Home >> Tips dan Trik >> Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Koneksi internet begitu penting bagi manusia milenial saat ini. Smartphone yang terkoneksi dengan internet ini bisa menjadi sarana yang mudah bagi manusia milenial untuk melakukan pekerjaannya seperti beriklan sebuah produk dalam jual beli dan mengorder berbagai produk dan layanan-layanan jasa seperti ojek, makanan, dan lain-lainnya.

kuota internet cepat habis

Koneksi internet diperlukan kadang juga sebagai sarana berekspresi bagi manusia milenial saat ini seperti, mengunggah status tentang kegiatan sehari-hari yang mereka lakukan ke media sosial seperti Facebook, WA, Tewitter, dan lain-lainnya. Jadi kebutuhan internet menjadi kebutuhan penting sehari-hari. Namun permasalahan yang sering terjadi adalah cepat habisnya kuota internet kita dan kita tidak tahu apa penyebab sehingga kuota internet kita cepat habis.

Berikut akan kami berikan beberapa faktor penyebab kuota internet kita cepat habis :

1.Unggah Video

unggah video

Bagi kita pecinta YouTube dan mencari penghasilan dari YouTube, pasti kita sering mengunggah video ke YouTube. Jika aktifitas ini dilakukan menggunakan kuota internet yang ada pada smartphone kita maka inilah salah satu penyebab cepat habisnya kuota internet kita. Karena rekaman beresolusi tinggi bisa menghabiskan kuota internet hingga 200 MB / menit. Saran kami sebaiknya mengunggah video menggunakan koneksi wifi agar kuota internet pada smartphone kita tidak cepat habis.

2.Video Call

video call

Obrolan video yang dilakukan dengan menggunakan Skype, atau via obrolan video lainnya,ini juga menjadi faktor kuota internet kita cepat habis, karena obrolan video itu dibutuhkan bandwidth yang banyak. Konsumsi bandwidth yang dibutuhkan pada umumnya 3 MB per menit. Untuk menghemat kuota lakukan obrolan video tersebut ketika menggunakan koneksi wifi.

3.Game Online

game online

Bagi pecinta game online memang harus menyediakan kuota internet yang banyak dalam melakukan permainan via smartphone kita. Apalagi sekarang marak dengan game online android real time seperti game MOBA, pasti membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan permainan sampai permainan berakhir. Aktifitas inilah yang juga banyak menguras kuota internet kita. Bagi pecinta game online kadang mengabaikan masalah kuota ini, karena jika sudah asyik bermain lupa bahwa kuota yang ada. Sebaiknya permainan dilakukan ketika memiliki koneksi wifi, sehingga bisa menghemat kuota internet kita.

4.Streaming Musik

streaming musik

Beraktifitas tanpa alunan musik bagi sebagian besar orang sangat membosankan. Dengan internet kita mudah mengakses apapun salah satunya adalah musik, mau mendengarkan musik apapun kita tinggal ketik sesuai musik yang kita inginkan dan langsung kita bisa mendengarkan musik tersebut. Aktifitas streaming musik ini juga menjadi penyebab kuota internet kita cepat habis. Jadi sebaiknya mendengarkan musik dengan menggunakan file dimemori smartphone kita saja supaya kuota internet kita tidak cepat habis.

5.Streaming Video

streaming video

Aplikasi YouTube, iTunes, Vimeo, dan Hulu, menarik perhatian pemakai smartphone untuk melakukan streaming video yang disajikan pada aplikasi tersebut. Cukup ketik video yang diinginkan kita bisa nonton langsung dari aplikasi tersebut. Yang jelas streaming video tersebut pasti mengkonsumsi kuota internet yang banyak yang menyebabkan kuota internet kita cepat habis. Cara yang tepat agar menghemat kuota adalah dengan menyimpannya video tersebut dan kita tonton secara offline.

Beberapa faktor diatas memang menjadi penyebab utama kuota inernet kita cepat habis, namun masih ada faktor lainnya juga yang bisa menyebabkan kuota internet cepat habis. Bagi pengguna smartphone kita harus cerdas dalam pemakaian fitur dan aplikasi yang ada pada smartphone kita supaya kuota internet bisa kita hemat dengan baik.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *