Home >> Tips dan Trik >> Solusi Cerdas Jika Listrik Naik Lagi

Solusi Cerdas Jika Listrik Naik Lagi

Menurut pengalaman dan riwayat yang ada dinegeri ini, Kebutuhan penting dan mendasar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat jika terjadi kenaikan maka harga tidak pernah bisa turun meskipun harga dipasar internasional turun. Dengan berbagai alasan sehingga harga tetap tidak bisa turun, tetapi jika harga dipasar internasional naik maka dengan cepat harga-harga didalam negeri juga naik termasuk kenaikkan tarif listrik.

solusi cerdas jika listrik naik lagi

Melemahnya nilai tukar rupiah atas dolar dan berbagai kebijakan yang tidak tepat maka akan berpotensi terjadi kenaikan tarif listrik lagi. Tahun politik tidak saja membuat perpolitikan dinegeri ini memanas tetapi harga-harga pokok atau kebutuhan penting sehari-hari juga ikut memanas seiring cuaca dinegeri ini yang semakin panas kalau siang dan sangat dingin dimalam harinya.

Sebagai rakyat biasa dan pengguna listrik kita berharap ditahun depan ada perubahan yang lebih baik. Namun langkah yang bisa kita lakukan dalam menghadapi kenaikan tarif listrik cuman melakukan penghematan. Besar kecilnya biaya listrik yang kita bayarkan tiap bulan adalah berdasarkan pemakaian listrik kita setiap hari. Jika kita boros maka besar pula biaya listrik yang harus kita keluarkan, dan jika kita bisa berhemat maka hemat pula biaya listrik yang kita keluarkan dalam satu bulan. Jadi penghematan dan penghematanlah solusi cerdas menghadapi kenaikan tarif listrik.

Berikut solusi cerdas menghemat listrik :

1.Beralih ke listrik prabayar

listrik prabayar

Jika masih menggunakan listrik pascabayar segera migrasi ke listrik prabayar, karena listrik pascabayar ada beban yang harus dibayar dalam setiap tagihan, dan ketika kita menggunakan listrik dirumah tidak ada kontrol dari sistem pascabayar sehingga berpotensi boros penggunaan. Beda jika kita menggunakan listrik prabayar, tidak ada biaya beban karena sudah terbayar didepan dan kita bisa dikontrol pemakaian listrik didalam rumah dengan habisnya stroom jika kita melakukan pemborosan dan terjadi pemadaman otomatis.

2.Gunakan alat listrik hemat energi

alat listrik

Mulai dari lampu penerangan didalam rumah, alat-alat elektronik seperti TV, kulkas, mesin cuci, dan lain-lainnya kita gunakan yang ramah energi. Lampu LED meskipun agak mahal tetapi sangat hemat energi dibanding lampu biasa pada umumnya. TV LED juga sangat ramah energi jika kita ingin membeli, kulkaspun juga demikian kita pilih yang hemat energi. Dari penggunaan alat listrik yang ramah energi maka biaya listrik dalam satu bulan bisa menjadi ringan.

3.Gaya hidup

matikan alat listrik

Gaya hidup ini juga berpengaruh dengan besar kecilnya biaya listrik yang harus kita keluarkan dalam satu bulan. Gaya hidup yang boros dalam pemakaian listrik seperti tidak mematikan TV saat tidak menonton TV bahkan tertidur didepan TV sampai pagi ini salah satu penyebab konsumsi listrik kita meningkat. Tidak disiplin dalam pemakaian listrik dirumah, seperti tidak mencabut kabel alat listrik yang tidak atau sedang digunakan karena dengan menancapnya kabel disumber listrik maka konsumsi listrik akan terus berjalan dan menimbulkan pemborosan.

4.Gunakan alternatif penghemat listrik

panel surya

Banyak hal alternatif penghemat listrik seperti mendesain fentilasi rumah yang baik sehingga penerangan dan udara didalam rumah terang dan sejuk Jadi kita tidak perlu terlalu banyak atau sering menyalakan lampu dan tidak perlu menggunakan pendingin ruangan karena udara didalam rumah sudah sejuk. Mencuci baju dengan cara manual jika pakaian kotor tidak banyak, memasang panel surya sebagai alternatif energi listrik didalam rumah sehingga penggunaan listrik dari PLN tidak terlalu banyak, serta masih bnyak alternatif yang bisa dilakukan dalam penghematan listrik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *