Home >> Teknologi >> Teknologi Modern 2021

Teknologi Modern 2021

Teknologi Modern 2021 sangat berperan sekali dalam perubahan tata kehidupan manusia sehingga banyak terjadi efektivitas dan efesiensi dalam segala bidang kehidupan. Namun dengan adanya efektivitas dan efesiensi ini, tidak serta merta teknologi modern 2021 tidak memiliki dampak negatif. Tetapi kali ini yang kita bahas adalah lebih pada pemanfaatan penemuan teknologi modern 2021.

Apa saja penemuan teknologi modern 2021 yang saat ini menjadi trend yang menjadi salah satu perubahan tata kehidupan manusia di dunia ini ? Selengkapnya kita bahas di bawah ini.

Edge Computing

teknologi modern 2021

sumber : https://lokadata.id/

Edge computing merupakan sebuah sistem komputasi yang berkaitan dengan internet of things (IoT). Pengertian mudahnya adalah sebuah sistem yang memungkinkan pemrosesan data dilakukan di tepi dengan tujuan untuk mengurangi rute pengolahan data dari lokal ke sistem cloud.

Edge computing saat ini sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan besar yang sudah mendominasi pasar, perusahaan itu diantaranya adalah Amazon Web Services, Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform. Jumlah organisasi data yang semakin terus meningkat, maka komputasi awan sudah tidak bisa mengatasi permasalahan ini kedepannya. Sehingga teknologi edge computing dirancang sebagai sistem baru yang dapat memecahkan beberapa permasalahan tersebut.

Edge computing memiliki keunggulan mampu menjadi pusat data mini yang dapat memproses data yang sensitif terhadap waktu pada lokasi terpencil dengan konektivitas terbatas atau tanpa konektivitas ke lokasi terpusat. Teknologi edge computing ini terus meningkat seiring dengan peningkatan penggunaan perangkat Internet of Things (IoT).

Artificial Intelligence

sumber : https://www.tribunnews.com/

Artificial Intelligence atau yang biasa disebut Machine Learning merupakan salah satu teknologi modern 2021 yang menjadi trend saat ini. Penemuan teknologi ini sangat berpengaruh pada perubahan dalam kehidupan manusia, seperti halnya perubahan dalam cara bekerja. Kelebihan dari teknologi Artificial Intelligence salah satunya adalah dalam mengenal gambar dan ucapan sehingga munculah aplikasi navigasi, asisten pribadi pada smartphone, dll.

Artificial Intelligence juga banyak digunakan di berbgai bidang salah satunya di rumah sakit sebagai analisis interaksi supaya mampu menentukan koneksi dan wawasan guna memprediksi permintaan layanan. Sehingga Artificial Intelligence ini membantu dalam memutuskan beberapa hal tentang permasalahan yang dihadapi. Teknologi ini akan semakin berkembang kedepannya sehingga teknologi modern 2021 ini menjadi salah satu teknologi yang banyak digunakan saat ini.

Komputasi Kuantum

Komputasi kuantum juga merupakan teknologi modern 2021 yang banyak digunakan saat ini. Teknologi komputasi kuantum merupakan teknologi yang memanfaatkan fenomena kuantum, contohnya superposisi dan keterikatan kuantum. Kelebihan atau pemanfaatan teknologi modern 2021 ini adalah berguna untuk mencegah penyebaran virus corona. Tidak hanya mencegah penyebaran virus corona saja, tetapi teknologi ini juga bisa untuk mengembangkan vaksin corona yang potensial.

Kelebihan teknologi ini mampu menanyakan, memantau, menganalisis, dan menindaklanjuti data dengan mudah. Di bidang keuangan atau perbankan teknologi ini juga mampu mengelola risiko kredit pada perdagangan frekuensi tinggi dan mampu mendeteksi penipuan.

Otomatisasi Proses Robotik

sumber : https://www.majorel.com/

Teknologi modern 2021 dengan sistem otomatisasi pekerjaan salah satunya adalah Robotic Process Automation (RPA). Robotic Process Automation ini hampir mirip dengan teknologi Artificial Intelligence atau Machine Learning. Robotic Process Automation ini mengandalkan perangkat lunak dalam menciptakan otomatisasi pekerjaan. RPA dalam dunia bisnis contohnya adalah untuk menafsirkan aplikasi, menangani data, memproses transaksi, bahakan bisa membalas email secara otomatis.

Di sisi lain bisa memberikan efektivitas dan efesiensi dalam pekerjaan, namun di sisi lain Robotic Process Automation memiliki dampak negatif yaitu mengancam mata pencaharian jutaan pekerja. Sehingga dengan penemuan teknologi modern ini manusia harus mampu beradaptasi dengan cepat supaya tidak tertinggal. Dan bagi profesional ahli teknologi informasi hal ini justru menjadi peluang besar dalam peluang karier, diantaranya menjadi pengembang, analis bisnis, manajer proyek, arsitek solusi, dan konsultan.

Realitas Virtual dan Realitas Tertambah

Teknologi modern 2021 berikutnya yang lagi tren adalah Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Extended Reality (ER). Teknologi ini banyak digunakan dalam permainan game, tetapi teknologi canggih ini juga dimanfaatkan untuk pelatihan VirtualShip, yaitu perangkat lunak yang berguna sebagai simulasi untuk melatih kapten Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan penjaga pantai.

Sekarang ini kita memerlukan penemuan teknologi modern ini bisa terintegrasi dengan kehidupan nyata kita. Untuk bisa direalisasikan biasanya juga membutuhkan teknologi canggih lainnya. Teknologi mutakhir ini selain untuk pelatihan juga bisa digunakan dalam bidang pendidikan, pemasaran, hiburan, bahkan dalam bidang kesehatan. Di dalam dunia kesehatan, teknologi ini juga bisa digunakan untuk melatih dokter dalam simulasi operasi. Kemudian di dunia pendididkan teknologi ini digunakan untuk menawarkan pengalaman yang lebih dalam kepada pengunjung museum.

Di dunia hiburan teknologi canggih ini juga digunakan sebagai memperindah taman hiburan, dan di dunia bisnis teknologi ini digunakan untuk meningkatkan pemasaran.

Teknologi 5G

sumber : https://www.smartcityindo.com/

Teknologi 5G juga menjadi salah satu teknologi modern di 2021. Di beberapa maju teknologi ini sudah dilakukan, namun di Indonesia teknologi belum sepenuhnya dilakukan karena daya dukung teknologi ini belum disiapkan sepenuhnya. Jika teknologi 3G dan 4G memberikan kita kemudahan untuk menjelajahi internet dengan basis layanan data, sehingga meningkatkan bandwidth yang berguna untuk melakukan streaming di Spotify atau YouTube.

Dengan teknologi 5G diharapkan layanan yang didapatkan bisa merevolusi kehidupan kita menjadi lebih sangat mudah di berbagai bidang. Namun teknologi ini juga memerlukan integrasi dengan teknologi canggih lainnya seperti AR dan VR, game berbasis cloud seperti Google Stadia, NVidia GeForce Now, dan masih banyak lagi. Teknologi 5G juga bisa diterapkan pada teknologi lalu lintas agar meningkatkan keselamatan di jalan. Kemudian diaplikasikan di pabrik-pabrik , dan diaplikasikan di tempat-tempat penting lainnya.

Perusahaan besar telekomunikasi dunia seperti Verizon, Tmobile, Apple, Nokia Corp, QualComm, sekarang berupaya untuk membuat aplikasi 5G. Prediksi untuk peluncuran layanan 5G ini adalah tahin 2021 dengan menyediakan 50 layanan operator di sekitar 30 negara.

Keamanan Siber

Teknologi keamanan siber merupakan teknologi yang sudah ada sejak dulu, tetapi dari tahun ketahun teknologi ini terus mengalami perkembangan. Para peretas yang mencoba mengakses data secara ilegal sejak dulu sudah biasa dilakukan. Apalagi saat terjadi peperangan, data merupakan informasi yang sangat penting supaya mendapatkan kemenangan dalam peperangan. Sehingga teknologi keamanan siber terus mengalami perkembangan.

Teknologi keamanan siber ini tidak hanya berguna untuk sebuah negara saja tetapi sangat penting dalam sebuah perusahaan besar. Dengan teknologi keamanan siber maka data atau informasi penting akan menjadi aman dari ulah para peretas jahat. Hingga saat ini perkembangan teknologi keamanan siber tumbuh lebih cepat tiga kali lipat daripada perkembangan teknologi lainnya.

Nah, beberapa teknologi modern di atas realitasnya saat ini sangat membantu banyak pekerjaan manusia sehingga komunikasi dan mobilitas antar negara dapat dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Semoga informasi tentang teknologi di atas membantu kita menambah wawasan supaya tidak tertinggal perkembangan zaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.