Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Penyebab ” PERIKSA ” dan Solusinya

Penyebab ” PERIKSA ” dan Solusinya

Penggunaan listrik sistem prabayar sudah sesuatu yang baru lagi, ada plus minusnya juga. Meteran listrik prabayar sama dengan alat-alat elektronik lainnya juga, kadang kuat dan bandel, tetapi ada juga yang gampang terjadi error pada alat tersebut. Karena meteran tersebut dirancang dengan kekuatan dan batasan-batasan tertentu sehingga akan terjadi error jika melebihi kekuatan dan batasan-batasan tersebut. Keunggulan meteran listrik prabayar adalah memiliki otomatisasi dalam penghitungan Kwh sehingga memudahkan pihak PLN dan menguntungkan pelanggan karena tidak akan terjadi kesalahan penghitungan stroom. Namun semua itu kadang juga menyulitkan pelanggan PLN dikarenakan banyaknya komplen tentang kejadian munculnya tulisan PERIKSA pada meteran listrik prabayar.

Ada beberapa penyebab munculnya tulisan PERIKSA dan solusinya :

1.Instalasi yang buruk

tulisan periksa

Pemasangan listrik prabayar tidak semuanya dimulai dengan instalasi yang baik pada awalnya. Tetapi pemasangan listrik prabayar sebagiannya juga dilakukan ketika adanya migrasi dari pascabayar ke prabayar, sehingga instalasi yang lama tidak berubah, dan tidak tahu kondisi instalasi yang lama dalam kondisi baik atau buruk. Akhirnya seringlah muncul tulisan periksa tersebut.
Jadi solusi untuk instalasi yang buruk tadi adalah mengecek seluruh instalasi dalam rumah tersebut , setelah ketemu penyebabnya kemudian mengganti yang lebih bagus atau menata kembali instalasi menjadi lebih bagus.

2.Kabel instalasi tidak standar

kabel yang buruk

Kabel listrik yang tidak standar juga salah satu pemicu munculnya tulisan periksa pada meteran listrik prabayar. Jika kabel listrik tidak standart akan memicu arus yang tidak seimbang akhirnya munculah tulisan periksa karena meteran tersebut disetting arus seimbang, jika terjadi ketidakimbangan maka settingan tersebut memunculkan tulisan periksa tadi.
Solusinya adalah menggan kabel instalasi dengan kabel listrik standart menskipun mahal karena kabel tersebut akan membuat arus listrik menjadi seimbang.

3.Banyak sambungan kabel

kabel krodit

Banyaknya sambungan kabel juga bisa menjadi penyebab keberadaan tulisan periksa pada meteran listrik prabayar. Karena kabel rawan terkelupas sehingga terjadi keboccoran arus listrik, dan bisa juga menjadi penyebab terjadinya konsleting juga.
Solusi untuk masalah satu ini adalah dengan cara menata kembali sambungan kabel yang kroudit tadi dengan penataan yang baik dan memastikan sambungan-sambungan kabel tertutup sangat kuat.

4.Cover meteran listrik terbuka

cover meteran terbuka

Metran listrik prabayar sangat sensitif sekali, jika cover tidak pas atau terbuka sedikit saja karena ada singgungan atau ada yang mencoba membukanya maka akan muncul tulisan periksa. Ini menandakan pengamanan dari pencurian stroom.
Solusi agar meteran normal kembali adalah menghubungi petugas PLN untuk membantu memperbaiki hal tersebut, karena pihak PLN lah yang berwenang untuk memperbaiki meteran listrik tersebut.

5.Grounding yang buruk

grounding buruk

Pemasangan gounding yang tidak pas atau tidak tepat menjadi pemicu munculnya tulisan periksa pada meteran listrik prabayar.
Solusinya adalah mengecek kabel grounding tersebut apakah sudah baik pemasangannya apa belum, kemudian jika kabel grounding tersebut longgar pemasangannya maka dikuatkan kembali pemasangan kabel tersebut sampai tidak longgar.

Penyebab dan solusi singkat diatas bisa menjadi referensi jika terjadi permasalahan munculnya tulisan Periksa pada meteran listrik prabayar dirumah. Jika solusi yang diberikan diatas belum bisa mengatasi masalah yang ada, maka langkah terakhir adalah menghubungi PLN terdekat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *