Home >> Tips dan Trik >> Solusi Jika Listrik Padam Tiba-tiba

Solusi Jika Listrik Padam Tiba-tiba

Jika terjadi pemadaman dari PLN pasti listrik ditetangga anda juga mengalami pemadaman juga. Tetapi kali ini sesuatu yang jarang terjadi, yaitu listrik dirumah anda saja yang mengalami pemadaman. Tentu ini akan membuat anda bingung jika anda tidak memahami tentang kelistrikan. Bagi anda yang asing dengan kelistrikan, sebaiknya anda mempelajari sedikit tentang penyebab-penyebab terjadinya listrik dirumah bisa padam. Karena dengan mengetahui penyebab listrik padam maka anda tidak perlu memanggil petugas PLN, dan jika penyebab padamnya listrik belum ketemu maka baru anda bisa memanggil petugas PLN.

Langkah-langkah yang harus anda lakukan jika listrik dirumah anda padam

1. Cek listrik tetangga anda

listrik menyala

Jika listrik ditetangga anda juga padam, berarti memang ada pemadaman dari PLN, tetapi jika yang padam cuman dirumah anda saja berarti listrik dirumah anda mengalami permasalahan, dan harus segera dicarikan solusinya supaya bisa menyala kembali.

2. Cek display meteran listrik

meteran listrkLangkah kedua ini anda lakukan jika listrik yang padam cuman dirumah anda saja, coba anda lihat display meteran listrik dirumah anda menyala atau mati, juga bisa dilihat di lampu LED indikator, jika mati total itu berarti gangguan dari PLN, anda juga bisa mengecek Kwh didisplay apakah masih atau habis. Jika habis segera untuk diisi ulang supaya listrik dirumah anda menyala kembali. Dan jika Kwh masih dan listrik tetap padam, berarti ada penyebab lainnya yang membuat padam.

3. Cek MCB Kwh meter

MCB

Jika MCB dalam kondisi off ada kemungkinan terjadi konsleting atau kelebihan beban / listrik yang digunakan melebihi daya yang ada. Maka sebelum mengembalikan dalam posisi On sebaiknya matikan lampu atau alat-alat listrik yang digunakan dirumah anda. Tetapi jika semua peralatan listrik dirumah sudah dimatikan kemudian anda kembalikan posisi MCB pada ON tetap kembali pada posisi OFF kemungkinan besar terjadi konsleting dirumah anda. Jika seperti itu sebaiknya anda memanggil petugas PLN untuk membetulkannya. Sebenarnya cara mengeceknya mudah sekali, pertama matikan atau cabut semua kabel yang terhubung disumber listrik, kemudian nyalakan MCB pada kondisi ON, dan yang kedua nyalakan peralatan listrik satu persatu, sampai ketika anda menyalakan peralatan listrik langsung terjadi padam, maka itulah penyebab konsletingnya.

4. MCB sering turun

mcb rusak

Saat anda hanya menyalakan beberapa peralatan listrik saja dan tidak lama MCB mengalami penurunan atau dalam kondisi OFF maka dipastikan MCB dirumah anda sedang mengalami kerusakan, Segera ganti MCB yang baru dengan cara memanggil petugas PLN untuk menggantikannya.

5. Sekering

sekering putus

Ketika terjadi padam listrik dirumah anda, dan anda telah mengecek satu persatu yang menjadi penyebab padamnya listrik, ternyata normal semua. Langkah yang selanjutnya anda bisa mengecek sekering listrik, biasanya tidak adanya arus listrik karena sekering listrik terjadi kerusakan bisa berupa putusnya kabel didalam sekering tersebut. Jika terjadi putus kabel didalam sekering anda bisa menggantinya dengan kabel baru, atau bisa anda membeli sekering baru yang berstandar nasional yang terjamin mutunya.

Demikianlah solusi jika terjadi pemadaman listrik tiba-tiba dan yang padam cuman rumah anda sendiri, dari beberapa solusi bisa menjadi pengetahuan anda ketika terjadi kasus serupa dirumah anda. Semoga langkah-langkah diatas bisa bermanfaat bagi kita semua sebagai pelanggan PLN. Bagi tetangga-tetangga anda yang belum mengetahuinya, bisa anda ajarkan jika terjadi pemadaman seperti diatas, supaya ilmu yang anda miliki bermanfaat dan bisa membantu orang lain.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *