Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Strategi Jitu Sukses Usaha PPOB

Strategi Jitu Sukses Usaha PPOB

Usaha PPOB ini salah satu usaha yang sedang menjamur disekitar kita, mulai dari perkotaan sampai ke pedesaan. Namun karena pangsa pasar sudah jelas dan potensi masih besar maka usaha PPOB ini masih bisa menjadi pilihan kita didalam membuka usaha. Sebelum kita jauh membahas usaha PPOB ini, kita bisa sedikit mengenal tentang PPOB ini. PPOB yang kepanjangan dari Payment Point Online Bank adalah pembayaran tagihan mulai dari tagihan PLN, TELKOM, PDAM, TV Kabel, Kredit Motor, Premi BPJS Kesehatan, dan banyak tagihan-tagihan lainnya.

sukses ppob

Persaingan dalam dunia usaha adalah hal yang wajar, maka kita perlu memiliki cara-cara terbaik dalam membangun sebuah usaha dengan melakukan inovasi-inovasi yang menarik dan melakukan promosi yang elegan supaya persaingan usaha bisa kita kuasai.

Agar sukses dalam usaha PPOB kita, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan :

1.Tempat dekat perumahan penduduk

tempat dekat perumahan

Pangsa pasar yang jelas adalah penduduk, jika tempat usaha berada diperumahan yang padat penduduk ini potensi besar usaha PPOB akan bisa mencapai kesuksesan. Namun sasaran yang tepat adalah perumahan penduduk dilevel menengah ke bawah, sebab orang-orang kelas menengah atas yang memiliki pendidikan tinggi biasanya mereka lebih cenderung membayar semua tagihan-tagihan mereka via fasilitas-fasilitas Bank atau ATM, serta via kartu kredit.

2.Target penduduk kelas menengah kebawah

level menengah kebawah

Mentarget pelanggan penduduk kelas menengah keatas atau perkantoran dan perusahaan adalah cara yang salah dalam startegi pencapaian kesuksesan usaha PPOB. Bahwasanya keuntungan dari usaha PPOB ini bukan dari besarnya pelanggan membayar tagihan tiap bulannya, tetapi keuntungan didapat dari banyaknya transaksi yang kita lakukan baik dengan jumlah besar maupun kecil tagihannya. Namun jika kita banyak melayani tagihan yang jumlahnya besar, kita akan mendapatkan permasalahan modal yang harus kita sediakan untuk membayar tagihan tersebut, sehingga usaha kita akan tersendat dengan permasalahan tersebut. Cara yang tepat adalah mentarget kelas menengah ke bawah, karena transaksi nilai kecil- kecil dengan jumlah transaksi yang banyak, modal yang kita sediakan tidak terlalu besar sehingga transaksi bisa stabil dan lancar.

3.Pelayanan mantab

pelayanan mantab

Pelayanan disini akan berpengaruh pada pelanggan PPOB kita, jika kita memberikan pelayan yang terbaik, maka kita akan memiliki pelanggan tetap yang senantiasa bertransaksi ke kita. Pelayanan-pelayanan itu mulai dari adanya bukti struk pembayaran tagihan pelanggan, pelanggan bisa cek tagihan yang harus dibayar sebelumnya, transaksi cepat, respon cepat dan solutif ketika ada komplen. Dengan pelayanan tersebut usaha PPOB kita akan memiliki potensi mendatangkan pelanggan baru lagi yang akan menambah jumlah transaksi kita. Semakin banyak transaksi yang dilakukan, capaian kesuksesan akan kita dapatkan dalam usaha PPOB kita.

4.Improvisasi layanan

improvisasi

Usaha PPOB yang sudah berjalan tidah harus berada disebuah tempat tertentu, kita bisa berimprovisasi dengan layanan mobile. Transaksi PPOB juga bisa dilakukan via HP atau smartphone, dengan bermodalkan HP atau smartphone dan mobile printer kita bisa melayani pelanggan kemana kita mau. Sehingga cara door to door pun bisa kita lakukan, karena banyak pelanggan kadang malas untuk keluar bayar tagihan, namun jika kita datangi mereka akan sangat terbantu sekali, selain mengingatkan pelanggan yang sudah jatuh tempo membayar tagihan, juga mereka tidak repot-repot untuk keluar rumah bayar tagihannya.

Demikian strategi jitu yang bisa kami berikan dalam mendapatkan kesuksesan usaha PPOB, semoga langkah-langkah diatas sangat menbantu kita yang memiliki usaha PPOB. Semoga bermanfaat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *