Home >> Tips dan Trik >> Strategi Meningkatkan Keuntungan Usaha PPOB

Strategi Meningkatkan Keuntungan Usaha PPOB

Menjamurnya usaha PPOB ini sangat berpengaruh juga pada omset atau keuntungan dari usaha ini. Karena persaingan yang ketat, maka kita sebagai pemilik usaha PPOB ini harus cerdas membuat strategi pemasaran atau promosi yang tepat dan menarik, agar kita mendapatkan pelanggan yang banyak.

strategi usaha ppob

Sebelum kita melakukan perencanaan pemasaran, kita harus melakukan evaluasi dahulu usaha PPOB kita. Seluruhnya kita evaluasi, jika ada yang kurang kita segera benahi. Dengan evaluasi tadi kita bisa mengetahui kelemahan dan keunggulan usaha PPOB kita, sehingga selanjutnya kita bisa mengatur strategi yang tepat supaya kelemahan – kelemahan tadi bisa menjadi kuat yang pada akhirnya bisa meningkatkan keuntungan usaha PPOB kita.

Strategi Meningkatkan Keuntungan Usaha PPOB :

1.Tempat strategis

loket ppob strategis

Tempat strategis untuk usaha PPOB adalah loket dekat dengan perumahan penduduk yang padat, karena pelanggan dan calon pelanggan adalah penduduk setempat. Selain itu loket PPOB mudah diakses semua penduduk setempat.

2.Desain loket menarik

desain loket ppob

Salah satu daya tarik supaya mendatangkan pelanggan adalah desain loket PPOB harus menarik. Karena desain menarik menandakan bahwa usaha yang kita jalankan adalah profesional dan terpercaya. Desain tadi seperti kemasan menarik sebuah produk makanan dan minuman sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut meskipun sebenarnya rasa dari produk tersebut biasa – biasa saja tetapi dengan kemasan menarik mampu mendatangkan pembeli.

3.Produk paling lengkap

produk ppob lengkap

Menyediakan produk yang lengkap akan selalu memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan baik. Namun jika produk kita tidak lengkap maka kita akan mengecewakan pelanggan, karena mereka ingin membayar tagihan tertentu , ternyata kita belum menyediakan produk tersebut. Maksudnya produk paling lengkap adalah menyiapkan semua produk yang bisa diintegrasikan dengan PPOB yang kita jalankan. Dengan kebutuhan berbeda – beda setiap pelanggan, maka kita bisa menyediakan kebutuhan itu setiap saat.

4.Transaksi cepat

faster transaktion

Kecepatan transaksi sangat berpengaruh dengan pelanggan kita, jika PPOB kita memiliki transaksi yang cepat maka pelanggan akan puas dengan pelayan kita. Beda jika transaksi lambat, apalagi sever sering mengalami down, wah… bisa dipastikan bulan berikutnya pelanggan akan pindah ke loket lainnya yang lebih cepat transaksinya. Koneksi internet yang kita gunakan pun harus yang stabil, dan juga menyiapkan koneksi cadangan jika koneksi utama yang kita gunakan mengalami trouble.

5.Pasar potensial

pasar potensial

Pasar potensial usaha PPOB ini adalah penduduk kelas menengah ke bawah, karena jumlahnya banyak dan perhitungan komisi berdasarkan jumlah transaksi bukan besar transaksi. Selain itu nominal yang dibayarkan oleh penduduk kelas menengah ke bawah adalah kecil – kecil, sehingga bisa menyelamatkan saldo modal yang kita siapkan. Berbeda jika konsumen kita kaya, maka nilai yang dibayarkan atas tagihan mereka besar -besar, padahal komisi setiap transaksi sama baik nominal kecil atau besar. Ini yang bis menjebolkan modal kita. Sebainya dihindari saja pangsa orang – orang kaya tersebut.

6.Jualan keliling

jualan keliling

Jualan keliling dari rumah ke rumah ini juga sangat efektif dilakukan karena dengan datang kerumah langsung kita bisa memberikan info kepada pelanggan bahwa jatuh tempo pembayaran tagihan sudah dimulai, selain itu juga bisa mengingatkan pelanggan supaya tidak terkena denda akibat terlambat membayar. Cetak struk pun bisa kita lakukan dengan menyiapakan smartphone dan printer mobile. Jadi cara seperti ini bisa kita lakukan sebagai salah satu mendapatkan pelanggan baru.

Demikian beberapa strategi meningkatkan keuntungan usaha PPOB kita. Bagi yang usaha PPOBnya masih berjalan lambat maka beberapa strategi diatas bisa menjadi acuan untuk mempercepat usaha PPOBnya supaya lancar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *