Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> PLN Non-Taglis atau Non-Tagihan Listrik

PLN Non-Taglis atau Non-Tagihan Listrik

Listrik nontaglis

Mungkin ada banyak orang yang belum tahu tentang arti non taglis dan maksudnya seperti apa PLN non taglis ini. Pada umumnya yang sebaian besar orang tahu adalah tentang pembayaran tagihan listrik itu saja. Padahal ada istilah-istilah yang tidak banyak diketahui oleh orang atau pun pelanggan, bahwasanya ada istilah PLN yang selain tagihan listrik. Meskipun kita berkaitan dengan istilah itu setiap hari, minimal kita harus mengetahuinya. Karena suatu saat jika kita ingin melakukan perubahan-perubahan pada instalasi listrik kita dirumah, kita sudah tidak bingung dan tidak asing lagi dengan istilah ini.

Apakah itu non taglis ?
Non taglis adalah pembayaran tagihan-tagihan PLN diluar tagihan listrik, diantaranya yaitu :

1.Pembayaran Sambungan Baru

sambungan baru

Jika kita membangun sebuah rumah baru, ataupun bangunan yang lainnya, tentunya pasti sebuah bangunan itu nantinya pasti membutuhkan penerangan dimalam hari. Dan dari situ kita pasti memerlukan sambungan listrik agar bisa menyalakan lampu dimalam hari, dengan itu kita harus melakukan pemasangan baru listrik dirumah yang baru kita bangun, ataupun bangunan yang baru kita bangun. Dari pemasangan sambungan baru ini nantinya kita akan dikenakan tagihan non taglis. Perlu juga kita ketahui, bahwa pendaftaran sambungn baru sekarang sudah bisa dilakukan via online, karena untuk mempermudah dan mengurangi antrian dikantor PLN.

2.Pembayaran Ubah Daya

Ubah daya atau menambah daya listrik sekarang prosesnya samgat mudah sekali. Itu bisa kita lakukan dengan Call 123 maka disana kita akan dipandu dari customer servis dari PLN. Dan yang perlu kita siapkan adalah nomer meter listrik, nomer KTP, alamat rumah, jika menggunakan listrik prabayar diminta menyebutkan nominal vocer yang akan dibeli. Setelah itu customer servis akan memberikan nomer regristasi dan total biaya yang akan dibayarkan, total biaya yang akan dibayarkan inilah tagihan non taglis. kemudian kita bisa membayar tagihan tersebut via atm, ataupun loket PPOB. Proses penambahan daya maximal 5 hari , dan tidak termasuk hari Sabtu, Minggu, dan hari Besar.

3.Pembayaran Migrasi

Setelah pencabutan subsidi listrik 900 VA, ada sebagian dari pelanggan yang melakukan migrasi golongan, yang semula golongan R1 migrasi ke golongan B1. Karena tarif per Kwh nya lebih murah. Sebelum migrasi yang perlu kita siapkan adalah nomor meter PLN (ada pada stiker meteran listrik prabayar), nomer KTP, nomer telepon, dan alamat. Bagi pengguna listrik prabayar diminta untuk mengisi token yang banyak sebelum proses migrasi, karena ketika proses migarasi token listrik tidak bisa ditambahkan, untuk menghindari padam listrik.

4.Pembayaran Pemasangan Kembali

pemasangan kembali

Biasanya pemasangan kembali dilakukan karena ada pelanggan yang bermasalah, contohnya yaitu karena tidak membayar tagihan listrik melampaui batasan yang diberikan PLN, maka listrik bisa dicabut oleh pihak PLN. Dengan dicabutnya listrik tersebut maka pelanggan untuk mendapatkan listrik kembali, maka pelanggan harus melakukan pemasangan kembali. Ketika anda melakukan pemasangan kembali , disitu anda mendapatkan tagihan non taglis.

5.Pembayaran Penerangan Sementara

Penerangan sementara ini biasa dibutuhkan oleh pelanggan ketika mereka memiliki acara besar yang disana membutuhkan penerangan yang lebih besar juga , contohnya ketika mengadakan sebuah pesta, baik pesta pernikahan atau lainnya. Disebabkan karena daya listrik dirumah yang tidak mampu mengaliri kebutuhan penerangan lampu pesta. Caranya sangat mudah untuk mengadakan penerangan sementara, pelanggan cukup call 123. Dan biaya penerangan sementara inilah yang menyebabkan anda mendapatkan tagihan non taglis.

 

6.Dan Lain-Lain.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *