Home >> Tips dan Trik >> PLN: Ini Bocoran Trik Beli Pulsa Listrik Murah

PLN: Ini Bocoran Trik Beli Pulsa Listrik Murah

unnamed

Kebanyakan pelanggan PLN belum tahu hal ini, mungkin anda salah satunya. Setiap pembelian pulsa listrik prabayar, ada berbagai biaya tambahan lho. Mulai dari biaya administrasi hingga Pajak Penerangan Jalan Umum (PJU). Nah, agar anda lebih berhemat lagi, berikut tips agar anda lebih hemat ketika membeli pulsa listri dari PT PLN (Persero):

Ketika anda membayar di downlinernya bank syariah, maka biaya administrasinya hanya Rp 1.600. Berbeda dengan bank konvensional. Rata-rata biaya pembayaran melalui mobile atau internet banking sekitar Rp 3.000-Rp 3.500/transaksi.

Apabila ternyata anda tidak memiliki tabungan /atm di bank syariah, ada baiknya anda membayar melalui minimarket. Biaya administrasi hanya Rp 2.000/transaksi. Akan lebih hemat lagi bila anda membeli dalam jumlah besar. Usahakan jangan mencicil. Semakin sering membeli pulsa listrik, maka akan semakin sering anda dikenakan biaya administrasi. Bila anda mampu, lebih baik membeli kebutuhan 3-6 bulan sekaligus.

Biaya administrasi merupakan kewenangan dari pihak bank. Oleh karena itu, besaran berbeda setiap bank. Pihak PLN tidak bisa mengatur bank terkait hal ini. Seperti yang terungkap beberapa waktu lalu, setiap pembelian pulsa listrik ternyata banyak dikenakan potongan biaya. Mulai dari administrasi bank, PJU maksimal 10%, bahkan ada pula biaya materai dan PPN 10%.

Bila anda berpikir ini hanya untuk listrik prabayar, itu salah. Pembayaran listrik pasca bayar (meteran biasa) pun ikut mengalami hal ini. Bedanya, sistem prabayar biaya potongan dibayar di depan (awal bulan). Sedangkan pasca bayar, biaya administrasi, PPJ, PPN dan materai dibayar di akhir bulan.

Terkait dengan hal ini, konsumen, anda merupakan pihak yang sebenarnya memiliki andil besar. Konsumennya adalah anda. Sedangkan anda sendiri masih belum mengetahui hal ini. Pembayaran listrik yang seyogyanya dikelola baik oleh pemeritah, nyatanya pelayanan dan biaya berlangganan hingga saat ini masih semrawut.

Konsumenlah yang selalu menjadi kambing hitam. Tidak tahu mengapa, hampir sebagian besar konsumen Indonesia tidak begitu ngeh atau paham mengenai layanan apa saja yang sudah ada. Yang ada, ketika mereka membayar, maka layanan yaang didapatkan “pasti” maksimal. Padahal kenyataannya tidak begitu bukan. Listrik yang mati tiba-tiba dan daya jangkau PLN ke tingkat daerah hingga saat ini masih ditunggu.

Selalu ingat.

Bila ingin menggunakan layanan ini, selalu baca dan perhatikan bagian ketentuan dan syarat. Mudahkan hidup anda dengan fitur “satu klik semua urusan beres”. Pastikan anda bisa menikmati keuntungan menjadi manusia digital. Klaim berbagai keuntungan dengan Download Aplikasi di bawah ini:

Trik Beli Pulsa Listrik Murah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *