Home >> Listrik Prabayar dan PPOB >> Penyebab GAGAL Pengisian Token Listrik

Penyebab GAGAL Pengisian Token Listrik

Mungkin ini salah satu kelemahan dari sistem listrik prabayar yaitu kadang terjadi Gagal dalam pengisian token listrik. Kegagalan pengisian ini kadang membuat kita panik karena pada saat itu kita sangat membutuhkan listrik, apalagi jika terjadi dimalam hari. Jika kita mengalami seperti itu jangan terburu-buru panik. Gagal dalam pengisian token listrik ada beberapa faktor penyebabnya, dan faktor-faktor inilah yang harus kita tahu supaya jika terjadi kasus seperti itu kita tidak panik.

gagal pengisian token listrik

Ketika mengalami gagal pertama, kita ulangi proses yang kedua dengan memastikan kode token yang kita masukkan sudah benar baru kita enter. Jika tetap mengalami kegagalan maka sebaiknya dihentikan proses pengisian token, karena pengisian 3 kali gagal maka akan terblokir.

Berikut beberapa penyebab token listrik Gagal diinput :

lpb gagal

1.Salah memasukkan kode token listrik

Kode 20 digit bisa salah dalam memasukkan, baik itu kurang digitnya atau kelebihan menjadi 21 digit karena ada pengetikan yang doble. Jadi dalam input kode token listrik harus dipastikan benar sebelum menekan tombol enter. Jika sudah benar tetapi masih muncul tulisan gagal, sebaiknya dimatikan dahulu kwh meter selama 1- 4 menit, kemudian nyalakan kembali dan dicoba masukkan lagi kode token tersebut, atau dengan cara mereset kwh meter dengan menekan tombol 00+ lalu tekan enter. Jika masih gagal maka langkah terakhir call PLN 123.

2.Salah beli token listrik

Jika kita membeli token listrik maka diperhatikan dengan teliti, apakah nama pemilik ID pelanggan listrik itu sudah benar apa tidak. Jika namanya berbeda maka kemungkinan besar kita salah dalam pembelian token listrik. Ini juga menjadi penyebab gagal pengisian. Solusi supaya tidak gagal kita harus membeli token listrik dengan no Id pelanggan PLN yang benar.

3.Server PLN sedang error

Namanya mesin suatu saat pasti ada errornya, dan jika server PLN sedang error maka berapa kalipun memasukkan token listrik tidak bakalan berhasil. Solusi terbaik adalah menunggu server PLN normal kembali.

4.Meteran listrik diblokir PLN

Ada beberapa penyebab meteran listrik diblokir, namun jika meteran diblokir saat pengisian token listrik akan muncul tulisan “Gagal. Nomor Diblokir”. Solusinya cuman menghubungi PLN aja dengan call 123.

5.Kwh over limit

Batas maksimal pengisian Kwh tiap meteran listrik berbeda-beda. Jika dalam 1 bulan kwh sudah pada batas maksimal, maka jika diisi token listrik akan mengalami kegagalan. Solusinya adalah dengan mengisi token tersebut pada bulan berikutnya.

6.Instalasi listrik bermasalah

Jika terjadi permasalahan listrik dirumah jangan sampai memanggil tukang listrik amatiran,karena akan berdampak gagal penginputan token listrik yang disebabkan instalasi jadi bermasalah. Jika terjadi masalah listrik dirumah serahkan pada ahlinya yaitu petugas PLN.

7.Meteran listrik error

Meteran listrik juga sebuah mesin, jadi bisa juga mengalami gguan atau masalah. Jika meteran bermasalah maka token akan gagal terus saat dimasukkan. Solusinya call 123 tunggu sampai diperbaiki oleh PLN.

contact pln 123

Setelah mengetahui beberapa penyebab diatas maka jika suatu saat terjadi gagl pengisian token listrik kita sudah tidak panik lagi dan sudah tahu apa yang kita lakukan. Semoga tulisan diatas bermanfaat bagi pengguna listrik prabayar.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *