Home >> Tips dan Trik >> Penyebab dan Solusi Kuota Internet Boros pada Smartphone

Penyebab dan Solusi Kuota Internet Boros pada Smartphone

Tidak dipungkiri lagi bahwa smartphone akan maksimal penggunaannya jika memiliki koneksi internet. Tanpa koneksi internet smartphone berfungsi layaknya handphone jadul hanya bisa untuk melakukan panggilan dan sms saja. Padahal didalam smartphone ada banyak aplikasi yang bisa digunakan jika memiliki koneksi internet. Jadi smartphone sangat perlu dengan kebutuhan kuota data internet untuk mengoperasikannya. Namun permasalahn yang sering muncul adalah cepatnya habis kuota internet yang tidak lama dibeli sehingga pengguna harus mengisi kembali kuota data internet lagi. Supaya tidak mengalami keborosan kuota data internet harus tahu penyebab dan solusinya.

Berikut penyebab dan solusi kuota internet boros pada smarphone :

1.Update otomatis aplikasi

update app

Salah satu penyebab borosnya kuota karena mode update otomatis aplikasi dijalankan dalam kondisi menggunakan data internet. Update aplikasi memang menyedot data besar dan update aplikasi sering terjadi sehingga kuota yang tersisa akan tersedot untuk update otomatis. Solusinya adalah menyetel mode update tersebut dengan masuk pada google playstore kemudian pilih setelan dan pilih jangan update otomatis, atau update otomatis hanya jika terkoneksi dengan wifi saja.

2.Penggunaan aplikasi sosial media yang banyak

app sosmed

Entah kebutuhan atau hanya gaya hidup, aplikasi sosial media seakan-akan harus ada dalam penggunaan smartphone. Begitu banyaknya aplikasi tersebut maka aplikasi akan on proses jika digunakan dan dalam kondisi seperti itu kuota terus terpakai sehingga kuota internet yang kita miliki cepat habis. Selain banyaknya aplikasi yang berjalan, gaya hidup yang tidak baik juga berpengaruh cepat habisnya kuota internet seperti seringnya selfy dimedia sosial setiap keadaan yang dilakukan dan hal-hal yang tidak berguna lainnya. Solusinya dengan merubah gaya hidup menjadi lebih baik, menggunakan aplikasi sosmed yang kita perlukan sebagai sarana komunikasi yang bermanfaat dan menjadi sarana mendapatkan keuntungan seperti mengiklankan produk yang dimiliki.

3.Suka streaming

streaming

Kebiasaan yang tidak baik ini juga akan menyebabkan kuota internet cepat habis dengan streaming video di youtube. Rasa penasaran menonton video kadang sulit dikendalikan yang menyebabkan kebiasaan tersebut dilakukan. Solusinya adalah streaming sebaiknya dilakukan ketika ada koneksi internet via wifi saja.

4.Main game online

main game online

Bermain game online memang seru, apalagi sekarang banyak game online PC versi mobile. Padahal bermain game tidak sebentar, untuk menyelesaikan game online dalam permainan bisa berjam-jam, sehingga kuota internet yang dimiliki akan cepat habis karena pemakaian game. Solusinya adalah bermain game online ketika ada koneksi wifi saja sehingga kuota tidak tersedot dengan hal-hal yang tidak penting seperti ngegame.

5.Data internet tidak pernah mati

data inet

Adanya sinkronisasi penyebab salah satunya data internet tersedot terus meskipun salah satu aplikasi sudah dimatikan. , selain itu koneksi data tidak pernah dimatikan dalam 24 jam penuh. Padahal dalam 24 jam tersebut ada waktu kita sedang tidak perlu menggunakan data internet tersebut seperti dalam kondisi tidur, ketika sedang bekerja, dan aktifitas lainnya. Solusi yang tepat adalah pertama mematikan sinkronisasi dan hanya menghidupkan sinkronisasi aplikasi yang diperlukan saja. Kemudian matikan data menjelang tidur dan matikan data ketika sedang bekerja, dengan cara seperti itu data kuota internet akan hemat.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *