Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Solusi tulisan “PERIKSA ” pada listrik prabayar

Solusi tulisan “PERIKSA ” pada listrik prabayar

periksa meteran

Semakin berkembangnya teknologi, semua urusan yang berhubungan dengan kehidupan manusiapun mengalami perubahan dan perkembangan, mulai dari hal-hal yang kecil maupun hal-hal yang besar. Salah satunya adalah tentang listrik, yang dulunya penggunaan listrik dengan tagihan ,munculah sekarang listrik prabayar. Untuk mempermudah pekerjaan dan memberikan peluang usaha kepada masyarakat, maka pemerintah mulai dan banyak mengalihkan dari listrik pascabayar ke pulsa listrik atau listrik prabayar. Yaitu dimana kita harus membayar dulu untuk membeli token listrik, supaya bisa menggunakan listrik, tidak seperti halnya listrik pascabayar yang kita membayar dibelakang listrik yang sudah anda gunakan.
Namun ternyata listrik prabayar ini ada beberapa kendala yang bisa terjadi sewaktu-waktu dan anda harus mengetahuinya.Dan kendala itu salah satunya munculnya tulisan “Periksa” pada meteran listrik prabayar.

Bagi masyarakat kebanyakan kasus tulisan “PERIKSA” ini menjadi suatu masalah yang cukup menyulitkannya, karena mereka tidak bisa menggunakan listrik dirumah jika kendala ini tidak segera diatasi. Bagi masyarakan awam ataupun kebanyakan , bila muncul tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar anda, apa yang harus anda lakukan pertama kita lakukan adalah menghubungi pihak PLN melalui nomer 123. Sebab kendala tersebut kemungkinan bisa jadi masalah teknis atau instalasi. Setelah anda menghubungi PLN biasanya PLN akan memberikan kode reset temper meteran kepada anda berupa 20 digit, jika kode reset tersebut dimasukkan, kemudian tulisan “PERIKSA” pun akan hilang, itu artinya yang error itu hanya meterannya saja.Jika tulisan “PERIKSA” tidak hilang itu artinya yang error adalah instalasinya.

Tetapi bagi sebagian orang yang penasaran tetang munculnya tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar, maka meraka harus tahu kendala-kendala apa saja sehingga muncul tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar.

Ada beberapa penyebab sehingga muncul tulisan “PERIKSA” pada meteran listrik prabayar :

1.Pemasangan Grounding.

grounding

Pemasangan grounding yang tidak benar ini menjadi salah satu penyebab munculnya tulisan “PERIKSA” . Kesalahan pemasangan ini karena kurang hati-hati dan kurang teliti. Pemasangan grounding di KWH listrik prabayar harus dipasang sebelum pemasangan KWH, karena jika dipasang diakhir setelah pemasangan KWh, maka bisa muncul tulisan “PERIKSA” pada meteran.

2.Kualitas Kabel yang digunakan.

kabel

Meskipun sepele penggunaan kabel sangat berpengaruh pada arus yg terjadi, sehingga kabel yang berdiameter 1.5 mm juga bisa menyebabkan munculnya tulisan “PERIKSA”. Jadi standart penggunaan kabel adalah dg ukuran diameter 1.5 mm.

3.Listrik Bocor

Bocornya listrik ini juga menjadi salah satu penyebab muncul tulisan “PERIKSA”, yang mana kebocoran ini biasanya disebabkan oleh cara menyambung kabel yang buruk, sehingga kabel terkelupas atau adanya kabel yang terkelupas karena dimakan oleh tikus, dan bisa juga kualitas kabel yang buruk menjadi penyebabnya.

4.Tegangan Listrik Tidak Stabil

Kondisi tegangan listrik yang naik turun serta adanya gangguan jaringan hal ini juga bisa memicu munculnya tulisan “PERIKSA” di meteran listrik pra bayar. Biasanya hal ini muncul ketika terjadi dimusim penghujan. Karena adanya kabellistrik yang tertimpa pohon tumbang, Tiang yang terkena petir, dan lain-lain.

5.Tombol Temper

Pada setiap meteran listrik pra bayar pasti ada sebuah tombol keamanan yang memproteksi meteran dari gangguan dari luar.Tombol ini akan berfungsi mengamankan meteran dari orang yang mau mencoba membuka meteran. Ketika cover dibuka otomatis tombol temper ini akan menyala dan terjadi error, munculah tulisan “PERIKSA”. kasus seperti inilah yang banyak terjadi pada pelanggan listrik pra bayar.

 

Comments

comments

2 comments

  1. Gimna nih cara mengatasi eror muncul PERIKSA di LCD

  2. Saya udah tlpon pihak pln tapi blum ada tindakan
    No reset temper jga ngga di kirim gimna ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *