Home >> Tips dan Trik >> Pembukuan Usaha Itu Penting, Tips Jitu Mengelola Keuangan Usaha Konter Pulsa

Pembukuan Usaha Itu Penting, Tips Jitu Mengelola Keuangan Usaha Konter Pulsa

Usaha konter pulsa yang sukes bisa diraih oleh siapapun dan dimanapun. Namun, kunci dari sukses tersebut ada pada kebiasaan para pemilik bisnis pulsa tersebut. Hal ini senada dengan usaha lain dalam mencapai kesuksesan harus ada rincian pembukuan harian, mingguan hingga bulanan. Pengelolaan modal atau dana induk usaha, serta pengeluaran dan pemasukan harus sejalan demi efisiensi dan efektivitas berkembangnya suatu usaha.

atur keuangan

Penting sekali untuk terus dilakukan pemantaun terhadap pembukuan suatu usaha setiap saat. Dengan management keuangan yang baik dan terbukukan dengan rinci, maka Anda bisa dengan mudah melihat perkembangan usaha konter pulsa tersebut kedepannya bagaimana. Dan langkah apa saja yang perlu dambil demi lebih memajukan usaha Anda tersebut bila ada penurunan omset penjualan.

Bagi Anda yang baru mulai menjalankan bisnis pulsa, upayakan untuk menghindari kerugian seminimal mungkin. Ada beberapa tips jitu yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan usaha tersebut, juga bisa dipergunakan dalam menemukan solusi terhadap kendala dalam menjalankan usaha. Berikut dibawah ini tips pentingnya, silahkan disimak dengan baik dan pahami secara mendalam.

TIPS JITU MENGELOLA KEUANGAN USAHA KONTER PULSA

  1. Langkah Awal, Pengaturan Modal Bisnis Pulsa

Kebanyakan bisnis pulsa tidak bisa berjalan dengan lancar bila hanya menggunakan modal satu kloter saja. Untuk itu, sebaiknya Anda membagi modal menjadi dua kloter. Yang pertama adalah untuk deposit awal, dan kedua adalah untuk deposit cadangan sesegara mungkin.

modal bisnis

Cara ini memungkinkan Anda dalam mencegah mancetnya transaksi di tengah jalan akibat belum sempat deposit ulang ke server atau agen distributor pulsa. Untuk modal kedua atau kloter kedua ini tidak perlu besar, asalkan modal kedua cukup untuk menangani pembelian pulsa oleh kostumer hingga Anda berhasil deposit ulang untuk kloter sebelumnya yang sudah habis.

Selain itu, pengaturan modal ini sangat penting. Dimana Anda tidak boleh mengalihkan modal deposit pulsa ke distributor ini untuk keperluan lainnya. Hal ini ditekankan supaya Anda bisa terus melayani pembelian pulsa tanpa terputus.

  1. Pembukuan Transaksi Pengirman Pulsa

Pencatatan setiap transaksi pulsa harus dilakukan, hal ini penting demi melihat seberapa laku pulsa Anda dalam satu hari. Dan juga bisa digunakan untuk melihat sisa saldo deposit pulsa Anda, selain itu Anda bisa juga bisa dengan mudah membaca keuntungan dalam satu hari atau kerugian disetiap transaksi yang dilakukan.

pembukuan

Nah, pada pembukuan transaksi ini Anda bisa melihat target yang harus dicapai berapa atau minimal omset dalam satu hari berapa. Bila pendapataan atau income lebih sedikit dibanding pengeluran maka Anda bisa menentukan solusi dengan menghemat penguluaran pribadi Anda atau pemotongan biaya operasional dalam satu hari yang Anda keluarkan.

  1. Memanagement biaya operasional

Management biaya operasional harian itu sangat penting, dimana Anda perlu membedakan mana uang modal deposit dan mana uang operasional. Perbedaan uang ini juga akan memudahkan Anda dalam melihat perkembangan usaha, bila ada penurunan omset akan terlihat jelas. Terkadang bila tdiak dibukukan untuk biaya operasionalnya, maka Anda tidak akan menyadari bila biaya operasional bisa lebih besar dibanding dengan income yang Anda dapatkan. Dan itu akan sangat merugikan usaha yang sedang Anda jalankan.

Nah, bila Anda sudah mengerti pentingnya 3 tips diatas maka sebaiknya untuk segera mencatat semuanya dalam pembukuan Anda. Sebagai tips yang tidak kalah penting untuk menghindarkan Anda dari kerugian adalah jangan pernah menerima hutang piutang pulsa. Sebab bila itu terjadi uang modal Anda akan berhenti bergerak dan keluar dari lajur keuntungan Anda.

Itulah tips jitu dalam mengembangkan bisnis pulsa Anda, semoga memberikan manfaat dan lebih maju lagi.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *