Home >> Teknologi >> PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN

Perkembangan teknologi modern mampu merubah segala sendi kehidupan manusia sehari-hari. Perkembangan teknologi modern ditemukan karena manusia ingin bisa melakukan pekerjaan sehari-harinya dengan mudah yang ditunjang teknologi mudern. Waktu di kehidupan dunia yang terus berjalan diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin maju banyak manfaat positif yang bisa didapatkan oleh manusia. Namun, di balik perkembangan teknologi modern juga ada dampak negatif yang menyertainya.

Dampak positif dari perkembangan teknologi modern yang bisa dirasakan oleh banyak manusia diantaranya adalah ditemukannya alat transportasi modern yaitu kendaraan mulai dari sepeda hingga pesawat terbang. Kemudian perkembangan telekomunikasi yang membuat dunia ini semakin kecil karena dapat menghubungkan jarak yang sangat jauh cukup menggunakan teknologi komunikasi modern seperti smartphone.

Tidak hanya di bidang transportasi dan telekomunikasi saja perkembangan teknologi modern ini maju tetapi di segala bidang kehidupan manusia juga mengalami kemajuan yang pesat. Nah, untuk mengetahui lebih lengkap tentang perkembangan teknologi modern ini, maka kami akan bahas secara lengkap di bawah ini.

Teknologi Komunikasi Modern

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MODERN

sumber : https://riswan.net/

Perkembangan teknologi modern dalam bidang komunikasi mengalami perubahan yang sangat pesat. Perkembangan teknologi di bidang komunikasi berfokus pada alat komunikasi yang digunakan. Fungsi alat komunikasi ini untuk menyampaikan informasi kepada satu orang ataupun lebih. Tidak saja untuk menyampaikan informasi saja, tetapi juga memiliki fungsi menghasilkan informasi. Di bawah ini akan kami kupas tentang macam-macam alat komunikasi yang digunakan hingga perkembangan teknologi modern bidang komunikasi maju.

Jenis Alat Komunikasi

Alat Komunikasi Tradisional

Asap

Asap digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi disaat berada tersesat di hutan. Dengan membuat asap maka tim pencarian bisa dengan mudah menemukan titik lokasi keberadaan orang yang tersesat di dalam hutan tersebut. Jadi kepulan asap ini adalah sebuah pesan minta pertolongan.

Lonceng dan Kentongan

Lonceng dan kentongan adalah sebuah alat untuk menghasilkan suara. Sehingga suara yang bisa menjangkau radius agak jauh ini juga dimanfaatkan menjadi alat komunikasi orang-orang dahulu. Alat yang menghasilkan suara yang sekarang masih digunakan untuk komunikasi salah satunya adalah kentongan. Di bulan Ramadan kentongan digunakan untuk membangunkan sahur sedangkan lonceng masih juga digunkan di sekolah untuk mengawali dan mengakhiri jam belajar.

Merpati Pos

Untuk berkomunikasi dengan jarak yang lebih jauh, maka manusia juga memanfaatkan burung merpati sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan merpati sebagai alat komunikasi maka pesan yang disampaikan membutuhkan waktu yang lebih singkat.

Surat

Surat sebagai alat komunikasi membutuhkan kurir untuk menyampaikan pesan kepada orang yang dimaksud. Perkembangan teknologi komunikasi ini dilakukan cukup lama hingga ditemukan alat modern yang lebih cepat dalam menyampaikan informasi.

Telegraf

Telegraf merupakan alat komunikasi dari hasil perkembangan teknologi modern karena memanfaatkan peralatan listrik dalam mengirimkan pesan. Namun dalam peralatan ini membutuhkan biaya yang mahal karena harus ada kabel tembaga sebagai perantara sinyal.

Alat Komunikasi Modern

Telepon Kabel

Jenis alat komunikasi modern yang pertama yaitu telepon kabel. Perkembangan teknologi modern dalam bidang komunikasi ini bisa berkomunikasi dengan suara meskipun jaraknya sangat jauh. Selain itu tidak membutuhkan waktu yang lama supaya bisa berkomunikasi dari kedua jarak yang sangat jauh.

Handphone

Handphone atau telepong genggam merupakan inovasi perkembangan teknologi modern bidan komunikasi. Teknologi ini terus berkembang seiring perkembangan waktu dan zaman hingga ditemukannya smartphone yang bisa untuk berkomunikasi dengan video sehingga gambar dan suara bisa di lihat dan di dengar di kedua belah pihak yang sedang berkomunikasi.

Dengan berkembangnya teknologi modern komunikasi, maka alat komunikasi seperti smartphone hampir menjadi kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap orang. Fitur smartphone sangat beragam mulai dari kamera canggih, pemutar video, game dan lain-lainnya yang bisa mempermudah pekerjaan dan mendapatkan hiburan. Namun teknologi ini harus di dukung oleh teknologi internet.

Teknologi Transportasi Modern

sumber : https://www.kompasiana.com/

Perkembangan teknologi modern berikutnya adalah dalam bidang transportasi. Alat transportasi sangat penting untuk mempermudah mobilitas manusia. Sejak dulu manusia menggunakan alat transportasi untuk bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Dahulu manusia menggunakan alat transportasi dari hewan peliharaannya seperti kuda, sapi, unta, dan lain-lainnya. Hingga seiring perjalanan waktu ditemukannya alat transportasi modern yang tidak menggunakan tenaga hewan lagi tetapi menggunakan mesin. Berikut ini beberapa jenis alat transportasi modern.

Mobil

Mobil daya penggeraknya adalah mesin dan mobil sejak pertama kali ditemukannya terus mengalami perkembangan teknologi moder dengan terus adanya inovasi yang membuat kondisi mobil sangat nyaman untuk dinaiki meskipun dalam jarak yang sangat jauh. Perkembangan teknologi modern mobil seperti terdapatanya AC, alat GPS, bahan bakar yang ramah lingkungan dan masih banyak lagi perkembangan seputar mobil ini.

Kereta

Perkembangan teknologi modern kereta saat ini adalah memiliki kecepatan tinggi sehingga jarak yang sangat jauh dapat ditempuh dalam hitungan jam. Perkembangan teknologi modern kereta lainnya adalah bahan bakar yang digunakan, jika dulu menggunakan kayu atau batu bara, tetapi sekarang sudah menggunakan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Perkembangan teknologi modern ini juga mampu menumpang lebih dari 1000 orang dalam sekali jalan.

Kapal

Perkembangan teknologi modern kapal sebagai alat transportasi laut juga mengalami perkembangan. Perkembangan pertama adalah pada bahan yang digunakan dalam pembuatan kapal yang kuat dan lebih aman. Kemudian perkembangan teknologi modern kapal berikutnya adalah mesin, bahan bakar, dan kecepatan yang semakin baik sehingga jarak jauh bisa ditempu dengan nyaman saat menumpang kapal. Kapal juga mampu mengangkut banyak orang, bahkan kendaraan kendaraa besar pun juga bisa diangkut.

Pesawat Terbang

Diantara alat transportasi di atas yang paling modern dan canggih adalah pesawat terbang. Perkembangan teknologi modern untuk alat transportasi udara ini memiliki keunggulan daripada alat transportasi lainnya, yaitu daya empuhnya sangat jauh dan hanya memerlukan waktu dengan hitungan jam untuk sampai pada tujuan. Sehingga biaya naik pesawat juga tinggi karena mahalnya teknologi pesawat terbang.

Teknologi Industri Modern

Perkembangan teknologi industri modern dilakukan dengan tujuan untuk menunjang produktivitas. Jika dulu dalam industri banyak menggunakan tenaga manusia sekarang tenaga manusia di geser dan digantikan dengan tenaga mesin otomatis yang menggunakan teknologi komputer.

Hingga saat ini perkembangan teknologi modern ini sudah sampai pada industri 4.0, yaitu teknologi manufaktur yang semuanya serba otomatisasi dan pertukaran data. Perkembangan teknologi modern ini juga banyak merubah kehidupan manusia dalam bidang ekonomi hingga gaya hidup.

Teknologi Pertanian Modern

sumber : https://belajartani.com/

Kekuatan penting sebuah negara salah satunya adalah dalam bidang pangan. Sehingga dalam bidang pertanian di beberapa negara maju sudah banyak melakukan perkembangan teknologi modern dalam bidang pertanian. Seperti di negara Jepang, yang dulunya menanam padi harus dilakukan di sawah sekarang sudah bisa dilakukan di dalam ruangan dengan bantuan teknologi modern yang sangat maju.

Apalagi dahulu produksi pertanian sangat mengandalkan musim, hewan ternak dan tenaga manusia. Namun sekarang perkembangan teknologi modern pertanian sangat mempermudah produktivitas produk pertanian. Selain itu para petani sangat dimudahkan dengan dibantu oleh alat-alat pertanian modern.

Teknologi Pedidikan Modern

Teknologi modern juga dialami pada dunia pendidikan yaitu dengan memberikan fasilitas modern dan serba canggih dalam proses belajar mengajar, sehingga tujuan-tujuan dari pendidikan bisa terwujud. Perkembangan teknologi modern dalam bidang pendidikan mampu meningkatkan minat belajar anak karena metode yang diberikan sangat memudahkan anak didik. Apalagi di zaman ini yang sedang dilanda musibah pandemi covid 19, sehingga dunia pendidikan harus mengalami perkembangan yang cepat supaya kunci peradapan ini tidak berhenti.

Teknologi dalam pendidikan sangat penting saat ini sebagai sarana yang tepat dalam proses belajar mengajar supaya anak didik memahami secara teori dan praktik di lapangan. Tektnologi dalam bidang pendidikan tidak lepas dari perkembangan teknologi modern lainnya seperti teknologi komunikasi dan teknologi lainnya.

Teknologi komunikasi modern sangat membantu siswa dalam mengakses informasi dengan cepat sehingga pembelajaran bisa menyenangkan karena kendala dan kesulitan bisa teratasi dengan mudah. Salah satu sarana yang tepat dalam menunjang perkembangan teknologi modern di dunia pendidikan yaitu menyediakan komputer dang jaringan internet pada setiap sekolah.

Manfaat Perkembangan Teknologi Modern Dalam Dunia Pendidikan

Menambah Informasi

Sumber informasi di sekolah biasanya dari buku yang telah disediakan di sekolah. Nmaun dengan perkembangan teknologi modern, maka informasi dari selain buku bisa didapatkan sehingga informasi sisiwa jadi bertambah.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Informasi di Internet yang terus mengalami perkembangan sehingga ini bisa menjadi informasi baru bagi siswa sebagai sarana mengasah untuk meningkatkan kemampuan belajar mereka. Namun informasi yang didapatkan di internet selamanya dan semuanya valid karena kadang tidak ada sumbur yang jelas yang bisa menjadi sandaran kuat informasi tersebut. Dari sisni peran guru digunakan untuk meluruskan hal-hal tersebut.

Akses Belajar Menjadi Mudah

Perkembangan teknologi modern dalam pendidikan akan memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran. Tugas sekolah bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi pendidikan yang berkembang sehingga murid juga mudah dalam mengerjakan soal atau tugas.

Materi Lebih Menarik

Penyampaian materi menggunakan alat modern akan membuat proses pembelajaran menjadi menarik. Sehingga pembelajaran tidak terkesan jenuh dan monoton.

Perkembangan teknologi modern dalam bidang pendidikan yang memudahkan dalam pembelajaran. Namun, perkembangan teknologi modern ini juga memiliki dampak negatif yang harus diwaspadai oleh orang tua dan guru. Dampak negatifnya diantaranya adalah tumbuhnya sikap tidak jujur karena tugas bisa diselesaikan dengan mengakses internet. Dan masih banyak dampak negatif lainnya yang bisa berdampak pada anak didik.

Teknologi Media Informasi Modern

sumber : https://kumparan.com/

Zaman semakin modern dan informasi juga banyak diburu. Sehingga perkembangan teknologi modern dalam bidang informasi juga sangat penting sekali. Media informasi modern sangat dibutuhkan dalam beberapa bidang seperti kesehatan, pendidikan, komunikasi, dll. Di bawah ini ada beberapa media informasi yang berkembang di modern ini.

TV Internet

TV Internet merupakan salah satu media informasi dengan teknologi modern. Keberadaan media informasi ini sejak tahun 2010. Pada media ini menawarkan tayangan yang sudah terkonsep dan akan berubah seiring dengan perkembangan yang terjadi. Perbedaan TV biasa dengan TV internet adalah, jika TV internet bisa diakses hanya menggunakan koneksi internet saja, sedangkan TV biasa hanya menggunakan antena dengan frekuensi tertentu.

Koran (Surat Kabar)

Koran juga merupakan media informasi modern yang saat ini beralih dalam bentuk online. Pada media informasi ini bisa memuat banyak topik informasi seperti politik, olahraga, cuaca dan informasi lainnya. Meskipun media komunikasi modern mengalami perkembangan, tetapi koran masih tetap menjadi salah satu media informasi yang efektif walaupun bentuknya sekarang online.

Radio

Ditengah besarnya badai teknologi informasi, ternyata radio masih menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan informasi. Radio merupakan bagian dari teknologi informasi modern. Media informasi ini pada awalnya digunakan dalam keperluan maritim untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode morse antara kapal dan penerima di darat. Radio pertama kali digunakan oleh Angkatan Laut Jepang saat memata-matai armada Rusia pada Perang tahun 1901. Namun perkembangan teknologi modern ini sekarang merambah dalam ranah online seperti di FB, Instagram, dan situs.

Email

Email adalah surat elektronik yang masih banyak dimanfaatkan untuk saling mengirim informasi. Informasi yang bisa dikirim berupa teks dan gambar bahkan video.

Facebook

Facebook merupakan layanan jejaring sosial yang banyak digunakan oleh pengguna dalam menyampaiakan dan mendapatkan informasi. Sehingga FB ini menjadi salah satu media informasi modern yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan.

Teknologi Musik Modern

Pengertian Musik Modern

Musik modern merupakan jenis musik yang dihasilkan oleh sentuhan alat musik modern dengan teknologi modern. Perkembangan teknologi musik modern juga terus berlangsung sehingga nada dan bunyi yang dihasilkan juga mengalami perkembangan.

Ciri Musik Modern

  • Musiknya dari hasil sentuhan teknologi modern.
  • Musik modern selalu dikomersialisasi sebagai industri musik.
  • Musik modern memiliki tempo yang lebih cepat dan kencang.
  • Musiknya menggunakan alat musik modern.
  • Gaya musik modern lebih bebas.
  • Musik modern banyak dipengaruhi kebudayaan luar.
  • Musik modern memiliki tangga tujuh nada.
  • Identitas pencipta musik modern diketahui.

Fungsi Musik Modern

Fungsi musik modern adalah sebagai media hiburan namun ada fungsi-fungsi lainnya yang akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Media hiburan

Hiburan berbagai macam sarananya, salah satunya adalah musik modern. Musik dengan nada yang harmonis akan sangat disukai oleh banyak orang untuk didengarkan hingga bisa menjadi sangat populer di seantero dunia.

Media Promosi

Musik modern selain sebagai media hiburan ternyata juga bisa menjadi media promosi berupa barang maupun jasa. Ini bisa dilihat dari lirik lagu yang dinyanyikan. Lirik yang mudah dan diulang berkali kali bisa menjadi sarana efektif promosi via media musik modern ini.

Media Pertunjukan

Musik modern sebagai media pertunjukan contoh yang sering kita ketahui adalah konser musik. Setiap grup musik modern memiliki fans sendiri yang selalu hadir disetiap konsernya.

Media Ekonomi

Selain untuk menghibur orang, musik modern sudah menjadi industri musik yang mampu menghasilkan uang yang banyak sehingga dari dulu hingga sekarang banyak orang sebagiannya ingin menjadi seorang musisi karena bisa menghasilkan uang banyak.

Media Pendidikan

Musik modern bisa menjadi media pendidikan adalah sebagai sarana menyampaikan materi lewat lagu yang bisa dengan mudah dihafal oleh peserta didik. Bahkan di pendidikan tingkat bawah seperti PAUD dan TK banyak menggunakan musik modern dalam belajarnya supaya anak-anak senang dan tidak bosan.

Nah, mungkin itu sebagian dari perkembangan teknologi modern yang mudah kita semua ketahui, dan masih banyak lagi bahasan tentang perkembangan teknologi modern yang belum tersampaikan. Semoga ulasan yang singkat di atas bisa menjadi pengetahuan bagi kita semua tentang teknologi modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published.