Home >> Teknologi >> Teknologi Drone

Teknologi Drone

Teknologi Drone menjadi salah satu teknologi mutakhir di abad ini. Perkembangan teknologi yang semakin cepat merupakan salah satu motivasi untuk membantu pekerjaan manusia menjadi semakin mudah. Sehingga terciptalah drone sebagai alat modern yang mampu membantu pekerjaan manusia menjadi sangat mudah. Awalnya teknologi ini dikembangkan sebagai alat untuk keperluan militer. Karena drone ini merupakan mini pesawat dengan peralatan kamera didalamnya yang dikendalikan dengan remote sehingga mempermudah untuk mengintai jika dalam militer.

Namun, seiring perkembangnya, drone ini memiliki fungsi yang cukup luas dalam berbagai bidang. Di bidang jurnalistik drone digunakan dalam pengambilan video atau gambar. Kemudian di bidang vulkano, drone di manfaatkan untuk melihat atau untuk membawa alat pengukur suhu atau gas dalam mendekati kawah suatu gunung berapi, dan banyak lagi manfaat dibidang lainnya.

Mengenal Drone

sumber : https://www.foldertekno.com/

Drone sebenarnya adalah sebuah pesawat tanpa awak atau nirawak, sehingga didalamnya dipasang peralatan canggih seperti kamera dan lain-lainnya untuk berbagai keperluan seperti penelitian dalam pengambilan sampel, dan sebagainya. Teknologi Drone ini bermula pada tahun sekitar 50-an hingga 60-an yang berbentuk seperti pesawat mainan dengan dikendalikan dari jarak jauh atau menggunakan remote kontrol. Namun hari ini drone sudah bermetamorfosis menjadi teknologi yang mampu menandingi pesawat komersil dalam durasi penerbangannya yaitu 30 sampai 36 jam non stop kemampuan terbangnya.

Negara maju yang menggunakan teknologi drone sebagai alat militer adalah Amerika Serikat dan Israel. Drone ini digunakan sebagai alat pengintai dan mencari titik koordinat sebelum penyerangan agar tepat sasaran saat melakukan penyerangan. Kemudian di tahun 1960 hingga tahun 1970 banyak negara berupaya mengembangkan drone ini. Sehingga pengembangan drone ini menjadi sangat bermanfaat bagi setiap negara dalam melakukan berbagai macam pekerjaan. Mulai dari penelitian untuk menggantikan penerbangan yang beresiko.

Drone Di Indonesia

sumber : https://www.indomiliter.com/

Indonesia juga tidak terlambat menggunakan teknologi drone sebagai peralatan yang mampu membantu pekerjaan dalam berbagai hal. Drone di Indonesia fungsinya banyak digunakan sebagai alat yang membantu dalam mengambil gambar untuk pemetaan wilayah, kemudian juga digunakan dalam bidang perkebunan dan pertambangan.

Drone buatan Indonesia yang diproduksi oleh BPPT bernama Wulung dan ada dua lainnya. Drone Wulung ini sebagai prototipe dengan kemampuan terbang 6 jam dengan radius operasi 200 kilometer dari pusat kendali. Drone ini juga memiliki kecepatan 100 km per jam. Drone Wulung ini digunakan sebagai alat militer untuk mengawasi di wilayah perbatasan Indonesia. BPPT terus mengembangakan berbagai jenis drone dengan nama Sriti, Alap-alap, Pelatuk, dan Gagak.

Jenis-Jenis Drone

sumber : https://www.cnnindonesia.com/

Ada beberapa jenis drone yang perlu diketahui caranya dengan melihat desain dan tenaga yang digunakan untuk melakukan penerbangan. Berikut ini beberapa jenis drone berdasarkan desain dan sumber tenaga yang digunakan.

Rotary Wing Drone

Rotary Wing Drone merupakan jenis drone yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya dan baling baling sebagai alat untuk menerbangkannya. Rotary Wing Drone sendiri banyak macamnya diantarnya adalah Single Copter yang memiliki desain satu baling-baling sehingga drone ini masih belum memiliki kestabilan saat diterbangkan. Macam kedua dari jenis Rotary Wing Drone adalah Double Copter. Jenis yang kedua ini ada dua baling baling yang berada disisi depan dan belakang pesawat dan jenis kedua ini juga masih sedikit memiliki kestabilan.

Macam ketiga dari drone yang menggunakan baling-baling adalah Third Copter dengan desain yang seperti segitiga karena memiliki tiga baling-baling, dan drone ini sudah memiliki keseimbangan yang cukup stabil dibandingkan jenis yang pertama dan kedua. Quadcopter adalah drone dengan 4 baling baling dan jenis ini yang banyak digunakan karena kestabilannya sudah baik sehingga saat digunakan sebagai pengambilan gambar bisa stabil.

Melihat uraian diatas bisa disimpulkan bahwa semakin banyak baling-baling yang digunakan pada drone maka akan semakin stabil. Tetapi kestabilan ini juga ada kekurangannya yaitu tenaga yang digunakan semakin besar dan baterai semakin boros. Rotary Wing Drone ini pada umumnya digunakan sebagai alat pengambilan gambar atau video oleh kamerawan karena jenis drone ini hanya memiliki waktu terbang sekitar 20 hingga 30 menit. Selain itu kekuatan dan kecepatannya cukup terbatas sehingga tidak digunakan dalam dalam proyek yang besar.

Fixed Wing Drone

Berbeda dengan drone jenis di atas, Drone jenis Fixed Wing ini dalam menerbangkan menggunakan sayap dan tenaga yang digunakannya bisa dari baterai, tetapi banyak juga yang menggunakan bahan bakar. Keunggulan drone jenis ini adalah lebih mudah mengapung dan menghemat energi saat di udara. Selain itu jenis drone ini juga memiliki durasi terbang lebih lama daripada wing rotary drone.

Kelemahan jenis drone ini diantaranya biayanya cukup mahal dan memerlukan keahlian yang khusus agar bisa menerbangkannya. Untuk menerbangkannya juga memerlukan landasan pacu supaya bisa terbang ke udara dan mendaratkannya kembali. Selain itu diperlukan juga parasut untuk mendarat

Drone Hybrid VTOL

Drone Hybrid Vertical Take Off Landing adalah teknologi drone dengan desain sayap dan rotor sehingga jenis drone ini bisa melayang pada posisi tetap. Drone ini memiliki teknologi yang lebih canggih dengan fitur autopilot agar drone bisa stabil diudara dan drone ini bisa dikendalikan dari jarak jauh. Jenis drone inilah yang banyak digunakan dalam proyek besar pengambilan citra gambar,dan pengawasan perbatasan.

Jenis Drone Berdasarkan Fungsinya

sumber : https://economictimes.indiatimes.com/

Nah, jika sebelumnya membagi jenis drone berdasarkan sumber tenaga dan desain yang digunakan, kali ini kita akan membahas drone berdasarkan fungsi penggunaannya.

Photography Drone

Jenis Drone ini memang dibuat untuk pengambilan gambar atau foto. Jenis drone ini ukurannya sedang asal bisa mengangkut kamera digital. Kemudian drone ini didesain dengan menggunakan alat kontrol saat pengambilan gambarnya. Tidak hanya itu, drone ini juga dilengkapi dengan wifi sehingga memudahkan fotografer dalam pengambilan gambar yang bagus.

Delivery Drone

Jika kita mengenal dengan kurir maka drone jenis ini semacam itu, yaitu bisa mengangkut barang sampai tujuan yang sudah ditetapkan melalui udara, Kemampuan drone ini dalam mengangkut barang bawaan sampai pada berat 13 kg dalam sati perjalanan angkut.

Racing Drone

Jenis drone ini dirancang memiliki kecepatan yang tinggi yaitu bisa melaju mencapai 80 km per jam. Kemudian drone ini dirancang dalam bentu slim untuk memperkecil gesekan angin di udara yang cukup besar.

Endurance Drone

Drone jenis ini mampu terbang ribuan meter dari permukaan tanah kemudian juga mampu tebang dalam durasi berjam-jam. Jenis drone ini biasanya digunkan sebagai alat militer dan lembaga pemerintahan sebagai alat untuk memetakan wilayah yang luas. Jadi penerbangan apapun yang melebihi ketinggian di tas 400 kaki harus memiliki izin agar tidak mengganggu transportasi udara.

Demikian mungkin sedikit pengetahuan tentang teknologi drone yang saat ini berkembang semakin canggih dengan berbagai macam fungsi. Drone yang bentuknya seperti mainan ini ternyata memiliki fungsi yang luar biasa dalam bidang keamanan, kerkebunan, pertambangan, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.