos Warna Danau

Danau Kelimutu juga populer dengan sebutan Danau Tiga Warna. Warna yang berbeda-beda dari ketiga danau tersebut dapat berubah setiap saat. Perubahan warna ini menurut ahli disebabkan oleh komposisi material yang terdapat di dasar danau. Namun, ada juga yang menghubungkan perubahan warna danau dengan suasana politik di tanah air. Mitos yang berkembang jika warna danau berubah menajdi biru maka kondisi negara sedang damai. Sedangkan jika warna danau berubah menjadimerah maka suasana politik sedang memanas.

Festival Unik

Festival unik ini diadakan di danau Kelimutu setiap tanggal 14 Agustus. Kepercayaan masyarakat setempat bahwa festival ini sebagai sarana memberi makanan kepada leluhur yang sudah meninggal.

Demikian beberapa tempat wisata kelas dunia di NTT yang bisa menjadi rekomendasi untuk berwisata saat liburan. Ternyata Negara Indonesia yang luas ini sangat kaya dengan sumber daya alamnya dan menjadi daya tarik untuk mengeksplore keindahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.