Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Penyebab Tulisan “Periksa” Pada Meteran Listrik Prabayar

Penyebab Tulisan “Periksa” Pada Meteran Listrik Prabayar

Efesiensi dari permasalahan kelistrikan nasional memunculkan sistem baru dalam penggunaan listrik pada pelanggan. Semula listrik menggunakan sistem pasca bayar, yaitu tagihan listrik akan dibayar setiap bulannya ketika pelanggan sudah memakai listrik dalam satu bulan sebelumnya. Karena tidak adanya sistim otomatis dalam penghitungan pemakaian dalam satu bulan, maka penghitungan dilakukan secara manual oleh petugas PLN dengan melihat meteran listrik pada setiap rumah pelanggan PLN. Penghitungan tersebut rawan dengan kesalahan penulisan sehingga akan merugikan kedua belah pihak.

penyebab muncul tulisan periksa

Bagi PLN sistem pasca bayar ini juga boros dianggaran karena harus membayar tenaga pembaca meteran listrik yang tidak sedikit. Bagi pelanggan, sistem pasca bayar ini juga boros tagihan karena ada biaya beban dan tidak adanya kontrol dalam penggunaan listrik, apalagi tarif listrik sekarang sangat tinggi sekali yang bisa membuat menangis para pelanggan kelas ekonomi bawah. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut munculah listrik prabayar yang menjadi solusi bagi PLN dan mungkin juga solusi bagi pelanggan PLN.

Namun dalam sebuah sistem baru pasti ada keunggulan dan kelemahannya, salah satu kelemahan dari sistem ini salah satunya adalah sering munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar. Munculnya tulisan tersebut sering membuat pelanggan listrik prabayar menjadi bingung dan panik. Bagi pelanggan PLN pengguna listrik prabayar , berikut ini faktor penyaebab munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar yang bisa menjadi pengetahuan supaya pengguna tidak mengalami panik saat muncul tulisan tersebut.

Penyebab munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar :

1.Kabel yang buruk

kabel kualitas rendah

Kualitas kabel yang rendah atau dibawah standar akan rawan memunculkan tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar. Karena meteran listrik tersebut dibuat dengan spesifikasi yang standar yang harus didukung salah satunya adalah kabel dengan kualitas terbaik atau ber SNI. Jika tetap menggunakan kabel di bawah standar maka meteran tidak tersupport akhirnya muncul tulisan Periksa tadi.

2.Letak Ground

grounding

Pemasangan ground ini juga salah satu penyebab munculnya tulisan periksa pada meteran listrik prabayar. Sebaiknya pemasangan ground dilakukan sebelum pemasangan meteran listrik. Pemasangan ground pun harus dilakukan dengan benar, jika terjadi kesalahan maka akan memunculkan tulisan periksa tadi.

3.Listrik bocor

kabel terkelupas

Kebocoran listrik ini penyebabnya bermacam-macam, bisa kabel terkelupas, sambungan kabel longgar karena tidak tertutup isolatif dengan baik. Permasalahan ini kadang juga sangat berbahaya yang akan menimbulkan konsleting. Listrik bocor ini juga bisa terjadi los tegangan sehingga listrik prabayar ini tidak ada batasan penggunaan kwh, seakan-akan ini menguntunggkan pelanggan, padahal sesungguhnya ini sangat berbahaya jika kita tidak cepat melapor pada petugas PLN, karena jika terjadi lama maka kita dianggap mencuri listrik, bisa kena denda dan sampai hukuman pidana yang akan merugikan kita karena selamanya tidak akan pernah bisa menggunakan listrik atas nama kita sebagai pelanggan listrik.

4.Tegangan listrik tidak stabil

periksa

Tegangan tidak stabil karena adanya gangguan jaringan karena adanya perbaikan dari PLN ini juga berpotensi munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar.

5.Tombol temper menyala

tombol temper

Tombol temper ini akan menyala jika ada orang yang sengaja maupun tidak sengaja membuka kotak meteran. Karena tombol temper ini adalah pengaman dari meteran tersebut dari orang-orang yang sengaja untuk membuka meteran tersebut. Jika terbuka maka otomatis tombol temper menyala dan munculah tulisan periksa tadi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *