Home >> Teknologi >> Sejarah Mobil Dan Perkembangan Teknologinya

Sejarah Mobil Dan Perkembangan Teknologinya

Sejarah Mobil merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting dan harus diketahui oleh generasi saat ini. Dalam sejarah mobil pertama kali diciptakan terdapat banyak aspek keilmuan yang bisa menjadi stimulan untuk mendapatkan ide baru yang menciptakan inovasi teknologi baru di abad ini. Sejarah mobil ini sebenarnya transformasi dari alat transportasi yang awalnya menggunakan tenaga hewan seperti kuda, unta, keledai, dll. Namun dengan ditemukannnya mesin, maka tenaga penggerak alat transportasi yang menggunakan hewan digantikan dengan mesin.

Tenaga Uap

Sejarah mobil pertama kali di dunia ada beberapa versi pendapat. Tetapi dengan melihat jejak sejarah perkembangan mobil ini maka dapat ditelusuri darimana awalnya sejarah mobil ditemukan. Di Eropa tepatnya di Prancis pada tahun 1769 ada seorang ilmuwan yang bernama Nicolas J. Cugnot, telah menciptakan sebuah kendaraan cukup besar dengan roda tiga. Pada saat itu tenaga penggeraknya menggunakan mesin tenaga uap. Mesin uap sendiri yang mengembangkan adalah James Watt seorang berkebangsaan Skotlandia. Pada tahun 1765 James Watt telah berhasil mengembangkan rancangan mesin uap dari ilmuwan yang bernama Thomas Newcomen.

Apa yang telah diciptakan oleh Nicolas J. Cugnot ini seiring perkembangannya menjadi cikal bakal teknologi mobil. Padahal tujuan diciptakannya kendaraan roda tiga dengan tenaga penggeraknya mesin uap hanya untuk memudahkan mengangkut meriam yang masa itu masih sering terjadi peperangan di belahan dunia ini. Dari kendaraan yang diciptakan oleh Nicolas J. Cugnot ini memicu ilmuan lainnya untuk mengembangkannya menjadi kendaraan yang lebih bermanfaat selain menjadi pengangkut meriam.

Perkembangan Sejarah Mobil

Mobil Tahun 1880-an

sumber : http://milikperpus.blogspot.com/

Pada tahun 1882 ditemukannya mesin diesel yang berbahan bakar solar ini menjadi lompatan yang cepat dalam perkembangan sejarah mobil di dunia. Karena mesin solar tidak hanya digunakan dalam mesin mobil saja tetapi banyak dimanfaatkan untuk kepentingan keperluan masyarakat lainnya. Mesin solar ini merupakan mesin penggerak yang sangat efektif dan lebih efesien dalam penggunaan bahan bakar sehingga mesin diesel hingga saat ini masih digunakan sebagai mesin mobil juga.

Sampai pada tahun 1886 ditemukannya mesin dengan bahan bakar bensin. Kemudian mesin berbahan bensin ini menjadi mesin penggerak kendaraan yang diciptakan oleh ilmuwan asal Jerman yang bernama Karl Benz. Di belahan bumi lainnya tepatnya di Amerika juga, Henry Ford membangun teknologi mobil pertama kalinya di tahun yang sama yaitu 1886 yang menjadi pioner mobil-mobil modern berikutnya.

Mobil Tahun 1900-an

sumber : https://www.foldertekno.com/

Inovasi mobil terus mengalami perkembangan di awal abad 20, mulai dari stir mobil yang dulunya hanya berupa tongkat atau berbentuk setengah lingkaran berubah menjadi stir yang berbentuk bulat. Ternyata stir yang berbentuk bulat ini lebih memudahkan untuk menggerakkan roda mobil dan stir berbentuk bulat ini digunakan mobil-mobil modern saat ini.

Di awal abd 20 an ini selan inovasi bentuk mobil juga ada inovasi pada kecepatan mobil yang semakin cepat seperti yang sudah diciptakan oleh Ford. Selanjutnya inovasi berkembang di tahun 1913 yaitu ditemukannya mesin hybrid oleh Ferdinand Porsche. Kemudian mesin ini di beri nama Lohne-Porsche Mixte Hybrid. Hebatnya sang penemu ini saat itu masih berusia 18 tahun.

Mobil Tahun 1920-an

sumber : https://www.otosia.com/

Perkembangan teknologi semakin cepat sehingga munculah banyak inovasi dari teknologi mobil. Di Ameriak misalnya, yang awalnya Ford menjadi pioner di teknologi mobil saat ini muncul banyak industri mobil dari skala kecil hingga skala besar. Sayangnya yang bisa bertahan lama adalah yang memiliki modal besar. Dari jumlah industri kendaraan di tahun 1929 akhirnya hanya tersisa 44 saja yang bertahan. Pasar di Amerika saat itu yang berkuasa adalah Ford, General Motor, dan Chrysler. Dan teknologi tambahan berupa fitur radio mobil sehingga pengendara bisa menjdapatkan informasi dan hiburan saat berkendara.

Mobil Tahun 1940-an

sumber : https://id.motor1.com/

Di tahun 1940-an merupakan masa dimana belahan bumi mengalami peperangan. Sehingga banyak negara menciptakan kendaraan yang bertujuan untuk dijadikan kendaraan perang. Akhirnya munculah Jeep militer dengan memiliki roda 4 yang sangat cocok digunkan dalam medan peperangan. Selain itu mobil Jeep ini juga memiliki kecepatan tinggi dalam menjelajah wilayah yang memiliki kontur naik turun. Hari ini Jeep masih banyak digunkan juga, namun sudah bermetaforsis menjadi kendaraan yang memiliki banyak fitur di dalamnya.

Mobil Tahun 1950-an

sumber : https://otoblitz.net/

Di tahun ini merupakan tahun pasca peperangan sehingga geliat perkembangan mobil bangkit kembali. Inovasi yang tiada henti akhirnya ditemukannya mesin injeksi yang diterapkan pada mobil Gutbrod Superior dan Goliath GP 700 E sports coupe. Kemudian di tahun 1956 juga ditemukan teknologi baru yaitu prototipe catalytic converter sebagai pemberi solusi emisi karbondioksida hasil dari pembakaran bahan bakar yang membahayakan. Sehingga teknologi tersebut mampu menurunkan gas berbahaya hasil pembakaran bahan bakar mesin mobil.

Mobil Tahun 1960-an

sumber : https://otoblitz.net/

Di tahun 60-an ada babak baru dari perkembangan teknologi mobil. Mulai dari desain mobil yang lebih compack dan lebih fungsional. Di mulai dari desain mobil VW Beetle yang menjadi inspirasi desain mobil lainnya seperti Corolla, Civic, dan Focus. Akhirnya di tahun ini desain mobil yang sederhana dan lebih merakyat menjadi fokus bagi perusahaan mobil supaya target penjualannya meningkat.

Mobil Tahun 1970-an

sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/

Pada tahun 70-an, teknologi mobil mulai memfokuskan pada keamanan dan kenyamanan penumpang. Sehingga munculah teknologi airbag, sabuk pengaman untuk menghindari cedera yang serius saat terjadi kecelakaan. Keamanan ini disebabkan oleh teknologi mobil yang memiliki mesin penggerak yang lebih cepat dan semakin besar kapasitasnya. Di tahun 70-an ini juga telah dibuktikan dengan mobil khusus yang mampu melesat dalam kecepatan tinggi yang diberi nama Blue Flame.

Mobil Tahun 1980 dan 1990-an

sumber : https://www.otosia.com/

Sebelumnya teknologi dan pasar mobil dikuasai oleh Amerika. Namun di tahun 80 dan 90-an ada pesaing baru dari Asia yaitu Jepang. Setelah bangkit dari kehancuran saat perang Jepang mampu bersaing pada teknologi mobil dengan menghadirkan ciptaannya diantarannya Honda dan Toyota. Teknologi yang cukup fenomenal di tahun 1997 saat itu adalah Toyota Prius karena mobil ini merupakan mobil hybrid pertama di dunia. Sehingga menjadi inspirasi teknologi mobil hybrid setelahnya.

Mobil Tahun 2000

sumber : https://today.line.me/

Di awal milenium kedua teknologi baru banyak bermunculan, salah satunya teknologi mobil yang semakin canggih dengan fitur-fitur yang membuat aman dan nyaman pengendara, ditambah lagi juga ramah lingkungan serta efisien. Kesehatan merupakan fokus utama yang berkaitan pada teknologi mobil sehingga pemerintah Eropa mewajibkan setiap mobil memiliki filter pada mesinnya demi kesehatan. Jepangpun juga menciptakan mobil ramah lingkungan yaitu mobil berbahan hidrogen dan mobil ini dari perusahaan Honda yang diberi nama FCX Clarity.

Nah, sejarah mobil dan perkembangannya hingga tahun 2000 bisa menjadi gambaran bahwa teknologi akan selalu berkembang dengan menyesuaikan keamanan, kenyamanan dan kesehatan. Mungkin kedepannya berfokus pada efesiensi bahan bakar yang hingga saat ini mulai berkembang mobil listrik yang bisa mengcover semua tujuan di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.